5 Hal Penting yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Mengecat Dinding

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.

5 Hal Penting yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Mengecat Dinding

Nita Ramadhita – homify Nita Ramadhita – homify
 Ruang Keluarga oleh 辰林設計, Country
Loading admin actions …

Warna cat pada dinding ruangan biasanya tidak menjadi prioritas ketika sedang mendekorasi rumah. Seringkali banyak orang yang memilih untuk mengecat dinding dengan warna putih. Namun, bagi Anda yang ingin berfokus pada meningkatkan kualitas hidup, seperti mengubah ingin gaya atau ingin membuat ruangan lebih berdesain, dinding putih murni sangat monoton dan membosankan! Jadi, bagaimana kita memilih warna cat kamar terbaik? Baca artikel di bawah ini!

1. Jenis cat

Sebelum memutuskan warna cat di dinding rumah, kita harus mengetahui beberapa jenis cat utama yang ada di pasaran.

Cat semen berbasis air

Cat jenis ini adalah campuran antara air dan pigmen khusus. Karena sifatnya yang berbasis air, kita dapat mencairkan langsung dengan air. Jenis cat ini cepat kering dan umumnya membutuhkan waktu sekitar 30 menit hingga satu jam untuk mengering. Cat ini dapat dibagi lagi menjadi tipe netral dan tipe cerah. Warna yang pertama lebih lembut dari yang terakhir, sedangkan warna yang kedua lebih tahan lama.

Cat semen berminyak

Cat ini terbuat dari resin akrilik dan diencerkan menggunakan toluena atau xylene. Karena sifatnya yang berminyak, lapisan ini lebih tahan air dan tahan lama dibandingkan dengan cat yang mengandung air.

Cat berminyak/blending paint

Lapisan berminyak ini sering diencerkan dengan pelarut yang mudah menguap (seperti parfum pinus), sehingga aromanya lebih tajam. Karena memiliki kelebihan memisahkan uap air, anti jamur, dan murah, cat ini sering digunakan sebagai cat tembok luar (namun, kami tidak menyarankan penggunaan cat ini di dalam ruangan karena zat yang mudah menguap berbahaya bagi tubuh manusia).

Cat lateks

Cat yang paling fungsional di pasaran saat ini adalah cat lateks, sejenis pelarut berbasis air, sehingga lebih aman. Beberapa cat lateks juga ramah lingkungan tidak memiliki bau yang menyengat. Film cat cat lateks lebih tebal dari tiga jenis cat sebelumnya, dan efek tahan air dan daya tahan cetakan lebih baik, jadi cat ini adalah pilihan banyak orang.

2. Feng shui cat

 Ruang Keluarga oleh Stouby, Skandinavia
Stouby

Concord High – Thomas Pedersen

Stouby

Jika Anda percaya pada feng shui, Anda perlu memperhatikan warna-warna berikut yang dianggap tabu saat mengecat dinding ruangan.

Hitam: Warna hitam pekat akan membuat orang depresi dan pesimistis.

Kuning: Kuning membuat orang merasa malas dan tidak bersemangat, dan dapat dengan mudah membuat orang merasa tertekan dan terganggu.

Biru: Meskipun biru memiliki efek menenangkan, warna ini juga akan membuat ruang terlihat terlalu menyesakkan dan membuat orang merasa tidak nyaman. Khusus untuk dapur dan ruang makan, biru akan menekan selera makan kita.

Merah muda: Jika warna ini digunakan untuk kamar anak perempuan kecil, warna merah muda belum tentu menjadi masalah. Namun, jika kamar tidur utama dicat warna merah muda, feng shui akan melihatnya sebagai bahaya yang mengancam suami dan istri.

3. Pilihan warna cat

Pilihan warna cat akan berbeda di setiap bagian rumah. Secara umum, Anda dapat memilih warna yang berani di ruang tamu karena ukurannya biasanya lebih luas. Jangan lupa untuk sesuaikan dengan keseluruhan desain ruangan, ya.

Warna cat untuk kamar tidur haruslah lebih lembut untuk menciptakan nuansa santai. Beberapa warna yang bisa Anda pilih adalah warna-warna netral seperti putih atau off-white, merah muda, dan krem atau beige.

Untuk dapur dan ruang makan, pilihlah warna putih atau kuning muda karena kedua warna tersebut bisa meningkatkan nafsu makan.

Untuk ruang belajar, pilihlah warna yang bisa meningkatkan konsentrasi, contohnya warna putih. Jika dinding dicat dengan warna-warna yang terlalu mencolok, perhatian Anda akan terbagi.

4. Warna cat yang harus dihindari

Berbicara tentang feng shui cat rumah di atas, ada beberapa warna yang tidak direkomendasikan untuk digunakan di rumah. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Merah terang: Dalam istilah feng shui, merah terang melambangkan kegembiraan. Namun, warna ini terlalu pekat sehingga membuat perasaan tidak nyaman.

Ungu: Warna ungu memang terlihat elegan. Namun, warna ungu akan membawa tekanan pada ruangan sehingga ruangan terasa lebih sempit.

Oranye: Warna yang identik dengan buah jeruk ini memang tampak energik. Namun, jika diaplikasikan di kamar tidur, warna ini akan membuat Anda bersemangat sehingga sulit untuk merasa nyaman saat beristirahat.

Cyan/Hijau: Warna-warna ini akan memberikan perasaan tenang. Namun, rasa tenang ini lebih mengarah pada dingin dan mati, bukan damai. Jadi, jika Anda ingin membawa nuansa tenang, pertimbangkan warna cat lain, ya.

5. Hal lain yang harus dipertimbangkan

Pertama, warna dinding haruslah sesuai dengan keseluruhan desain furnitur dan interior rumah. Misalnya, jika rumah Anda bergaya Nordic, dan furniturnya terbuat dari kain, kayu dan rotan, maka dindingnya tidak boleh berwarna biru, agar tidak terlihat terlalu canggung.

Kedua, jika ruang di rumah Anda terbatas, maka gunakan beberapa warna dinding yang cerah agar ruangan tidak terkesan pengap.

Itulah tadi beberapa tips untuk memilih warna cat. Rekomendasi warna di atas hanya untuk referensi Anda. Gaya pribadi tetaplah menjadi poin kunci untuk menciptakan rumah yang ideal. Dengan kata lain, jika Anda benar-benar ingin menciptakan ruang yang sangat bergaya dengan kontras yang kuat antara hitam dan putih, Anda dapat memilih kombinasi ini setelah berkonsultasi dengan desainer.

 Rumah oleh Casas inHAUS, Modern

Butuh bantuan dengan projek Anda?
Hubungi kami!

Temukan inspirasi hunian