7 Cara Kreatif Memadukan Beberapa Area Berbeda di Taman Rumah | homify | homify 7 Cara Kreatif Memadukan Beberapa Area Berbeda di Taman Rumah
Error: Cannot find module './CookieBanner' at eval (webpack:///./app/assets/javascripts/webpack/react-components_lazy_^\.\/.*$_namespace_object?:3566:12) at at process._tickCallback (internal/process/next_tick.js:189:7) at Function.Module.runMain (module.js:696:11) at startup (bootstrap_node.js:204:16) at bootstrap_node.js:625:3

7 Cara Kreatif Memadukan Beberapa Area Berbeda di Taman Rumah

Ovan Zaihnudin – Homify Ovan Zaihnudin – Homify
Tukang Taman Taman Tropis Oleh Tukang Taman Surabaya - Tianggadha-art Tropis
Loading admin actions …

Kunci dari fasad rumah yang memesona terletak pada keserasian setiap elemen. Ini berlaku baik di sisi eksterior maupun interior. Sebidang taman memang bertujuan untuk mempercantik hunian, tetapi mustahil itu Anda dapatkan tanpa harmonisasi. Layaknya oasis di tengah gurun, taman rumah pun harus bersinergi dengan area lain di sekitarnya.

Apalagi jika di dalamnya masih terdapat sejumlah lahan fungsional lain, misalnya dek patio, area barbekyu, bahkan lengkap dengan dapur dan meja makan outdoor-nya. Tentunya setiap area ini harus saling terkoneksi satu sama lain. Ada beberapa cara yang bisa diterapkan guna menjaga keserasian itu. Tergantung bagaimana konsep taman di rumah Anda, berikut 7 cara kreatif untuk memadukannya.

1. Berikan Jalan Setapak

Ini adalah cara termudah untuk membuat setiap area terkoneksi. Jalan setapak dari material batu alami dapat menjadi panduan bagi siapa saja yang berada di taman. Hendak menuju kemana saja mereka, jalan ini akan menunjukkan arahnya.

Jika desain taman Anda berkonsep tropikal dengan elemen natural, maka sesuaikan pula jalan setapaknya. Anda mungkin hanya perlu memilih corak kontras guna memperjelas posisinya di taman. Jalan setapak ini akan mempermudah para tamu atau bahkan penghuni rumah sendiri, untuk memilih area bersantai di taman yang paling pas buat mereka.

2. Lengkapi dengan Tangga

Rumah Tinggal Mewah di Semarang Taman Minimalis Oleh Paulus Adi Budianto Minimalis
Paulus Adi Budianto

Rumah Tinggal Mewah di Semarang

Paulus Adi Budianto

Pada taman depan rumah yang berkonsep susun dengan kemiringan curam, tentu memerlukan jalur koneksi terstruktur. Susunan paling bawah harus bisa terhubung dengan area di puncak. Maka struktur tangga adalah satu-satunya cara agar Anda dapat memastikan akses mudah ke semua area taman.

Selanjutnya yang perlu dipikirkan hanya soal ukuran, bagaimana orang bisa melangkah naik turun tangga tanpa kendala. Jadi kuncinya adalah dimensi setiap anak tangga tersebut, utamanya lebar dan tingginya. Ini juga akan memudahkan Anda dalam mengurus perawatan tanaman di setiap jengkal area taman.

3. Bila Mungkin, Terapkan Jeda

Lahan Anda mungkin seluas itu, sehingga Anda menginginkan sejumlah area terpisah di dalam taman. Ada taman vertikal, tanaman dalam pot beton, area rumput, patio, sekaligus kolam. Agar aksesnya mudah, coba tempatkan kolam di tengah, memisahkan area rumput dan patio. Lalu hubungkan dengan panel-panel beton sebagai jalan setapak. Sementara taman vertikal dan pot beton menjadi pembatas di pinggiran.

Kolam air menjeda suasana taman Anda. Namun bukan menjadi jurang pemisah karena Anda telah meletakkan jalur pejalan di atasnya. Ini bisa menjadi alternatif solusi selain membangun jembatan mini. Terlebih jika Anda menginginkan ruang gerak bebas dan leluasa.

