13 Cara Praktis Memasang Dinding Partisi Gypsum | homify 13 Cara Praktis Memasang Dinding Partisi Gypsum

13 Cara Praktis Memasang Dinding Partisi Gypsum

Yuke Ratna Permatasari – Homify Yuke Ratna Permatasari – Homify
LILURA DESIGN Ruang Keluarga Minimalis
Loading admin actions …

Dinding menjadi unsur yang sangat penting dalam sebuah konstruksi bangunan. Dinding bisa menciptakan ruang-ruang dalam sebuah hunian sehingga penghuni akan merasa nyaman, aman, dan terjaga privasinya. Dinding juga bisa berfungsi sebagai peredam suara, penahan cuaca, dan sebagai unsur yang mempercantik ruangan.

Dalam sebuah hunian terdiri dari dinding pendukung dan dinding partisi. Berdasarkan bahan pembuatannya, dinding juga terdiri atas berbagai jenis. Ada dinding yang terbuat dari batu bata, dinding beton, dinding berbahan batuan alam, dan ada pula dinding berbahan papan gypsum. Nah, kali ini Homify akan membahas mengenai partisi gypsum, termasuk cara pemasangannya yang terbilang praktis hingga memungkinkan untuk Anda lakukan sendiri. Mari simak!

Apakah Dinding Pendukung dan Dinding Partisi?

partisi 0818385925 Walls & flooringWall & floor coverings
0818385925

partisi

0818385925

Sebuah bangunan tentunya membutuhkan dinding sebagai penopang dan untuk menciptakan ruangan-ruangan. Namun, adakah perbedaan antara dinding pendukung dan dinding partisi?

Jadi, dinding pendukung adalah dinding yang bersifat permanen, memiliki fungsi struktural sebagai penopang. Dinding pendukung bersama dengan kubah, balok, atap, menciptakan kekuatan untuk sebuah bangunan. Oleh karena itu, dalam merenovasi rumah, terutama rumah tua, perlu berhati-hati agar tidak mengubah struktur dinding pendukung. Perubahan yang tidak tepat pada dinding pendukung akan mengakibatkan bangunan rawan ambruk dan membahayakan penghuni. Oleh sebab itu, dalam merenovasinya dibutuhkan tenaga teknis yang ahli dalam bidangnya.

Berbeda dengan dinding partisi. Umumnya, dinding fungsinya hanya untuk menciptakan atau membatasi ruang sehingga tidak terlalu signifikan dalam menopang kekuatan seluruh konstruksi bangunan. Dinding partisi rumah terutama yang terbuat dari papan gypsum, sifatnya lebih fleksibel sehingga bisa dipindah-pindahkan, juga bisa untuk mempermanis ruangan.

Detail Dinding Partisi

Desain ruangan open space telah menjadi andalan bagi rumah dengan lahan terbatas, agar mempunyai cukup ruang. Namun untuk mendapatkan privasi atau memisahkan ruangan, dinding partisi menjadi ide yang menarik, karena menjadi perbatasan antar ruangan yang jelas.

Nah, berikut fungsi dinding partisi:

-Sebagai penyekat atau pembatas ruang yang satu dengan ruangan lainnya.

-Sebagai aksen dekoratif yang bisa disesuaikan dengan tema interior.

-Bisa sebagai tempat penyimpanan.

Lalu ada 2 jenis partisi:

1.Partisi permanen.

Partisi tipe ini tidak dapat dipindahkan. Biasanya terbuat dari rangka kayu atau besi hollow, kemudian ditutup dengan multiplek atau gypsum.

2.Partisi non permanen.

Dinding ini pastinya sangat fleksibel dari segi ukuran, bentuk dan juga modelnya. Bisa sebagai penutup atau penyekat ruang

Nah, Anda bisa memilih dinding partisi yang Anda suka, diantaranya:

1.Dinding partisi bata industrial.

2.Dinding partisi kaca.

3.Dinding partisi blok kaca.

4.Dinding partisi kayu (fiber board).

5.Dinding partisi besi.

Variasi Dinding Gypsum sebagai Partisi Ruang Tamu

Menggunakan bahan gypsum sebagai dinding partisi tentu memberi keuntungan tersendiri bagi Anda. Sebab bahan gypsum selain relatif lebih terjangkau harganya, juga pemasangannya relatif cepat dan praktis. Misalnya saja, dinding partisi simpel seperti pada ruang tamu ini bisa Anda kerjakan sendiri. Dengan ditambahkan papan kayu pada satu sisinya, Anda juga bisa memfungsikannya sebagai rak untuk mempercantik ruang tamu. Dan cek juga kelebihan papan gypsum sebagai partisi ruangan.

Variasi Dinding Gypsum sebagai Partisi Ruang Keluarga

Pada variasi desain ini, terlihat kelebihan gypsum yaitu sifatnya yang lentur. Dengan kelenturannya, gypsum dapat menyesuaikan dengan desain yang Anda inginkan. Seperti halnya pada desain ini yang memiliki pola lengkung. Unik bukan?

Variasi Dinding Gypsum sebagai Partisi Sekaligus Rak Serbaguna

Bagi Anda yang memiliki hunian minimalis dengan lahan terbatas, bisa mencoba mengakali keterbatasan lahan dengan mendayagunakan dinding partisi gypsum sekaligus sebagai rak serbaguna. Selain sebagai pembatas ruangan, dinding partisi gypsum dengan desain seperti ini memungkinkan Anda untuk menjadikannya sebagai rak televisi, buku, penyimpanan CD, dan lain sebagainya.

