3 Inspirasi Rumah Kayu Modern

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.

3 Inspirasi Rumah Kayu Modern

Evelyn Evelyn
 Rumah kayu oleh Franthesco Spautz Arquitetura
Loading admin actions …

Dalam sejarah arsitektur, kayu mungkin merupakan sebuah material konstruksi yang umum, terutama sebelum teknik bata dan beton ditemukan. Namun seiiring berjalannya waktu dan kemajuan teknologi, konstruksi kayu perlahan lahan mulai ditinggalkan dengan alasan kekuatan serta ketahanan terhadap cuaca dan iklim. Tetapi disamping kemajuan teknologi yang mendukung sistem konstruksi lain, sebenarnya konstruksi kayu sendiri juga banyak mengalami kemajuan yang pesat.

Oleh karena itu dalam buku ide kali ini, kami akan memperkenalkan beberapa desain dan proyek baru dari professional kami yang menggunakan struktur kayu. Proyek pilihan kami dalam buku ide ini akan memberikan ide dan inspirasi segar bagi Anda yang mencari nuansa berbeda dari segi material dalam desain ruangan. Tanpa berlama – lama lagi mari kita langsung melihat desain – desain tersebut dengan lebih detail.

1. Rumah Kayu dengan Nuansa Tradisional

Kaaisungan Sibarrung: Rumah oleh Pr+ Architect,
Pr+ Architect

Kaaisungan Sibarrung

Pr+ Architect

Dibuat dengan tujuan penggunaan sebagai tempat pelatihan kopi toraja, bangunan ini mengambil inspirasi dari bentuk rumah adat toraja. Secara konstruksi tradisional, rumah toraja memang menggunakan konstruksi kayu. Oleh karena itu, perancang bangunan ini tidak hanya mengadaptasi ide rumah tradisional toraja dari bentuk luar saja, tetapi juga diteruskan pada konstruksi bangunan. Namun, tentu saja desain dari professional kami tidak berhenti di sana saja, karena kita dapat melihat adanya sisipan ide modern seperti pergola hijau yang menambah nilai estetika pada desain bangunan ini.

Kaaisungan Sibarrung: Ruang Makan oleh Pr+ Architect,
Pr+ Architect

Kaaisungan Sibarrung

Pr+ Architect

Selain berfungsi sebagai tempat pelatihan kopi, bangunan ini juga berfungsi sebagai kafe dengan tema tropical expose. Untuk memaksimalkan sirkulasi udara, cahaya, pergerakan manusia dan juga arah pandang yang luas, professional kami memutuskan untuk tidak menggunakan banyak sekat ataupun pembatas ruangan pada desain ini. Baik langsung maupun tidak langsung, pilihan ini mencerminkan prinsip desain pada rumah kayu yang pada umumnya terbuka.

Kaaisungan Sibarrung: Ruang Makan oleh Pr+ Architect,
Pr+ Architect

Kaaisungan Sibarrung

Pr+ Architect

Dengan memilih kayu sebagai material sekaligus teknik konstruksi, Nuansa interior yang tercipta juga sangat nyaman dan hangat. Dipadu dengan sedikit kontras dari warna netral dan natural seperti abu abu dan hitam, ruangan yang ada menjadi terlihat sangat modern.

2. Rumah Kayu Modern

Bertolak belakang dengan contoh karya sebelumnya yang bernuansa tradisional dan penuh detail, desain kedua yang akan kita lihat pada kesempatan kali ini memiliki gaya desain yang sederhana nan modern. Berfungsi sebagai rumah akhhir pekan atau villa, rumah ini menggunakan kayu sebagai bahan utama pada exterior. Namun sangat berbeda dengan bangunan kayu yang kita kenal pada umumnya, bentukan rumah ini sangat modern. Dengan permainan massa yang unik, professional kami dapat menciptakan ruang2 teduh dibawah bangunan ataupun teras di lantai atas tanpa membuat gubahan massa bangunan yang ada menjadi terkesan tidak natural.

Masuk ke dalah interior bangunan, sama seperti karya sebelumnya, pada karya ini nuansa kayu juga dibawa selangkah lebih lanjut ke dalam interior bangunan. Namun yang membedakan dengan karya sebeumnya adalah pilihan warna pada bangunan ini terkesan lebih minimalis, karena melainkan menggunakan warna kayu natural, professional kami memutuskan untuk memilih warna kayu yang lebih muda atau mengarah kea rah warna putih.

3. Rumah Kayu di Atas Air

Berdiri diatas air membuat rumah kayu ini sebuah proyek yang sangat layak dilihat dan dibahas secara lebih mendetail. Berlokasi di lampung, villa ini merupakan sebuah proyek renovasi dengan lokasi lahan yang dikelilingi oleh pemandangan natural gunung dan laut. Sungguh sebuah potensi yang harus dimanfaatkan semaksimal mungkin. Dengan menggunakan struktur seperti rumah kayu, bangunan ini terlihat ringan dan melayang diatas air. Pilihan warna kayu natural yang dibuat sedikit mendekati warna abu abu membuat bangunan ini membaur dengan baik dengan pemandangan sekitar.

Pathway to Entrance: Villa oleh alexander and philips,
alexander and philips

Pathway to Entrance

alexander and philips

Melangkah lebih dalam ke interior rumah, bangunan yang ada dibuat agar penghuni dapat menikmati pemandangan luar dengan sebaik baiknya. Oleh karena itu, jendela dari dalam rumah yang juga merupakan bagian dari eksterior rumah, dibuat dengan agar bisa dibuka semaksimal mungkin. Dengan demikian sirkulasi udara serta akses terhadap view juga bisa menjadi maksimal dan menyenangkan.

Dengan menggunakan material kayu sebagai bahan utama, nuansa interior yang ada pada rumah ini secara natural menjadi hangat juga. Pemilihan perabot dan material interior yang minimal sederhana dan seragam menjadikan ruangan ini terkesan seperti rumah di Jepang dengan bonus pemandangan tropical. Sungguh sebuah rumah kayu impian untuk semua orang.

 Rumah oleh Casas inHAUS

Need help with your home project?
Get in touch!

Discover home inspiration!