4. Material Seragam

Rumah Janur asri VI kelapa gading Oleh qic arsitek Minimalis
qic arsitek

Rumah Janur asri VI kelapa gading

qic arsitek

Cara kreatif dan termudah berikutnya untuk menghubungkan area lain dari taman adalah dengan menggunakan material seragam. Anda bisa mencontek aplikasinya seperti pada gambar taman indoor satu ini. Pembatasnya merupakan material yang sama dengan anak tangga. Tampilan beserta ukurannya pun disesuaikan agar kesan bersih rapi tetap terjaga.

Meski taman di atas berada di dalam ruangan, aplikasi yang sama bisa Anda terapkan di halaman rumah. Gunakan unsur sama pada setiap bagian taman, misalnya pot beton, jalan setapak, dan lantai eksterior atau patio. Atau mungkin Anda lebih menyukai keramik, paving, panel kayu? Silakan pilih saja sesuai selera dan konsep hunian Anda. Penyeragaman ini efektif untuk memangkas waktu saat mencari-cari ide terbaik untuk taman Anda.

5. Terapkan Levelling

Meski kemiringannya tak signifikan, kontur tanah landai tetap saja perlu disiasati. Levelling dapat menjadi cara paling logis untuk mengoneksikan setiap area yang berada pada lahan tersebut. Pembatas lahan rumput sekaligus menjadi level pertama, kemudian dilanjutkan lantai keramik eksterior sebagai level berikutnya. Di sini Anda bisa menempatkan pula pot-pot tanaman berukuran besar jika menghendaki.

Sementara di dalam taman, panel keramik eksterior masih bisa Anda terapkan sebagai jalur pejalan. Lagi-lagi untuk memudahkan Anda dalam menjangkau setiap jengkal taman saat melakukan perawatan. Jika area taman dikelilingi koridor penghubung ruangan, maka berikan sentuhan levelling berbeda. Bangunlah sedikit anak tangga guna memudahkan perjalanan, terutama bagi mereka yang memiliki kemampuan fisik terbatas.


7. Pisahkan Samasekali

Area Luar bangunan Taman Minimalis Oleh Total Renov Studio Minimalis
Total Renov Studio

Area Luar bangunan

Total Renov Studio

Bahkan mungkin cara paling ringkas adalah dengan membedakan samasekali setiap area taman dan sekitarnya. Biarkan taman berdiri sendiri tanpa gangguan, tanpa memerlukan ketertautan apapun dengan bagian-bagian lain di area outdoor. Anda akan memperoleh tampilan kontras dan minimalis.

Tapi tentu saja Anda harus memastikan tersedia jalur akses untuk masuk ke dalam ruangan. Baik hanya berupa pintu, jendela, maupun anak tangga. Bangun seperlunya dan tempelkan semuanya pada bangunan utama, terpisah samasekali dengan area taman. Selain itu, usahakan juga untuk selalu menjaga kebersihan dan kerapian area ini. Maka nuansa kontras yang artistik akan muncul dengan sendirinya.

6. Padu Padan Material

Residential_Landed_Semi-Detached House Taman Tropis Oleh daksaja architects and planners Tropis
daksaja architects and planners

Residential_Landed_Semi-Detached House

daksaja architects and planners

Taman di samping bangunan utama. Di mana terdapat ruangan yang langsung menghadapnya. Ruangan itu sebaiknya juga dapat terhubung langsung dengan taman. Maka di sini Anda perlu memasang pintu kaca berukuran lebar. Kemudian pastikan penghuni ruangan bisa langsung melangkah menuju taman melalui jalan setapak yang tersedia.

Untuk jalur aksesnya, padukan levelling dan aplikasi material berbeda. Levelling disamakan dengan corak bangunan utama. Sedangkan jalan setapak disesuaikan dengan nuansa taman. Anda pun bisa membuat jalan setapak ini lebih unik, lewat pengaturan zig zag antara paving berlubang dengan panel yang menutup rapat. Ingat! Paving berlubang pasti akan ditumbuhi rumput sepanjang waktu. Jadi pastikan Anda mengurusnya secara berkala.

Setiap area dalam taman harus serasi satu sama lain, juga dengan area lain di sekitarnya. Berikut 7 cara kreatif untuk membuatnya harmonis.
Rumah Modern Oleh Casas inHAUS Modern

Butuh bantuan dengan projek Anda?
Hubungi kami!

Temukan inspirasi hunian