10 Ide Kamar Mandi yang Memadukan Unsur Kayu dan Batu 10 Ide Kamar Mandi yang Memadukan Unsur Kayu dan Batu

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.

10 Ide Kamar Mandi yang Memadukan Unsur Kayu dan Batu

Ovan Zaihnudin – Homify Ovan Zaihnudin – Homify
Budisari Residence Kamar Mandi Tropis Oleh ARCHID Tropis
Loading admin actions …

Kamar mandi selayaknya menjadi ruangan untuk menyegarkan diri. Pun lebih baik apabila dilengkapi dengan fitur yang memanjakan. Serta dekorasi menawan yang menampilkan unsur-unsur alami, supaya kesegaran yang diinginkan dapat terwujud di dalamnya.

Lazimnya, hiasan dekoratif pada kamar mandi hanya berkutat pada pemilihan ubin dengan berbagai coraknya. Namun jika pilihan itu dipandang terlalu monoton, maka Anda membutuhkan sentuhan berbeda. Untuk ekspektasi kesegaran alami, berarti Anda perlu membenamkan unsur-unsur natural pula, kayu dan batuan misalnya.

Cobalah tengok beberapa aplikasi unsur batu dan kayu di kamar mandi pada contoh berikut. Beritahu saja jika Anda mendapatkan inspirasi darinya.

1. Kamar Mandi Modern Mewah

Gio House Setraduta Kamar Mandi Modern Oleh CV Berkat Estetika Modern Batu
CV Berkat Estetika

Gio House Setraduta

CV Berkat Estetika

Rekomendasi desain kamar mandi yang pertama bernuansa tropis dengan ukuran lapang. Fitur-fiturnya lengkap, mulai dari area cuci muka, area mandi di bilik pancuran, serta bak mewah untuk memanjakan diri.

Interiornya didominasi unsur batuan, baik pada lantai maupun dindin-dindingnya. Hanya saja muncul sentuhan kayu terpasang menjadi sekat pembatas area pancuran, di samping pintu kaca. Pun tampak pula pada pemasangan kabinet di area kering, menjadi alas buat wastafel untuk cuci muka dan menggosok gigi.

Paduan unsur ini memberikan batas tegas dari setiap area yang ada pada kamar mandi. Penggunanya tak mungkin bingung membedakan area mana yang paling tepat untuk melakukan aktivitasnya.

2. Unsur Natural yang Dominan

Kamar mandi bernafas Kamar Mandi Tropis Oleh Mandalananta Studio Tropis Batu Bata
Mandalananta Studio

Kamar mandi bernafas

Mandalananta Studio

Masih dengan desain interior bergaya tropis, di sebuah rumah berdesain tropis pula. Corak warna interiornya cukup atraktif, menampilkan susunan batu bata merah dan unsur kayu dengan sentuhan akhir warna red cherry. Sinkronisasi menyeluruh dari paduan dua elemen alami yang berbeda.

Sementara dinding dan pernak pernik kamar mandi mencuat dengan pilihan corak putihnya. Menyala di antara hamparan tekstur natural dari kayu dan batu bata. Meski dimensi kamar mandi cukup terbatas, tak terlihat sempit. Pasalnya pencahayaan maksimal muncul dari berbagai sisi, baik dari lampu penerangan maupun cahaya matahari yang meluncur di sela-sela lubang ventilasi. Ide brilian dari arsitek interior satu ini perlu diacungi jempol.

3. Alamiah dan Minimalis

Kamar mandi minimalis hanya menyajikan fitur-fitur esensial. Buktinya coba lihat desain ruang pribadi yang satu ini. Hanya ada satu perabot utama, yaitu bak mandi sebagai sarana menyegarkan diri. Pilihan warna dan ukurannya benar-benar presisi, berkesinambungan dengan corak ubin putih yang menjadi lantai dasar sekaligus jalur untuk menapakinya.

Unsur batuan tampak pada kedua sisi dinding. Membatasi kamar mandi ini dengan sekat tegasnya yang bercorak kontras. Gelap yang masih mempertahankan tektur batu aslinya. Sementara tepat di ujung ruangan terdapat panel-panel kayu bersusun vertikal. Juga di atap kamar mandi yang disusun horizontal. Di sela-sela balok kayu tersebut sengaja diberikan jarak. Supaya cahaya lampu dan sinar alami dapat merasuk dan menerangi ruangan dengan maksimal.


