Cara Mengatasi Kamar Mandi Kecil Agar Tampak Lebih Luas

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.

Cara Mengatasi Kamar Mandi Kecil Agar Tampak Lebih Luas

Ovan Zaihnudin – Homify Ovan Zaihnudin – Homify
Renovasi Kamar Mandi, dan Kitchen Set Rumah Ibu Tita: Kamar Mandi oleh Kolletra Visual Studio, Minimalis
Loading admin actions …

Bagaimanapun juga, ruangan yang luas selalu menjadi dambaan siapa saja. Memiliki kamar mandi lapang, lengkap dengan wastafel lebar, toilet canggih, pancuran, sampai bak mandi berukuran besar, memang menggiurkan. Tapi jika masalahnya adalah keterbatasan dimensi, berarti Anda membutuhkan suatu solusi. Yakni dengan memaksimalkan tampilan kamar mandi kecil agar terasa lebih melegakan.

Siasat itu bisa dilakukan melalui beragam cara. Dan keberhasilannya akan diukur dari seberapa nyaman seseorang saat berada di dalamnya, tanpa merasa terkungkung dan kesempitan. Lantas bagaimana caranya? Temukan inspirasi dengan menyimak beberapa desain kamar mandi kecil berikut ini.

Pengaturan Denah Simpel

Denah Kamar Mandi Bawah: Kamar Mandi oleh Kolletra Visual Studio, Minimalis Granit
Kolletra Visual Studio

Denah Kamar Mandi Bawah

Kolletra Visual Studio

Ringan-ringan saja, dimensi kamar mandi yang mungil tidak membutuhkan pengaturan njelimet. Cukup dengan memilih hanya item-item perabot terpenting dan menempatkannya secara tepat. Agar muat, tentukan ukuran furnitur yang sesuai dengan luas kamar mandi Anda. Memilih ukuran kloset dan wastafel kecil memberikan keuntungan mobilitas dalam ruangan yang bebas. Apalagi jika Anda dapat memosisikannya sejajar pada salah satu sisi saja.

Pilihan Furnitur Paling Tepat

Fungsi utama kamar mandi adalah sebagai tempat membersihkan diri. Jadi sebaiknya perabot wajib di ruangan ini hanya yang paling tepat untuk melakukan fungsi tersebut. Pancuran air dan toilet, meski tanpa wastafel, masih sanggup memenuhi kebutuhan hidup higienis seluruh penghuni rumah.

Kamar Mandi: Kamar Mandi oleh RHBW, Industrial
RHBW

Kamar Mandi

RHBW

Pancuran dinilai lebih efisien daripada bak mandi. Tapi jika masih memungkinkan memasang bath tub, mengapa tidak? Anda hanya perlu memilih ukuran paling sesuai, lalu menaruhnya di posisi terjangkau yang tidak mengganggu mobilitas. Salah satunya seperti di sudut terjauh dari pintu, bersinggungan dengan dinding. Dengan demikian sisa area masih cukup lapang untuk perabot lain dan ruang gerak Anda.

Memberikan Pencahayaan Alami

Siasat klasik ini bisa Anda aplikasikan di mana saja. Ruangan dengan pencahayaan maksimal, terutama jika bersumber dari cahaya matahari, kontan akan terasa lebih lapang. Apabila kamar mandi kecil Anda berbatasan langsung dengan luar rumah, berikan jendela secukupnya untuk menyerap cahaya alami.

Akan lebih baik lagi jika Anda bisa memasang jendela berukuran lebar, sehingga asupan cahaya semakin maksimal. Tidak ada aturan baku mengenai penempatannya. Tapi kebanyakan jendela kamar mandi kecil dipasang pada dinding terdekat dari posisi pancuran atau bak mandi. Aplikasi ini merupakan salah satu cara untuk mengurangi kelembapan dari ruang kamar mandi. Juga sekaligus menjadi lubang ventilasi, agar bau kurang sedap yang timbul dapat segera tergantikan oleh udara segar.

Bermain-main dengan Interior

Tujuan utama dari cara ini adalah demi menghilangkan kebosanan Anda di ruangan sempit. Ruangan yang menggunakan paduan warna dan permainan motif interior yang atraktif, akan membangkitkan perasaan menyenangkan bagi seseorang di dalamnya. Tidak terkecuali pada kamar mandi sekalipun. Lagipula, salah satu hal paling menyenangkan saat membangun atau merenovasi rumah adalah ketika memilih warna dan motif item-item dekoratif.

Rumah Ibu Siska: Kamar Mandi oleh SEKALA Studio, Modern Kayu Wood effect
SEKALA Studio

Rumah Ibu Siska

SEKALA Studio

Untuk memberi kesan lapang, Anda bisa menerapkan pewarnaan atau motif senada antara perabot kamar mandi dan warna dasar dinding. Ini akan menghilangkan batas-batas setiap perabot kamar mandi Anda. Memberikan ilusi pada mata sehingga mengesankan bahwa ruangan tampak lebih luas.

Seragamkan Interior Lantai dan Dinding

Sekilas tampak monoton, tetapi jika Anda menyeragamkan lantai dan dinding dalam satu tema senada, hasilnya ruangan juga terasa lebih luas. Trik ini menyamarkan batas-batas dan sudut ruangan mungil Anda.

Child's Bathroom: Kamar Mandi oleh FerryGunawanDesigns, Modern
FerryGunawanDesigns

Child's Bathroom

FerryGunawanDesigns

Terlebih jika kamar mandi kecil Anda memiliki bath tub. Permainan motif ubin yang sama membuat bak mandi tampak mungil meski ukurannya cukup mengganggu mobilitas. Seperti pada poin sebelumnya, aplikasi ini berfungsi menyamarkan batas-batas pada setiap item perabot dalam kamar mandi Anda.

Manfaatkan Kaca Bening Ketimbang Tirai

Renovasi Kamar Tidur Utama: Kamar Mandi oleh Tata Griya Nusantara, Klasik Keramik
Tata Griya Nusantara

Renovasi Kamar Tidur Utama

Tata Griya Nusantara

Meski dimensi ruangan kecil, Anda tetap bisa membagi kamar mandi menjadi dua area terpisah. Yakni kamar mandi kering untuk sekadar mencuci muka dan buang air, serta area basah khusus untuk kebutuhan mandi. Alih-alih menggunakan tirai kamar mandi atau memberi sekat permanen, mengapa tidak menggantikannya dengan kaca bening?

Kaca bening dengan tingkat ketebalan mencapai 2 cm cukup kuat untuk menjadi sekat ruangan, tanpa menimbulkan kesan terbatas. Karena Anda masih dapat memandangi setiap sudut kamar mandi tanpa halangan. Bila perlu, pasang selembar cermin lebar tanpa bingkai pada salah satu dinding kamar mandi. Cara ini masih terbilang efektif untuk memberikan kesan luas di kamar mandi kecil Anda.

 Rumah oleh Casas inHAUS, Modern

Butuh bantuan dengan projek Anda?
Hubungi kami!

Temukan inspirasi hunian