9 Ide Praktis Agar Rumah Anda Penuh Gaya | homify 9 Ide Praktis Agar Rumah Anda Penuh Gaya
Error: Cannot find module './CookieBanner' at eval (webpack:///./app/assets/javascripts/webpack/react-components_lazy_^\.\/.*$_namespace_object?:3648:12) at at process._tickCallback (internal/process/next_tick.js:189:7) at Function.Module.runMain (module.js:696:11) at startup (bootstrap_node.js:204:16) at bootstrap_node.js:625:3

9 Ide Praktis Agar Rumah Anda Penuh Gaya

Ovan Zaihnudin – Homify Ovan Zaihnudin – Homify
Attractive Corner Ruang Studi/Kantor Gaya Eklektik Oleh AIGI Architect + Associates Eklektik
Loading admin actions …

Zaman sekarang, siapa yang tak ingin tampil gaya? Fashion sudah menjadi bagian dari identitas seseorang, dan itu bukan cuma sebatas dalam hal mode berpakaian. Hunian pun membutuhkan sentuhan ekspresif agar memberi kesan atraktif bagi siapa saja, utamanya buat penghuninya.

Tapi Anda tak perlu menghabiskan banyak waktu dan biaya untuk melakukan perubahan. Cukup dengan satu dua sentuhan efektif, dan hunian Anda akan semakin tampak penuh gaya. Simak uraian berikut untuk tahu bagaimana caranya.

1. Pastikan Selalu Bersih dan Rapi

Living Ruang Keluarga Minimalis Oleh pram.studio Minimalis Kayu Wood effect

Ketika ruangan mulai terasa sumpek, ada kalanya terjadi karena terlalu banyak barang-barang. Maka pikirkan bagaimana ruangan itu bisa tampak lebih bersih dan rapi. Singkirkan berbagai benda yang sudah jarang dipakai. Sediakan area kosong dengan luas tertentu sebagai tempat bernapas.

Agar tidak monoton, alokasikan tenaga untuk menata dekorasi simpel di sebuah rak. Anda bisa menyusun benda-benda koleksi secara teratur dan cermat. Meski mungkin akan mengesankan Anda seorang obsesif kompulsif, tidak masalah karena cuma sebatas soal dekorasi ruangan.

2. Tentukan Bagian Paling Menonjol

Family Time Ruang Keluarga Gaya Asia Oleh E&U Asia
E&U

Family Time

E&U
E&U
E&U

Tentukan satu area khusus, di mana Anda akan melakukan eksplorasi penuh. Lalu mulailah segala perubahan yang diinginkan dari situ, dan jadikan titik tersebut sebagai pusat perhatian. Baik dalam hal tampilan maupun sebagai area beraktivitas.

Anda kemudian dapat menempatkan apa saja sesuai kebutuhan dan selera. Misalnya set matras ala Jepang berikut mejanya, tepat di tengah-tengah ruang makan. Sementara area lainnya bisa Anda biarkan tetap bersih. Menonjolkan salah satu bagian dari ruangan dapat meningkatkan suasana rumah.

3. Terapkan Corak-corak Berani

Studio Apartment - Park View Condominium Depok Ruang Keluarga Modern Oleh RANAH Modern
RANAH

Studio Apartment – Park View Condominium Depok

RANAH

Bosan dengan view ruangan Anda saat ini? Bisa jadi karena memang ruangan tersebut tampak monoton. Lakukan sedikit perubahan yang signifikan, misalnya dengan mengganti tema warna ruangan.

Bisa terkait warna dinding atau motif ubin. Kalau tadinya membosankan karena coraknya terlalu monoton, tentukan corak baru agar ruangan kembali bergairah. Padukan tema-tema warna gelap terang yang kontras. Lalu munculkan corak baru pada item-item berukuran kecil untuk menjaga nuansa tenang.