4. Toilet Umum Eksentrik

Female Office Toilet Kamar Mandi Gaya Asia Oleh Ectic Asia
Ectic

Female Office Toilet

Ectic

Di ranah publik, biasanya arsitek kamar mandi menerapkan desain sederhana demi efisiensi bujet. Tapi kali ini tidak, dengan berani desain eksotik itu diaplikasikan secara apik di toilet umum pada sebuah perkantoran kawasan Banjaran, Jawa Barat.

Selayaknya toilet umum, tersedia sejumlah bilik untuk mengakomodir kebutuhan publik. Setiap bilik ini dibatasi sekat kaca buram untuk memberikan privasi bagi pengguna kamar mandi. Yang menarik di sini adalah pilihan corak lantai dan dindingnya yang atraktif, yakni menggunakan panel ubin bermotif klasik dengan kombinasi warna lembut.

Untuk mengakses bilik-bilik toilet ini, pengunjung harus melewati sebuah lorong. Lorong ini tampil dengan desain berbeda. Lantainya lonjoran papan kayu ber-finishing semi gloss. Wastafel untuk cuci tangan dipasang di sudut, dengan di bawahnya beralaskan rangkaian grating steel yang menutup saluran limbah, bersanding dengan batuan alami di sisinya sebagai pemanis. Meski unsur batu dan kayu tidak menjadi emphasis ruangan ini, tetapi penempatannya begitu apik.

5. Paduan Unsur yang Elegan

Kamar Mandi Kamar Mandi Klasik Oleh ARF interior Klasik Parket Multicolored
ARF interior

Kamar Mandi

ARF interior

Rekomendasi berikutnya adalah sebuah kamar mandi mewah, masih dengan dominasi unsur batu dan kayu pada interiornya. Bergaya klasik dengan penempatan kabinet wastafel dan cermin lebar di area kering. Kabinet kayu mewadahi wastafel yang didasari elemen batu granit, juga sekaligus menjadi bingkai dari cermin. Kabinet ini menyediakan beberapa pasang laci untuk tempat penyimpanan pernak-pernik kamar mandi.

Unsur kayu juga melapisi lantai dasar ruangan ini. Finishingnya dibuat senada dengan lis dinding bagian bawah, yang masih memanfaatkan relief dari ukiran kayu. Kombinasi unsur klasik yang menyajikan kemewahan tersendiri.

6. Mungil Kental Suasana Natural

Villa Saya - Pavilion Ensuite Bathroom Kamar Mandi Gaya Asia Oleh HG Architect Asia
HG Architect

Villa Saya – Pavilion Ensuite Bathroom

HG Architect

Masih ingat tentang rekomendasi desain kamar mandi pada poin ke-3 tadi? Ya, temanya hampir senada dengan ruang pribadi yang satu ini. Terdapat unsur kayu, batu, tanaman hijau, ubin dinding, serta perabot minimalis.

Bak mandi oval terpasang di tengah, bertumpu pada taburan batu alam yang berserakan di lantainya. Terdapat daun hijau menjulur yang ditanam di salah satu sudut ruangan, demi menambah nuansa natural.

Sementara panel-panel kayu tersusun rapi secara horizontal menghadap bak mandi, sekaligus melingkupinya hingga ke langit-langit. Selebihnya, ubin-ubin dan pilar batu alam juga menjadi sekat pembatas koridor menuju area toilet. Perpaduan minimalis dengan berbagai unsur lengkap yang ditampilkan.

7. Kamar Mandi Kering Dominan Kayu

Kamar mandi kering yang satu ini didominasi unsur kayu. Panel-panel bermotif natural itu memenuhi seisi ruangan, kecuali pada countertop meja wastafel yang dilapisi batuan granit bercorak kontras. Putih, untuk menonjolkan diri di antara lingkungan sekitarnya yang bermotif kayu.

Lantai, dinding pembatas, serta laci-laci kabinet, semuanya menggunakan material kayu. Sentuhan akhir natural diterapkan pada seluruh permukaan kayu-kayu ini. Ya, karena ini adalah kamar mandi kering, tentu saja aplikasi lapisan tahan airnya harus benar-benar mumpuni. Agar panel kayu dapat bertahan lama di tengah lingkungan kamar mandi yang relatif lembap meskipun kering.

