15 Ide Pintu Kayu untuk Berbagai Konsep Hunian

Ovan Zaihnudin – Homify Ovan Zaihnudin – Homify
FN Megaland, Pematangsiantar City, Lighthouse Architect Indonesia Lighthouse Architect Indonesia Pintu
Loading admin actions …

Akses dan mobilitas Anda di rumah akan tergantung pada seberapa tepat penempatan pintu. Di sisi lain, elemen kecil ini turut menentukan nilai fasad rumah Anda secara keseluruhan. Untuk itu, penting memperhatikan benar tentang pilihan pintu rumah. Bukan hanya dari segi desain, tetapi juga kualitas bahan yang digunakan.

Pilihan paling klasik dan rasional, baik dari segi fasad, kualitas, maupun ketahanan, masih jatuh pada bahan kayu. Ya, dan profesional spesialis pintu tentu tahu betul jenis kayu yang berkualitas. Lantas bagaimana dengan desainnya? Itu bisa disesuaikan mengikuti gaya arsitektur rumah Anda secara keseluruhan. Anda bisa memilih salah satu dari 15 ide pintu kayu berikut ini.

1. Pintu Gerbang Bergaya Rustic

Belakangan gaya rustic memanfaatkan material kayu cukup populer. Arsitek makin berani menerapkan model pintu gerbang, menggunakan papan kayu yang tersusun horizontal dengan balok-balok logam sebagai rangkanya. Jika Anda menginginkan lebih banyak privasi di rumah, model ini cocok diterapkan.

2. Empasis pada Pintu Utama

homify pintu depan

Kita beralih ke pintu depan, masih dengan susunan papan-papan kayu, kali ini secara vertikal. Setiap papan kayu memiliki tekstur berbeda, sehingga tampilannya pasti bervariasi, meskipun menerapkan finishing yang sama. Jika diterapkan pada hunian dengan konsep minimalis, pintu dari papan kayu ini akan menjadi empasis dari fasad rumah Anda.

3. Double Swing Sederhana

Perum Griya Adi, Kuniran, ud.CMTO ud.CMTO pintu depan Kayu Wood effect

Sepasang daun pintu ayun dengan pucuk atas yang melengkung. Ukirannya sederhana saja menyesuaikan bingkai geometrisnya. Sementara finishing-nya pun masih mempertahankan warna dan tekstur asli. Pintu double swing ini cocok diterapkan pada pintu gerbang utama menuju ruang terdepan di rumah Anda.

4. Double Swing Modern

Kokoh dan mewah. Pintu yang satu ini menampilkan kesan tersebut. Lagi-lagi masih menggunakan model double swing dengan gagang vertikal berbahan logam. Ukirannya berupa bidang-bidang logam berbentuk persegi. Dengan sentuhan akhir berwarna gelap dan mengilap, cocok untuk rumah modern yang mewah.

5. Gaya Tradisional

Jika Anda gemar membaca buku sejarah kebudayaan Nusantara, pasti tak asing lagi dengan gaya arsitektur tradisionalnya. Salah satunya terlihat pada gambar ini, di mana pintu rumah menerapkan konsep tradisional. Ada ukir-ukiran rumit pada mahkota pintu dan angin-angin. Terlihat kokoh dan menawan, sekaligus mewah dan eksotik. Buat Anda pecinta arsitektur tradisional, pertimbangkan model pintu yang satu ini.

6. Pintu Modern Minimalis

Menerapkan empasis tak melulu bisa dilakukan dengan cara menampilkan tekstur asli kayu. Pada hunian bergaya modern minimalis, pintu kayu bisa diberi sentuhan akhir dengan warna-warna tegas yang juga kontras, seperti tampak di gambar ini. Ruang tamu bernuansa bersih mendapatkan sentuhan kontras pada pintu bergaya modern yang berwarna biru.

7. Pintu Apartemen Modern

homify Koridor & Tangga Minimalis

Sementara jika menginginkan tampilan yang seragam, Anda bisa menyamakan warna cat pintu dengan interior secara keseluruhan. Ini pas untuk memberikan kesan bersih dan terorganisir. Juga mewakili selera Anda yang cenderung modern dan minimalis.

