5 Alasan Rumah Berelemen Kayu Menjadi Pilihan Terbaik

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.

5 Alasan Rumah Berelemen Kayu Menjadi Pilihan Terbaik

Nita Ramadhita – homify Nita Ramadhita – homify
Patal Senayan Residence:  Rumah by Jati and Teak
Artikel sponsor
Loading admin actions …

Mungkin sudah tak jarang bagi Anda untuk melihat rumah kayu, baik ketika sedang membaca majalah desain atau sedang mengunjungi pedesaan. Saat ini, tren rumah kayu mulai merambah ke kota-kota besar dan perkembangannya semakin meroket. Ketika gaya minimalis kian menjamur, bahan kayu yang merupakan salah satu material dasar saat membangun rumah kini kembali diminati. Penggunaan kayu pada area dinding dan lantai bangunan akan memberikan sensasi yang berbeda karena Anda akan terasa dekat dengan alam sehingga kesejukkan dan kenyamanan bisa Anda dapatkan setiap saat.

Kekuatan elemen kayu ini menjadi unggulan desainer Jati and Teak, salah satu profesional homify di Jakarta Barat. Memiliki pengalaman selama 8 tahun, profesional kami dapat menyulap berbagai jenis kayu, mulai dari kayu besi (ulin), kayu jati, hingga rosewood (sonokeling), dengan kualitas tinggi menjadi konstruksi yang menarik. Pembuatan dan pemasangan dilakukan dengan tingkat keahlian dan perhatian yang tinggi terhadap detail ruangan dan material kayu.

Pada kesempatan kali ini, ayo kita bedah keuntungan apa saja jika Anda memiliki rumah kayu cantik seperti yang didesain oleh Jati and Teak di Patal Senayan Residence berikut ini!

1. Kenali dahulu pengertian rumah kayu

Sederhananya, rumah kayu adalah rumah yang mengandalkan kayu sebagai material utama dalam membangun sebuah bangunan, baik dari konstruksi mau pun dekorasi atau aksen. Saat ini, rumah yang terbuat dari kayu memiliki kesan yang lebih unik dan lebih berkarakter jika dibandingkan dengan rumah yang dibuat dari bahan lainnya. Dengan warna yang hangat dan netral, rumah kayu bisa menunjukkan karakter elegan dalam setiap bangunan.

Meskipun namanya rumah kayu, bukan berarti keseluruhan bangunan hanya dibuat dari kayu saja. Dewasa ini, rumah kayu juga memanfaatkan bahan lainnya dalam proses pembangunan seperti kaca, beton, dan bahan bangunan lainnya. Selain itu, meskipun rumah kayu sering diasosiasikan dengan rumah-rumah di pedesaan, desain rumah kayu tidak melulu tradisional. Dengan teknik dan desain yang tepat, Anda masih bisa mendapatkan kesan modern dan minimalis pada hunian Anda.

Anda juga setuju bukan jika rumah kayu modern terlihat menarik dan trendi? Selain terlihat elegan dan berkualitas, banyak sekali keuntungan memiliki rumah kayu. Yuk, kita ulas beberapa keuntungannya!

2. Pembuatan rumah kayu cenderung lebih ekonomis

Bahan kayu yang berkualitas memang bisa membuat Anda merogoh kocek yang lumayan dalam. Selain itu, Anda juga harus benar-benar melakukan perencanaan yang sangat matang saat membangun rumah kayu. Meskipun demikian, rumah kayu ternyata lebih mudah untuk dibangun dan proses pembangunannya cenderung lebih cepat jika dibandingkan dengan rumah yang dibangun dengan bahan lain seperti batu atau semen yang membutuhkan waktu lama, mulai dari proses penataan hingga pengecatan. Nah, dengan proses pembuatan yang lebih cepat dan mudah, pembangunan rumah kayu jadi terasa lebih ekonomis karena Anda tidak perlu menyewa tukang lama-lama.

3. Kayu merupakan material yang ramah lingkungan

Karena rumah kayu dibangun menggunakan material alami, sudah pasti rumah kayu lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan bangunan lain yang dibuat dengan material non alami. Struktur yang terbuat dari kayu juga mampu membantu proses penyerapan karbon dioksida di sekitar rumah sehingga rumah terasa lebih sejuk. Selain itu, bahan kayu juga bisa disebut sebagai insulator alami dan mampu menyerap suara. Jadi, rumah akan terasa lebih hangat dan tenang.

4. Kayu adalah bahan yang kokoh dan kuat

Meskipun bobotnya ringan, kayu memiliki daya tahan yang sangat hebat, lho! Jika Anda menggunakan kayu yang berkualitas tinggi untuk membangun rumah, daya tahannya tidak akan kalah dengan bangunan rumah berbahan konkrit. Karena cukup awet, tidak jarang kita menemukan bahwa aula olahraga banyak menggunakan bahan kayu pada dinding mau pun lantainya. Selain itu, rumah kayu tidak membutuhkan terlalu banyak perawatan dan jika ada yang perlu diperbaiki, Anda bisa melakukan sedikit reparasi manual.

5. Kayu bisa menambah nilai estetika pada rumah

Kayu biasa dijadikan material untuk dekorasi atau aksen pada ruangan. Hal ini bukan tanpa alasan. Kayu memiliki karakternya tersendiri yang sangat indah dan cantik. Setiap bahan kayu memiliki pola, desain dan warna yang berbeda. Maka dari itu, jika Anda mengaplikasikan beberapa jenis kayu pada bangunan rumah, Anda akan mendapatkan sebuah hunian yang memiliki nilai estetika yang tinggi. Rumah Anda akan terlihat unik dan tampil beda!

Rumah terlihat lebih unik

Alasan mengapa tren rumah kayu kembali populer saat ini memang tidak terlepas dari preferensi personal dan citarasa setiap pemilik rumah. Tetapi, memang sudah umum jika setiap orang menginginkan rumah yang terlihat lebih unik dan tampil beda dengan rumah yang lain. Jelas, rumah dengan dominasi bahan kayu akan terlihat mencolok jika disejajarkan dengan rumah tembok bata. Terlebih jika Anda tinggal di tengah kota besar, rumah kayu akan terasa ideal karena Anda bisa mendapatkan kenyamanan dan ketentraman di tengah hiruk pikuk kota.

Demikian beberapa keuntungan yang bisa Anda peroleh jika Anda memiliki rumah kayu. Dengan karyanya, Jati and Teak mampu membuktikan bahwa elemen kayu bukanlah lagi penambah aksen atau dekorasi saja. Anda bisa mempertimbangkan untuk memenuhi area interior rumah Anda dengan kayu yang berkualitas dan mendapatkan hunian yang ideal.

Discover home inspiration!