8. Unsur Minimalis yang Akurat

PIKtangular House Kamar Mandi Modern Oleh BlocStudio Modern Keramik
BlocStudio

PIKtangular House

BlocStudio

Kamar mandi minimalis yang baik bisa diukur dari perbandingan antara dimensi dengan kelengkapan fitur-fitur pendukung fungsinya. Coba perhatikan interior kamar mandi yang satu ini dan Anda akan mengetahuinya.

Tersedia wastafel kembar, bak mandi, dan lemari penyimpanan. Perabot penadah air terbuat dari bahan solid surface, semuanya berwarna putih dengan bentuk yang elegan. Lemari penyimpanan dari material kayu terpasang di sudut ruangan. Finishing-nya gelap warna coklat tua, senada dengan bingkai jendela yang berada di sampingnya. Begitu pula dengan kabinet kayu yang ditempatkan sebagai dasar wastafel.

Selebihnya, dinding batu granit mengelilingi ruangan ini. Satu bercorak gelap khas batu alam, sedang lainnya mendapatkan sentuhan warna lembut krem. Kedua batuan dengan corak berbeda ini juga muncul di lantai dalam porsinya masing-masing.

9. Batu Melingkupi Kayu

Cajuputi House Kamar Mandi Gaya Eklektik Oleh EIGHT IDEA Eklektik
EIGHT IDEA

Cajuputi House

EIGHT IDEA

Kalau pada poin ke-7 tadi material kayu lebih mendominasi daripada batuan. Rekomendasi kali ini menyajikan tema interior yang sebaliknya. Panel kayu hanya mendapatkan porsi sedikit dari keseluruhan area dalam ruangan.

Kamar mandi persegi terbagi menjadi tiga area, atau mungkin empat. Yang tampak di sini hanya tiga, yaitu bilik toilet untuk buang air, bilik pancuran, dan bathtub untuk berendam. Pencahayaannya didukung penerangan alami dan buatan. Setiap bilik tersebut diberi pembatas berupa panel dan pintu kaca. Lalu di mana unsur kayu dan batuannya?

Batuan mendominasi dinding dan lantai. Panel-panelnya berukuran lebar, sehingga nyaris tak tampak sela-sela batasnya. Coraknya putih dengan motif sembur berwarna kecoklatan. Sedangkan material kayu dipakai untuk mempercantik area berendam. Beberapa bilah papan cherry red disusun dua tingkat secara horizontal, lebarnya senada dengan panjang bak mandi. Di antara dua tingkat disisakan area kosong untuk menempatkan pernak-pernik kamar mandi.

10. Simetris yang Sempurna?

Budisari Residence Kamar Mandi Tropis Oleh ARCHID Tropis
ARCHID

Budisari Residence

ARCHID

Barangkali desainer interior atau pemilik kamar mandi ini memiliki kecenderungan obsesi terhadap kerapian. Bagaimana tidak? Kamar mandi berbentuk letter U ini menerapkan desain simetris yang bisa dibilang sempurna. Dinding berbentuk U, seluruhnya mengombinasikan unsur kayu dan corak warna semen. Jendela berada tepat di tengah, pada garis tengah yang sama dengan bak mandi.

Sementara itu, lantai dasar kamar mandi dipenuhi batu-batu koral putih. Hanya dipermanis oleh sebidang ubin bercorak abu semen yang disusun sedemikian rupa hingga membentuk persegi panjang yang presisi. Peletakan batu-batu ini dimaksudkan untuk membedakan area berendam dengan fitur lain yang tersedia di kamar mandi.

Sepertinya mudah saja mengaplikasikan desain interior semacam ini. Namun tetap saja, Anda akan membutuhkan bantuan profesional dari sosok desainer kamar mandi dengan jam terbang tinggi. Jadi, selamat mencoba!

Ide kamar mandi kombinasi kayu dan batu cukup jarang ditemui. Namun dengan terapan yang tepat, kombinasinya akan mempercantik ruang pribadi yang sa...
Rumah Modern Oleh Casas inHAUS Modern

Butuh bantuan dengan projek Anda?
Hubungi kami!

Temukan inspirasi hunian