8. Pintu Kayu yang 'Muncul'

Masih ingat dengan desain pintu nomor 2 tadi? Sentuhan yang sama bisa diterapkan untuk interior. Kali ini menggunakan papan kayu berwarna cerah untuk mengimbangi nuansa redup di ruang utama. Tekstur kayu yang cerah itu tampak menonjol, membuat ruangan yang terkesan monoton menjadi lebih atraktif.

9. Pintu Klasik Minimalis

Pintu-pintu model lawas umumnya tampil dengan ukiran bidang-bidang geometris. Kalau Anda ingat pintu ruang kelas di sekolah negeri, barangkali hampir mirip dengan pintu-pintu pada gambar ini. Hanya saja kali ini didesain lebih ramping dengan sentuhan finishing lebih rapi. Makin rapi karena bingkai atau kusen pintu diberi warna lebih gelap.

10. Pintu Super Minimalis

Sekilas melihat ruangan ini tampak seperti lounge di sebuah kantor bergaya modern. Di mana ada pintu-pintu blok dari papan kayu lebar menempati dua sudut. Jika ruangannya atraktif, desain pintu sederhana itu menjadi pendingin suasana. Senada dengan gaya ubin yang juga menampilkan motif kayu. Anda bisa menerapkannya di rumah jika menginginkan konsep sejenis.

11. Sekat yang 'Ramah'

Apabila Anda menginginkan sekat ruangan yang ramah, coba terapkan desain pintu minimalis yang satu ini. Desainnya cukup simpel, hanya dengan penggunaan engsel closed door dan sebuah lubang di tengah. Lubang ini memberi penerangan tambahan sekaligus keramahan bagi siapa saja yang ingin memasuki ruangan.

12. Pintu Tematik untuk Kamar Anak

kamar tidur anak viku Kamar Tidur Modern Kayu Wood effect bedroom

Kamar pribadi, khususnya untuk anak-anak. Lebih cocok menerapkan desain warna-warni yang atraktif, sesuai dengan umumnya selera anak-anak. Jika demikian, tampilan pintu pun sebaiknya disesuaikan dengan tema global. Apabila Anda tidak ingin meninggalkan unsur asli kayu, maka sisakan sebidang tanpa dibubuhi cat.

13. Pintu Dapur Modern

homify Dapur Gaya Industrial

Alangkah menyenangkan jika dapur menjadi area yang nyaman untuk beraktivitas. Jika Anda memiliki area cukup luas, penempatan pintu dapur masih rasional. Seperti pada gambar ini, di mana pintu dapur menjadi satu set dengan kabinet dan meja dapur. Bahan kayu yang dilapisi pelitur hitam nan gelap, dengan bingkai putih yang kontras dan tegas.

14. Rangka Kayu untuk Pintu Kamar Mandi

- homify Rumah Tropis Batu Bata

Pintu kayu untuk kamar mandi, mengapa tidak? Anda hanya perlu menempatkannya sejauh mungkin sehingga tidak terlalu sering terpapar air. Selain itu Anda pun bisa menerapkan finishing berlapis minyak yang tahan air. Agar lebih aman, gunakan kayu sebagai rangka daun pintu saja. Sementara bahan utamanya adalah kaca atau mika, tentunya yang tidak tembus dipandang.

15. Pintu Kamar Mandi Penuh Kayu

Oke, jadi Anda masih ingin menggunakan bahan kayu sepenuhnya pada pintu kamar mandi. Silakan saja mencontek desain yang satu ini. Corak ubin klasik dan atraktif itu berpadu dengan baik bersama pintu bermotif kayu yang warnanya cerah. Tapi sekali lagi, pastikan Anda mendapatkan finishing terbaik agar daun pintu kayu Anda tahan lama.

Ide untuk mempercantik fasad rumah dengan pemilihan model pintu kayu.

Butuh bantuan dengan projek Anda?
Hubungi kami!

Sorotan dari majalah