9 Ide Brilian Menempatkan Ruang Makan Cantik di Luar Ruangan | homify 9 Ide Brilian Menempatkan Ruang Makan Cantik di Luar Ruangan

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.

9 Ide Brilian Menempatkan Ruang Makan Cantik di Luar Ruangan

Ovan Zaihnudin – Homify Ovan Zaihnudin – Homify
Balkon, Beranda & Teras Modern Oleh homify Modern
Loading admin actions …

Gagasan tentang ruang makan outdoor sepertinya belum begitu familiar di Indonesia. Kebanyakan pemilik rumah masih puas dengan gaya konvensional, ruang makan di dalam ruangan. Sementara di sisi lain, restoran dengan sajian view pemandangan menawan malah diburu banyak orang. 

Fenomena itu bisa dibilang kontradiktif dan sia-sia. Padahal kalau mau, Anda bisa makan sambil menikmati udara segar tanpa perlu pergi ke restoran macam itu. Cukup memasak santapan favorit, lalu duduk manis di kursi ruang makan yang berada di luar dinding rumah. Pastinya akan lebih hangat jika semua penghuni rumah bisa berkumpul untuk bersantap bersama. 

Ruang makan outdoor bisa diterapkan pada berbagai macam model hunian. Baik rumah tapak di komplek maupun apartemen. Apalagi di rumah peristirahatan, yang tentu saja lokasinya betul-betul pilihan. Jika Anda berminat dengan ide mengenai ruang makan outdoor, maka silakan cermati beberapa referensi berikut. 

Pertama, Mulai yang Paling Sederhana

Ruang makan outdoor menyajikan sebuah pengalaman baru yang segar. Tak perlu usaha keras untuk dapat memilikinya. Caranya mudah sekaligus murah, jauh lebih ekonomis ketimbang perkiraan Anda selama ini. Pasalnya ada sejumlah trik yang bisa diterapkan tanpa perlu bantuan profesional. 

Sebidang halaman belakang, kosong, tanpa fungsi signifikan. Daripada membiarkannya menganggur, sepertinya Anda bisa mencoba menempatkan set meja kursi makan. Tapi terlebih dulu pastikan bahwa dapur berada dekat dengan area tersebut. Atau bangunlah akses penghubung khusus yang mendekatkan keduanya. Jangan lupa juga memastikan pilihan furnitur sesuai peruntukannya di luar ruangan. Supaya awet dan Anda tidak merugi. 

Tempatkan di Sisi Kolam Renang

modern  oleh Garden Furniture Centre, Modern
Garden Furniture Centre

Hand Woven Rattan Garden Furniture

Garden Furniture Centre

Santai saja, tak perlu rencana muluk-muluk untuk membikin ruang makan luar ruangan. Asalkan masih tersedia sisa lahan, sepertinya Anda bisa melakukannya sendirian. Jauhkan pikiran dari ide-ide ribet mengenai renovasi dan sebagainya, sebab itu benar-benar tidak perlu. 

Apabila hunian Anda dilengkapi kolam renang, ini malah sangat membantu. Cukup meletakkan set meja kursi khusus luar ruangan di sisi kolam, Anda sudah mendapatkan ruang makan kedua. Cocok digunakan untuk bercengkerama bersama keluarga, atau menjamu tamu kerabat dekat ketika cuaca sedang cerah.

Mewarnai Patio Gersang

Ada ruang terbuka yang biasa dijadikan tempat bersantai, membaca buku sambil menyeruput minuman hangat. Jika lokasinya dekat dengan dapur, itu juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat meletakkan furnitur ruang makan. Hanya saja pastikan ukuran perabot sebanding dengan luas area patio, demi menjaga ruang gerak tetap bebas. 

Pada gambar satu ini desain patio menerapkan konsep minimalis. Bidang kosong berbentuk memanjang yang dibagi menjadi dua area. Pertama sebuah area serupa ruang keluarga dengan set sofa nyaman. Lalu satu sudut yang dimanfaatkan sebagai ruang makan disertai perabot lengkap. Nuansanya sederhana, menerapkan corak lembut dan menenangkan. 

Berikan Privasi yang Fresh dan Natural

Di sebuah komplek perumahan, nyaris tidak ada jarak antara tiap-tiap hunian. Masing-masing hanya dipisahkan oleh dinding atau mungkin pagar. Karena privasi menjadi salah satu kebutuhan penting yang patut dijaga. Untuk itu Anda dipersilakan menjaga privasi dengan cara seramah mungkin.  

