9 Contoh Aplikasi Panel untuk Mempercantik Interior Dapur | homify | homify 9 Contoh Aplikasi Panel untuk Mempercantik Interior Dapur
Error: Cannot find module './CookieBanner' at eval (webpack:///./app/assets/javascripts/webpack/react-components_lazy_^\.\/.*$_namespace_object?:3566:12) at at process._tickCallback (internal/process/next_tick.js:189:7) at Function.Module.runMain (module.js:696:11) at startup (bootstrap_node.js:204:16) at bootstrap_node.js:625:3

9 Contoh Aplikasi Panel untuk Mempercantik Interior Dapur

Ovan Zaihnudin – Homify Ovan Zaihnudin – Homify
PR Apartment Oleh byatelier Modern
Loading admin actions …

Paneling bukan hanya soal aplikasi pelapis dinding. Khusus untuk dinding dapur, tentu saja akan identik dengan penggunaan tegel bermotif cantik yang terkesan feminin. Tapi paneling tak melulu tentang itu, karena metode ini bisa diterapkan pada segala jenis permukaan interior. Di dapur berarti bisa pada keseluruhan dinding, semburan splash, kabinet-kabinet, aksen dekoratif, lantai, bahkan langit-langit. 

Terlihat belakangan bahwa paneling kembali menjadi tren di ranah interior. Jika sebelumnya sering ditemukan pada dapur hunian wisata, seperti villa musim panas, cottage, atau rumah-rumah peristirahatan lainnya. Kini paneling juga tak jarang tampak di rumah tinggal konvensional. 

Para professional kami di Homify tentu saja tak mau ketinggalan tren. Berbagai desain panel dapur tersaji dari banyak desainer interior dan perencana dapur. Dari sekian banyaknya, berikut beberapa pilihan yang mungkin akan menginspirasi Anda. Siapa tahu dalam waktu dekat Anda ingin mengubah nuansa dapur di rumah agar lebih artistik dan nyaman. 

1. Paneling Cermin

Minimalist Scandinavian Apartment Dapur Gaya Skandinavia Oleh DIArchitects Skandinavia MDF
DIArchitects

Minimalist Scandinavian Apartment

DIArchitects

Fungsi cermin relatif sama dengan kaca. Yakni memberikan kesan ruangan lebih luas sekaligus memaksimalkan pencahayaan alami. Selain itu, material ini juga mudah perawatannya. Mudah dibersihkan sehingga tahan lama, apalagi jika Anda melakukannya secara rutin dan berkala. Tapi pastikan bahwa ruangan memang benar redup untuk mengaplikasikan panel kaca cermin sebagai lapisan dinding splash. Sebab pencahayaan berlebihan yang menyilaukan bisa saja mengganggu aktivitas di dapur.

2. Panel Kabinet Minimalis

Rumah Janur asri VI kelapa gading Dapur Minimalis Oleh qic arsitek Minimalis
qic arsitek

Rumah Janur asri VI kelapa gading

qic arsitek

Apabila didesain dengan baik, kabinet pun sudah cukup memberikan nuansa cantik di dapur. Panel-panel simetris terbentuk dari susunan pintu rak. Meski ukuran pintu tak seragam, masing-masing menggunakan rasio yang penuh perhitungan. Corak tampilannya mengesankan bahwa ruangan tersebut bersih dan diurus secara cermat. Seakan semua bagian dapur ini hanyalah panel-panel itu. Area memasak sendiri tampak seperti sebuah fitur tambahan, sekalipun keberadaannya sukses mencuri perhatian.

3. Panel Penegas Kontras

Beberapa orang kesulitan menemukan sesuatu tanpa panduan detail dan arahan jelas. Di ranah interior, aplikasi panduan dan arahan ini berarti penempatan aneka material guna membedakan setiap area yang menjadi fitur sebuah ruangan. Kalau area masak telah memiliki ciri khas berbeda, tingkatkan kemunculannya lewat penambahan aksen pendukung. Panel kayu bercorak merah gelap akan kontras dengan permukaan serbaputih. Menjadikannya sebagai bingkai pembatas setiap area yang ada di dapur.

