6 Tips dan Trik Agar Kebersihan Rumah Selalu Terjaga

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.

6 Tips dan Trik Agar Kebersihan Rumah Selalu Terjaga

Mamora Basaria Mamora Basaria
VILLA PUTRI:  oleh sony architect studio,
Loading admin actions …

Sudah seharusnya setiap rumah harus terjaga kebersihannya, karena dari rumah yang bersih, keluarga dan diri kita sendiri dapat tinggal dengan nyaman di dalamnya, dan tentu sangat penting untuk kesehatan kita. Namun, seringkali kedua faktor penting ini luput dari perhatian. Nah, lalu bagaimana agar rumah kita selalu terjaga kebersihannya? Simak tips dan triknya di bawah ini.

1. Menjaga Kualitas Udara di Dalam Rumah

Dengan kehadiran jendela, akan melancarkan sirkulasi udara dan kualitas udara pun akan terjaga dengan baik. Selain itu, fungsi jendela pun dapat memasukkan cahaya matahari, dan membuat rumah Anda tidak pengap dan lembab.

Selain menaruh kapur serap air untuk menyerap kadar air di dalam udara, Anda juga bisa memasang exhaust fan agar udara di dalam ruangan dapat terbuang ke luar.

2. Bersihkan Secara Teratur Pendingin Ruangan Anda

Agar AC Anda selalu dalam kondisi optimal dan terjaga kebersihannya, Anda harus melakukan service AC secara rutin. Hal ini akan membuat udara dalam ruangan Anda lebih bersih dan segar.

Tahukan Anda, AC yang tidak pernah dibersihkan akan membuat kotoran menempel pada pipa evaporator, sehingga kotorannya menumpuk dan membuat AC tidak mampu untuk menyaring debu secara efektif. Filter pun tidak dapat berfungsi baik, AC jadi tidak dingin dan bahkan mengalami kebocoran. Jadi, jangan sampai lupa untuk melakukan service pada pendingin ruangan Anda ya.

3. Bersihkan Pajangan, Aksesoris, Karpet, hingga Lukisan

Ketika membersihkan dan merapihkan rumah, jangan sampai luput untuk mengelap dan menghilangkan debu dari berbagai pajangan, aksesoris, lukisan, boneka, buku, meja, karpet, langit-langit, dan berbagai peralatan yang berpotensi terjadinya penumpukan debu.

Anda bisa menggunakan penyedot debu, lalu sapu lantai setiap hari, rutin mengepel lantai, kemudian gunakan kain penyerap debu untuk menghilangkan debu, dan bersihkan dinding dengan kain microfiber.

4. Bersihkan Kamar

Tahukah Anda, kutu atau serangga yang bersarang di tempat tidur mengeluarkan kotoran yang dapat menjadi pemicu alergi, bisa menyebabkan mata merah, gatal-gatal, radang pada hidung, sampai asthma.

Laura Bowater, ahli mikrobiologi dari University of East Anglia menyarankan untuk mencuci sprei minimal seminggu sekali, dengan menggunakan air panas bersuhu 60 derajat Celcius, karena air panas dapat membunuh bakteri.

Selain rajin mengganti sprei, jemur sarung bantal dan kasur di bawah matahari untuk membunuh mikroorganisme. Dan lakukan penyedotan dan penguapan pada kasur Anda.

5. Bersihkan Dapur

Selalu bersihkan permukaan meja dari noda, minyak dan kotoran setiap kali Anda selesai memasak. Seka kompor, bersihkan oven secara rutin dan teliti. Bersihkan debu, sapu dan pel lantai dapur Anda.

Begitu pula dengan tempat mencuci piring, sebaiknya tidak menumpuk piring kotor, dan segeralah mencucinya setelah makan atau memasak.

Dan jangan lupa untuk membersihkan kulkas. Buang semua yang telah kadaluarsa, cuci wadah penyimpanan makanan, bersihkan kulkas secara detail, mulai dari rak hingga freezer dengan handuk atau lap yang telah diberi cairan pembersih.

6. Bersihkan Kamar Mandi

Selalu bersihkan kamar mandi Anda setiap hari, caranya dengan membersihkan hal-hal kecil, mulai dari membersihkan cermin, mengelap konter, keran, tempat sabun dan tempat sikat gigi. Lalu lakukan pembersihan secara besar-besaran dengan rutin, seperti menyikat ubin, kloset, bak mandi, bathtub, wastafel, shower, dan lain sebagainya. Agar optimal, Anda harus membersihkan kamar mandi seminggu sekali.

 Rumah oleh Casas inHAUS

Need help with your home project?
Get in touch!

Discover home inspiration!