15 Dapur Kecil Terbuka, Sederhana tetapi Memesona | homify 15 Dapur Kecil Terbuka, Sederhana tetapi Memesona
Error: Cannot find module './CookieBanner' at eval (webpack:///./app/assets/javascripts/webpack/react-components_lazy_^\.\/.*$_namespace_object?:3648:12) at at process._tickCallback (internal/process/next_tick.js:189:7) at Function.Module.runMain (module.js:696:11) at startup (bootstrap_node.js:204:16) at bootstrap_node.js:625:3

15 Dapur Kecil Terbuka, Sederhana tetapi Memesona

Ovan Zaihnudin – Homify Ovan Zaihnudin – Homify
Dapur Minimalis Oleh José Tiago Rosa Minimalis
Loading admin actions …

Tidak perlu menunggu punya properti ukuran besar untuk bisa hidup nyaman. Hunian mungil pun dapat menyajikan kenyamanan sesuai keinginan. Cukup dengan sedikit sentuhan, kehangatan yang sama seperti rumah besar dapat dimunculkan.

Dimulai dari dapur sebagai jantung pemompa semangat seisi rumah. Anda boleh menyimak uraian berikut. Tentang dapur kecil berkonsep terbuka, sederhana tetapi memesona. Lalu silakan pertimbangkan untuk menerapkannya di rumah.

Pencahayaan Maksimal

Dapur mungil terbuka dengan pencahayaan maksimal. Meski layout-nya cukup penuh, tetapi masih tampak lega karena permainan warna konvensional plus kehadiran penerangan alami dan buatan. Nyaris tak ada blind-spot, penghuni dapat mengakses setiap area dengan mudah.

Kombinasi Pintar

Dapur satu ini tampak sederhana, padahal sebenarnya tidak. Perencana dapur cukup pintar mengaplikasikan bermacam-macam elemen tanpa membuatnya terkesan ribet. Ada unsur batuan alam, kayu, beton, bahkan logam. Hanya saja masing-masing elemen tersebut memiliki ukuran lebar, juga polos agar ruangan tak tampak penuh.

Kabinet Tersembunyi

Membayangkan lemari yang pada umumnya berisi aneka jenis pakaian. Namun kali ini, ketika membuka pintunya, Anda mendapatkan bagian-bagian lengkap dari sebuah dapur. Mulai dari kompor, wastafel cuci, sampai kabinet-kabinet penyimpanan. Lantainya memiliki aksen berbeda dari area lain di ruangan yang sama. Ini satu-satunya petunjuk yang akan membuat orang bertanya-tanya. Apa rahasia di balik pintu 'lemari' tebal yang juga menjadi sekat ruangan ini?

Furnitur Dwifungsi

Dapur Simple Elegan Dapur Modern Oleh Simply Arch. Modern
Simply Arch.

Dapur Simple Elegan

Simply Arch.

Solusi cerdas untuk mengatasi keterbatasan ruangan. Dapur simpel sekaligus elegan, memakai elemen dasar bangunan, Panel-panel polos membuatnya seragam dengan dinding. Kabinet dan rak motif kayu memberikan sentuhan manis. Sedang elemen batuan muncul pada splash, mengesankan bahwa area ini punya fungsi berbeda, tetapi masih dalam satu kesatuan ruangan.

Bersih dan Rapi

Oleh homify

Salah satu cara menyiasati ruangan mungil adalah dengan memastikannya selalu bersih dan rapi. Dapur ini mengakomodirnya lewat penempatan kabinet yang memenuhi dua sisi dinding bagian atas, melekat hingga ke langit-langit. Ada banyak tempat penyimpanan, masing-masing dengan ukuran berbeda guna penataan maksimal. Coraknya dibuat seramah mungkin demi menghilangkan kesan sumpek.

Perencanaan Matang

Dapur mungil tersandar di dinding. Hanya membutuhkan space berdimensi kecil, nyaris sama lebarnya dengan bangku di area bersantai. Tanpa kabinet, hanya rak-rak kayu seperti tempat penyimpanan buku di area sebelahnya. Kiranya hanya satu yang membuatnya lebih menonjol, yaitu permukaan splash yang bercorak atraktif. Menjadikan area dapur tampak hidup dan berbeda.

Kelam yang Menawan

Menerapkan corak kelam tak selamanya menimbulkan kesan suram. Jika pencahayaannya pas, malah bisa menampilkan kesan elegan. Contohnya pada dapur ini, ukurannya benar-benar mungil. Kabinet-kabinetnya dibubuhi warna abu gelap plus perabot hitam legam. Dan terdapat area khusus bermotif kayu yang jauh lebih terang demi mencerahkan suasana.

