Kembali ke buku ide

Mari Kenali Jenis-Jenis Bentuk Sofa

viku viku
Sunting
Tambah foto

Anda ingin membeli sofa untuk diletakkan pada ruang rumah Anda? Bagi Anda yang ingin membeli sofa khususnya yang ada di kota Bandung, yuk kenali terlebihi dahulu jenis-jenis sofa berdasarkan bentuknya!

1) Sofa Lawson Sumber :

Sofa ini memiliki gaya desain American Style dengan mengedepankan kenyamanan karena dudukan dan sandarannya berlapis busa yang tebal. Sofa Lawson memiliki ciri khas bentuk yang tegas dan terlihat kokoh. Biasanya sofa ini memiliki 3 seater dengan memiliki bentuk armrest persegi ataupun melingkar.

2) Sofa Cabriole

Sofa ini bergaya Perancis dengan memiliki kesan yang formal, anggun, dan juga terlihat elegan. Sofa Cabriole memiliki bentuk sandaran yang melengkung seperti gelombang dan menyatu dengan armrest pada sofa. Sofa jenis ini tidak memiliki sandaran dengan bantalan yang tebal seperti Sofa Lawson. Ciri khas lainnya, sofa ini memiliki rangka kayu yang biasanya memiliki ukiran.

3) Sofa Chesterfield Sumber : Pinterest

Sofa bergaya abad ke-19 ini memiliki desain yang elegan dan maskulin. Ciri khas yang ditonjolkan dari sofa ini memiliki bagian punggung dengan jahitan yang berlapis. Sofa ini memiliki dudukan dan sandaran yang rendah dan pada umumnya menggunakan material kulit.

4) Sofa Mid Century Modern 

Sumber : PinterestSofa mid-century modern memiliki bentukkan yang simpel dengan garis halus dan juga curvy. Sofa ini tren pada masa pertengah tahun 1950-an dengan bermaterialkan kayu dengan bentukkan yang ringan.

5) Sofa Chaise Lounge  Sumber : Pinterest

Sofa Chaise Lounge atau sering disebut kursi dengan memiliki ukuran yang memanjang serta memiliki sandaran yang dibuat hanya disampingnya saja untuk bersantai. Cara penggunaanya hampir sama dengan sofa bed, bedanya kursi ini memiliki bentuk yang melengkung atau terlihat lebih anggun dan tidak kaku. 

6) Sofa Brigewater 

Sofa ini memiliki gaya yang tradisional dan klasik dengan memiliki armrest yang rendah dibandingkan punggung sofa dengan bantalan dudukan dan sandaran yang tebal terlihat nyaman digunakan.  Sofa brigewater memiliki bentuk yang formal dan mewah. 

7) Sofa Sectional 

Sofa Sectional memiliki bentuk L dan biasanya diletakan disudut ruang dan menempel pada tembok. Biasanya, sofa ini menggunakan warna netral ataupun gelap dengan memiliki armchair yang rendah. Model yang simpel cocok digunakan pada hunian yang memiliki konsep minimalis.

8) Sofa Camel Back

Sofa dari abad ke-19 ini memiliki gaya klasik dan terlihat formal, umumnya memiliki bentuk yang melengkung dengan ukiran serta bentuk kaki sofa menyerupai kaki unta. Camel Back menggunakan lapisan sofa berbahan velvet agar terlihat mewah. 

9) Sofa Tuxedo

Jahitan pada Sofa Tuxedo menyerupai Sofa Chesterfield, bedanya sofa ini memiliki bentuk yang tegas sehingga miliki kesan yang maskulin. Sofa ini tren pada masa 1920-an dengan ciri khas ukuran sandaran sofa punggung dan tangan yang setara. Sofa ini biasanya berlapis kulit ataupun bludru untuk menghasilkan gaya yang klasik dan mewah.

Itulah beberapa jenis sofa yang patut Anda ketahui. Jadi, Apakah Anda sudah tahu sofa mana yang ingin digunakan yang sesuai dengan konsep pada hunian?