4. Pencahayaan itu Wajib!

Double Height Ceiling Ruang Keluarga Minimalis Oleh studiopapa Minimalis
studiopapa

Double Height Ceiling

studiopapa

Unsur pencahayaan itu wajib diingat betul. Karena kerja keras Anda menata hunian akan sia-sia belaka tanpa penerangan yang baik. Perhatikan dimensi ruangan, corak warna, serta tata letak furnitur sebelum menentukan pencahayaan paling tepat.

Rumah dengan langit-langit tinggi cocok jika dipasangi lampu gantung. Konsep ruangan minimalis yang bersih akan pas menerapkan lampu berdesain modern kontemporer. Selain memberi penerangan, juga berfungsi sebagai dekorasi.

5. Pilihlah Aneka Fitur Unik

Pilihlah furnitur dengan bentuk unik. Kalau ragu dengan kemampuan Anda mengombinasikan satu item dengan yang lain, sebaiknya temukan set perabot lengkap. Pastikan bentuknya unik, setidaknya Anda belum pernah melihat di mana pun sebelumnya. Dan pastikan juga item tersebut dapat berfungsi maksimal ketika ditempatkan di salah satu ruangan.

6. Alokasikan Area Khusus Dekorasi

Beverly Honeycomb Tipe Studio Apartment Kamar Tidur Gaya Eklektik Oleh POWL Studio Eklektik
POWL Studio

Beverly Honeycomb Tipe Studio Apartment

POWL Studio

Jangan biarkan ada dekorasi di sana-sini. Kecuali rumah Anda galeri seni, itu akan membuat suasana tampak kacau. Cara lain, alokasikan area tertentu untuk menempatkan karya seni agar dapat ditampilkan secara utuh.

Susunan panel geometris yang fungsional mampu menghidupkan suasana. Anda pun bisa bermain dengan bentuk-bentuk tidak umum selain persegi dan segitiga, seperti heksagonal, diamond, bahkan mandala.

7. Maksimalkan Aplikasi Material

jasa bersih kaca jendela Pintu & Jendela Gaya Skandinavia Oleh SapuBersih.id Skandinavia
SapuBersih.id

jasa bersih kaca jendela

SapuBersih.id

Jendela rumah umumnya cuma ada sepasang di eksterior depan. Tapi kalau mau, Anda juga memasang beberapa pasang jendela sebagai pengganti dinding, yang akan sekaligus mengubah penampakan hunian jika dilihat dari luar. Kaca dan cermin memberikan efek luas karena menyamarkan sekat.

Selain itu, material ini juga ramah terhadap cahaya alami. Sehingga memungkinkan ruangan Anda selalu dalam keadaan cerah. Ketika tirai jendela terbuka, rumah Anda akan mengundang penasaran.

8. Tempatkan Tanaman Indoor

Oleh homify

Masukkan unsur hijau di dalam rumah, bukan cuma di halaman. Ini akan secara otomatis memberi kesegaran di ruangan. Apalagi kalau Anda berkenan meluangkan waktu rutin untuk merawatnya.

Jenis tanaman indoor yang biasa dipakai umumnya bunga-bungaan, atau tumbuhan yang memiliki rupa unik. Jika ingin memilih tanaman bunga, pertimbangkan bentuk, corak, serta aromanya. Rasanya akan jauh lebih menenangkan ketika Anda dapat melihat kecantikan bunga sekaligus menghirup wanginya.

9. Kombinasikan Dua Konsep Berbeda

Cara yang terakhir ini perlu diterapkan sejak tahap merencanakan hunian. Masih tergolong praktis, karena cukup mudah dilakukan. Yakni dengan memilih dua konsep desain utama, lalu mengombinasikannya sedemikian rupa demi memperoleh tampilan yang diinginkan.

Contohnya pada gambar dapur di atas, yang memadukan gaya modern dan klasik. Masing-masing dimaksimalkan melalui pilihan perabot dan perkakas, sehingga tampak begitu penuh tanpa terkesan berlebihan. Keduanya berhasil terwakilkan dengan baik.

Mungkin Anda punya tips lain untuk bikin rumah penuh gaya?
Rumah Modern Oleh Casas inHAUS Modern

Butuh bantuan dengan projek Anda?
Hubungi kami!

Temukan inspirasi hunian