Energi Positif

Desain dapur berikut menggunakan panel-panel berukuran lebar untuk memberikan kesan rapi. Keramik dinding, tabletop, sampai kabinetnya menyatu dengan baik. Agar tak terlalu monoton, hanya pintu kabinet bagian bawah yang diberi aksen berbeda. Pilihan warnanya oranye, sengaja agar penghuninya makin bersemangat melakukan aktivitas di dalamnya.

Dapur Praktis

Memaksimalkan dimensi ruangan. Dapur satu ini menyediakan kelengkapan fitur utama di jantung rumah. Penghuninya dapat melakukan berbagai aktivitas, mulai dari memasak tentunya, mencuci perkakas, sampai bersantap ria. Rasanya begitu bersemangat dengan sentuhan nyala merah pada aksen monokrom dan layout U-shape-nya yang simetris.

Semuanya Mungkin

Memiliki hunian di puncak bangunan, berarti ketinggian ruangan begitu terbatas. Oleh karena itu dapur pun harus ringkas agar tak menimbulkan rasa pengap. Mustahil menempatkan kabinet melekat pada atap. Jadi siasatnya adalah dengan memaksimalkan area di bawah. Pilihan warna-warna cerah juga solutif untuk melegakan suasana. Perabot sederhana seperti meja kursi berkaki logam silang akan memberikan lebih banyak area kosong. Sehingga ruangan sempit tidak terkesan padat.

Perabot Dekoratif

Peponi House Dapur Tropis Oleh STUDIO [D] TALE Tropis
STUDIO [D] TALE

Peponi House

STUDIO [D] TALE

Stop menempatkan dekorasi berlebihan di dapur mungil. Karena itu malah akan membuatnya terlalu padat, sehingga mengganggu ketenangan. Sebagai gantinya, pilihlah jenis perkakas dapur yang bisa menjadi elemen dekoratif. Alat makan klasik, perabot warna-warni, atau berbagai produk makanan kemasan. Lalu gunakan selera artistik untuk menatanya sedemikian rupa hingga menghasilkan dapur cantik seperti yang satu ini.

Modern Eksotis

Minimalis, modern, dan eksotis. Sebuah pulau kayu menyembul di antara putihnya dasar ruangan. Coraknya ramah serta mampu menyajikan beberapa fungsi sekaligus. Countertop bisa dijadikan area mengolah bahan makanan sekaligus meja makan jika setelah sajian telah matang. Bahkan berfungsi sebagai penegas batas antara dua ruangan berbeda.

Minimalis Monokrom

Skandinavisch Einrichten in einem alten Holzhaus in Tallinn Dapur Gaya Skandinavia Oleh Baltic Design Shop Skandinavia
Baltic Design Shop

Skandinavisch Einrichten in einem alten Holzhaus in Tallinn

Baltic Design Shop

Bergaya modern dengan pernak pernik minimalis. Perabot masak di dapur ini dipasang sebagai bagian tak terpisahkan dari kabinet. Oven, lemari penyimpanan, berikut saluran buang memiliki permukaan bercorak logam yang seragam. Sementara countertop dan lemari es pembatas area dibuat sama putihnya dengan dinding sebagai landasan. Membuat dapur modern minimalis yang bersih, mengilap, sekaligus bercahaya.

Desain Elegan

Tampak dari atas, dapur model island berdesain elegan. Tampilan bersih sekaligus rapi, lagi-lagi menjadi faktor utama, bagaimana sebuah area sempit masih dapat ditingkatkan fungsinya. Kombinasi motif kayu cerah di atas warna dasar putih mampu menunjukkan selera tinggi si pemilik rumah. Kabinet dibuat seminimal mungkin, tetapi berfungsi maksimal agar perkakas tak berserakan di sana sini.

Solusi Unik

Solusi unik menghadapi koridor sempit di sudut rumah. Alih-alih menerapkan layout konvensional, seperti L, U-shape atau satu bidang dinding, desainer interior malah menggunakan model V. Artinya meja dapur berbentuk segitiga mengisi area diagonal ruangan. Soal tampilan, warna-warna dasar, seperti putih, plus kontras granit pada countertop sudah cukup membuatnya artistik. Apalagi dengan pilihan perkakas bergaya klasik dan unsur penghijauan. Semakin meningkatkan kecantikan dan keunikan dapur satu ini.

Ada lagi yang lebih menarik?
Rumah Modern Oleh Casas inHAUS Modern

Butuh bantuan dengan projek Anda?
Hubungi kami!

Temukan inspirasi hunian