4. Panel Pelapis Splash

Sebelumnya panel kayu menjadi bingkai area memasak. Sebaliknya, kali ini paneling diterapkan pada permukaan dinding bidang itu sendiri. Ini akan semakin memperkuat fitur utama dapur. Apalagi kalau sebelumnya dapur hanya memakai unsur monokrom, kabinet hitam di atas dinding putih. Panel splash bermotif kayu tak cuma sebagai aksen baru, tetapi sekaligus menambah kehangatan ruangan.

5. Dapur Penuh Panel

Dapur modern penuh panel dalam berbagai corak. Setidaknya kecuali pada langit-langit yang tetap dibiarkan polos. Selebihnya, seluruh permukaan berlapis panel. Lantai granit putih, kontras dengan corak gelap batu alam ini pada countertop. Sementara kabinet-kabinet tersusun dari panel-panel persegi hitam mengilap hasil pelapisan sintetis. Tak ketinggalan splash-nya yang juga hasil susunan panel keramik bercorak abu semen. Tampak cerah dan kontras dengan area sekitarnya, lewat penerangan di sela-sela kabinet dan dinding.

6. Panel Pencahayaan

Nyaris sama seperti contoh sebelumnya, interior dapur ini juga dipenuhi panel. Pun tampak lebih 'kaya' karena menggunakan berbagai jenis material. Secara umum bergaya klasik khas rumah tuan tanah Amerika, diwakili dengan jelas oleh model kabinet-kabinet putihnya. Panel keramik memenuhi permukaan dinding, bercorak pucat tetapi hangat. Apalagi dengan panel kayu pada lantainya. Sementara beberapa bidang panel kaca jendela menjadi fitur yang pas, menghilangkan kesan pucat lewat masuknya cahaya alami dari luar.

8. Panel Padu Padan Elegan

Kitchen and Laundry Oleh March Atelier Industrial
March Atelier

Kitchen and Laundry

March Atelier

Sebaliknya, paneling yang tampak sederhana tidak berarti mudah dalam pembuatannya. Apalagi kalau perencana dapur sengaja ingin menyajikan nuansa 'penuh' sekaligus lega. Sementara di sisi lain, dia harus menerapkan beberapa material berbeda pada ruangan berdimensi kecil.

Tapi bukan profesional Homify namanya jika tak punya solusi untuk mengakali kondisi tersebut. Dapur satu ini buktinya, memperlihatkan padu padan panel kayu, beton, dan keramik yang elegan. Meski corak masing-masing tidak sama, secara keseluruhan dapur modern ini tampak lebih rapi. Jadi sah saja kalau digolongkan dalam kategori modern minimalis.

9. Panel Mewah di Dapur Megah

Panel bersih dan rapi cocok diterapkan pada segala model dapur. Ruangan kecil akan tampak lebih lega, sedang ruangan besar akan terasa makin mewah. Pada dapur island ini, paneling menjadi konsep utama.

Pintu kabinet bercorak putih bersih merupakan panel-panel laci segiempat simetris dengan ukuran bervariasi. Kemudian dibingkai oleh susunan paneling lainnya, kali ini bahan kayu bercorak gelap yang tertata horisontal. Membatasi area kabinet hingga menempel di langit-langit. Kesannya diperkuat oleh penempatan lampu sorot sehingga membuat tampilan dapur ini mewah sekaligus megah.

Menerapkan paneling di dapur adalah cara tegas untuk meningkatkan nuansa artistik ruangan. Berikut beberapa inspirasi yang bisa Anda coba.
Rumah Modern Oleh Casas inHAUS Modern

Butuh bantuan dengan projek Anda?
Hubungi kami!

Temukan inspirasi hunian