Dinding atau pagar tinggi memang aman, tetapi di sisi lain cenderung terlalu intimidatif buat pihak luar. Lalu alternatifnya adalah dengan membuat pembatas ‘ramah’ setinggi manusia rata-rata. Gunakan material alami untuk memunculkan nuansa segar dan natural. Seperti pada gambar ruang makan outdoor satu ini, yaitu pagar bambu. Ditambahkan sebagai pelapis pagar dinding. Di mana bagian atasnya tersedia ruang untuk tanah dan tanaman. 

Menyantap Hidangan di Atas Ketinggian

Tak perlu mengunjungi kafe-kafe berlokasi di rooftop atau sky lounge, jika ingin merasakan sensasi nongkrong sambil makan minum di atas ketinggian. Anda dapat memilikinya sendiri di rumah, yaitu dengan mengalokasikan area khusus di balkon atau rooftop untuk ruang makan outdoor. Bila perlu nuansa alami, hiasi dengan pot-pot tanaman hijau segar di sekeliling area. Selain sebagai penyegar, tanaman hias itu bisa pula berfungsi menggantikan pagar. 

Konsep ruang makan terbuka semacam ini juga cocok diterapkan di hunian vertikal seperti apartemen. Area yang digunakan sebaiknya cukup untuk menempatkan set furnitur ruang makan. Biasanya terdiri dari satu unit meja dan kursi sejumlah anggota keluarga penghuni rumah.

Sky Lounge Plus View Menawan

Pemandangan hutan beton akan urung jadi memuakkan saat malam hari. Gemerlap eksotisme suasana pusat kota terasa makin romantis, serta menghangatkan. Anda bisa menikmatinya sambil menyantap hidangan favorit bersama pasangan atau keluarga. Jika berani memutuskan untuk membuat ruang makan terbuka di rooftop atau balkon. 

Konsepnya simpel saja. Pertama-tama pilihlah unit meja kursi makan sepantasnya. Sesuaikan model, jumlah, serta ukuran perabot dengan nuansa eksterior dari area yang akan dimanfaatkan. Fitur utama dari ruangan ini adalah view sekelilingnya. Maka pembatas area pun menggunakan material transparan. Yakni panel-panel kaca tebal pelindung atap dan setiap sisinya.

Venue Pesta Kecil di Taman Belakang

Masih ingat dengan konsep patio di atas? Nah, tata ruang kali ini juga serupa, yakni menempatkan ruang makan berseberangan dengan area santai. Hanya saja bukan menempati patio, melainkan di halaman belakang rumah. Nuansa alami muncul lewat kayu yang melapisi pagar beton pemisah hunian. Ketika malam, lampu-lampu sorot di berbagai titik membuat area ini tampak eksotik. 

Banyak aktivitas bisa dilakukan di halaman belakang.  Seringnya area ini digunakan sebagai venue pesta mini yang mengundang orang-orang terdekat. Pada hari-hari di luar momen tersebut, kapasitasnya cukup untuk menampung ruang makan sekaligus area bersantai.

Spot Intim Bernuansa Alam

Balkon, Beranda & Teras Modern Oleh homify Modern

Hijau dan coklat, dua corak yang mendominasi interior hutan tropis. Sehingga sekilas tampak basah, lembap, serta cenderung dingin. Coba tengok gambar ruang makan outdoor satu ini. Sebuah padang gersang muncul di tengah hutan tropis nan dingin. Bukan hanya kontras, lingkungan sekitarnya malah terasa melindungi sekaligus menghangatkan. 

Ruang makan outdoor ditempatkan di halaman samping atau belakang. Lokasinya tentu saja dekat dengan dapur, area mengolah masakan. Corak kontras digunakan untuk membedakan area ini dengan lingkungan sekelilingnya. Furnitur putih berlantai cerah. Dikelilingi tumbuhan hijau dan dek kayu dengan sentuhan akhir gelap pucat.

Modernitas di Tengah Belantara

Sebelumnya ruang makan outdoor ditempatkan di taman hijau bernuansa natural. Dua area sengaja didesain demi memperoleh nuansa sedemikian rupa. Ruang makan berikutnya juga digagas oleh seorang desainer andal. Konsepnya pun modern, dikombinasikan dengan unsur minimalis serta kontemporer. Tampak bidang-bidang geometris muncul di tengah area yang bersih. 

Bedanya, jika area taman sebelumnya merupakan buah karya desainer, ‘taman’ berikutnya tercipta tanpa ulah satu pun manusia. Singkatnya, langsung dari tangan Sang Maha Pencipta. Tentu saja! Manusia mana yang rela menghabiskan waktunya menanam sebatang demi sebatang pohon pinus, menunggunya puluhan tahun, sampai semuanya tumbuh, dan area tanam berubah menjadi hutan? 

Berikan opini Anda!
Rumah Modern Oleh Casas inHAUS Modern

Butuh bantuan dengan projek Anda?
Hubungi kami!

Temukan inspirasi hunian