Persiapan Pemasangan Dinding Partisi Gypsum

Canopy Kain Merah Jakarta Putra Canopy Balconies, verandas & terraces Accessories & decoration Tekstil Red
Putra Canopy

Canopy Kain Merah Jakarta

Putra Canopy

Apabila Anda ingin mencoba pasang gypsum sendiri untuk rumah Anda, tentunya Anda perlu mempersiapkan desain, bahan, dan alat-alatnya terlebih dahulu. Berikut ini perinciannya.

1.Papan

2.Gypsum

3.Sekrup gypsum

4.Material untuk rangka (kayu, besi hollow atau metal furing)

5.Angkur

6.Mur-baut

7.Textile tape

8.Perekat penutup celah atau compound

9.Ampelas

10.Bahan finishing

11.Steger

12.Meteran

13.Waterpass

14.Unting-unting

15.Gergaji besi dan kayu

16.Gerinda

17.Bor listrik yang dilengkapi obeng

18.Scrape

Tahapan Cara Pemasangan Dinding Partisi Gypsum

Pekerjaan perapihan lantai dan dinding baru homify Ruang Studi/Kantor Modern Batu Bata Blue
homify

Pekerjaan perapihan lantai dan dinding baru

homify

Seperti sudah dibahas sebelumnya, pemasangan dinding partisi gypsum sebenarnya cukup praktis. Anda tidak perlu mempersiapkan batu bata ataupun semen seperti dalam persiapan pengerjaan dinding berbahan batu bata. Berikut ini tahapan yang perlu Anda lakukan untuk memasang dinding partisi gypsum.

1.Tahapan pengerjaan dimulai dari membersihkan lokasi pemasangan dari semua perabot dan barang agar Anda leluasa dalam bekerja.

2.Ukur lebar dan tinggi ruangan, tandai titik-titik pada lantai dan dinding tempat akan dipasang partisi gypsum sesuai desain Anda.

3.Potong rangka sesuai tinggi dan lebar, sesuai jarak ideal (60×60 cm).

4.Pasanglah rangka sesuai dengan tanda yang telah Anda buat, pastikan posisinya tegak lurus.

5.Pasang papan gypsum pada salah satu sisi rangka tersebut.

6.Gunakan sekrup gypsum untuk memperkuat, jangan lupa periksa juga permukaannya dengan waterpass.

7.Pasang kembali papan gypsum pada kedua sisi rangka secara bertahap, dimulai dari salah satu sisinya.

8,Pasang instalasi listrik, telepon, atau kelengkapan lain, misalnya saja material peredam apabila Anda ingin ruangan kedap suara.

9.Rapikan kabel-kabel instalasi dengan cara mengikatnya.

10.Setelah selesai instalasi, pasanglah papan gypsum pada sisi sebaliknya. Jadi, instalasi tersebut akan tertutupi.

11.Tempelkan textile tap pada setiap sambungan antar gypsum, aplikasikan compound pada sambungan tersebut juga pada kepala sekrup gypsum.

12.Setelah itu, haluskan bagian-bagian tersebut menggunakan ampelas.

13.Tahap akhir (finishing) bisa Anda lakukan dengan menggunakan cat atau bahan pelapis lainnya.

Cara Memasang Baja Ringan ke Tembok

Meski cara pemasangannya mudah, Anda tetap butuh peralatan khusus, seperti bor untuk memasangnya ke tembok.

Berikut cara memasang baja ringan ke tembok:

1.Pastikan tembok yang akan dipasang baja ringan dibersihkan lebih dahulu dengan kain kering atau kain basah. Sebab jika ada yang menempel, akan mengganggu proses pemasangan baja ringannya.

2.Baja ringan lebih mudah dipasang ke tembok yang telah siap pasang. Namun pastikan tembok tidak berlubang, rapuh, atau retak rambut, karena tembok yang cacat tidak akan bertahan lama dipasangin baja ringan.

3.Pastikan Anda sudah merancang bentuk kerangka yang diinginkan agar Anda bisa memproyeksikan bagaimana bentuk jadinya nanti. Lalu siapkan bor dan sekrup khusus baja ringan yang memiliki ujung lancip. Dan sekrup-sekrup akan digunakan untuk merangkai rangka baja ringan itu sendiri.

4.Pastikan rangka baja ringan yang mau Anda susun sudah sesuai pola desain yang telah disiapkan.

5.Lalu gunakan Dynabolt (sekrup khusus untuk menempelkan baja ringan ke tembok).

Lalu tahapannya adalah:

-Bor tembok sesuai dengan ukuran dynabolt.

-Bor bidang baja ringan sesuai dengan ukuran dynabolt.

-Masukkan dynabolt ke dinding yang telah di bor.

-Masukkan ujung dynabolt pada lobang baja ringan.

-Rekatkan ujung dynabolt yang masuk ke baja ringan dengan sekrup yang tersedia.

Demikianlah tahap demi tahap cara pemasangan dinding partisi gypsum. Apabila Anda merasa kesulitan, bisa meminta bantuan tenaga ahli dan arsitek interior untuk mengerjakannya. Namun, tidak ada ruginya mencoba dulu memasangnya tanpa bantuan tukang atau sendiri karena pemasangan dinding partisi gypsum memang tergolong efisien dan praktis. Selain itu, memperbaikinya sendiri juga tidak sulit.

Bagaimana, siap untuk memasang dinding partisi gypsum sendiri?
Casas inHAUS Rumah Modern

Butuh bantuan dengan projek Anda?
Hubungi kami!

Temukan inspirasi hunian