11 Desain Tempat Penyimpanan Cerdas agar Rumah Rapi dan Teratur | homify Desain Tempat Penyimpanan Cerdas agar Hidup Lebih Berkualitas
Error: Cannot find module './CookieBanner' at eval (webpack:///./app/assets/javascripts/webpack/react-components_lazy_^\.\/.*$_namespace_object?:3644:12) at at process._tickCallback (internal/process/next_tick.js:189:7) at Function.Module.runMain (module.js:696:11) at startup (bootstrap_node.js:204:16) at bootstrap_node.js:625:3

11 Desain Tempat Penyimpanan Cerdas agar Rumah Rapi dan Teratur

Ovan Zaihnudin – Homify Ovan Zaihnudin – Homify
Koridor & Tangga Modern Oleh Andréa Carvalho Arquitetos Associados Modern
Loading admin actions …

Terobsesi memiliki banyak barang di rumah? Ingat! Anda memiliki konsekuensi besar dalam menjaga kerapiannya. Jika jumlah koleksi pakaian atau benda apapun telah melebihi batas, sebaiknya Anda memikirkan kembali tentang penataannya. Sehingga tidak menjadikan rumah berantakan, tampak kacau, apalagi membuat penat seketika saat Anda memasukinya.

Maka ruang penyimpanan begitu penting dalam kondisi semacam ini. Keberadaan item tersebut sebaiknya sudah dipikirkan sejak awal, bahkan sebelum Anda memutuskan untuk menimbun banyak barang. Itupun tak perlu muluk-muluk, tak harus mengalokasikan area khusus yang akan membuat Anda mengorbankan salah satu ruangan. Desain tempat penyimpanan cerdas berikut bisa menjadi gambaran, bagaimana item tersebut dapat diaplikasikan dalam berbagai kondisi hunian.

1. Rak Koleksi di Ruang Tamu

Living Ruang Keluarga Minimalis Oleh pram.studio Minimalis Kayu Wood effect

Desain pertama ini begitu sederhana, memanfaatkan dinding yang dibuat tebal lalu diberi rongga-rongga simetris sebagai tempat penyimpanan. Akan lebih bijak jika Anda hanya men-display benda-benda dekoratif unik di rak tersebut, tidak sembarang menaruh barang.

2. Rak di Bawah Tangga

Tata Letak Ruang Keluarga Ruang Keluarga Gaya Rustic Oleh CASA.ID ARCHITECTS Rustic
CASA.ID ARCHITECTS

Tata Letak Ruang Keluarga

CASA.ID ARCHITECTS

Area bawah tangga harusnya bisa dimanfaatkan untuk menyimpan barang-barang tersier. Cukup menutupinya dengan bilah-bilah panel berukuran sesuai, Anda sudah memiliki sebuah gudang mini dan praktis. Dalam aplikasi yang lebih artistik, panel penutup tersebut dapat dijadikan rak untuk meletakkan berbagai item dekorasi.

3. Ruang Baca Cerdas

YN House, Interior Design Kamar Tidur Modern Oleh dk.std.id Modern Kayu Lapis
dk.std.id

YN House, Interior Design

dk.std.id

Dek bertingkat memiliki rongga di bawah. Akan lebih baik jika ceruk kosong tersebut juga dimanfaatkan sebagai ruang penyimpanan. Apalagi jika Anda jumlah koleksi Anda sudah berlebihan. Desain tempat penyimpanan satu ini menerapkan metode tersebut. Selain juga aplikasi rak-rak multifungsi yang diletakkan menempel dinding.

4. Lemari Terbuka

Kamar Tidur Kamar Tidur Minimalis Oleh FIANO INTERIOR Minimalis
FIANO INTERIOR

Kamar Tidur

FIANO INTERIOR

Area wardrobe tak cuma bisa diterapkan pada hunian berukuran besar. Penghuni apartemen studio mungil pun bisa memilikinya. Cukup dengan mengalokasikan salah satu sisi dinding kamar dan mengubahnya menjadi lemari. Desainnya penuh, memiliki gantungan baju, rak terbuka dan laci-laci di tingkat terbawah. Instalasi lampu aksen juga akan membuatnya lebih menarik perhatian.

5. Rongga Kosong di Bawah Bangku

Penyimpanan barang Kamar Tidur Modern Oleh POWL Studio Modern
POWL Studio

Penyimpanan barang

POWL Studio
Seperti halnya area bawah tangga atau dek, rongga kosong di bawah bangku pun bisa menjadi solusi ruang penyimpanan praktis. Anda dapat meletakkan majalah, buku-buku, atau benda-benda lain sepantasnya, asalkan sesuai dengan lokasi bangku tersebut dipasang. Karena inti dari sesuatu yang rapi dan teratur adalah seberapa efektif Anda mengaplikasikannya.

6. Lemari Wardrobe Dekoratif

Rak display koleksi item-item fashion, Anda dapat memilih outfit sejak pertama kali memikirkannya. Tanpa perlu membuka pintu lemari, karena kabinet sengaja dibuat berpintu kaca. Mempersingkat waktu, sekaligus memberikan nuansa berbeda pada ruangan karena warna-warna cantik pakaian Anda sudah cukup mendekorasi.

7. Kabinet Pembatas Dinding

Pondok Indah Residence Ruang Studi/Kantor Gaya Industrial Oleh FIANO INTERIOR Industrial
FIANO INTERIOR

Pondok Indah Residence

FIANO INTERIOR

Alih-alih mencari buffet atau perabot penyimpanan khusus di ruang kerja, dinding pembatas bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan ruang penyimpanan berkas-berkas penting yang Anda butuhkan. Desain satu ini bahkan menggunakan pintu geser demi memaksimalkan ruang gerak.

8. Kabinet Penuh Kejutan

Tempat penyimpanan berupa kabinet polos berukuran besar. Awalnya tampak simpel saja, tetapi panel itu nyatanya adalah pintu-pintu yang menyembunyikan area rahasia, yaitu dapur dengan segala kelengkapannya. Di dalamnya tersedia kitchen set kabinet untuk perkakas favorit ibu rumah tangga.

9. Kabinet Dapur Modern

Kabinet dapur modern yang dekoratif. Tampilannya sleek, dengan aksen glossy membuatnya tampak modern. Desain panel pintu simetris memberikan kesan rapi. Tersedia banyak kompartemen untuk menyimpan berbagai perkakas dapur. Di mana tempat bumbu dibedakan dengan membuatnya tidak berpintu agar mudah diakses.

10. Kabinet Berpintu Kaca

Bathroom IP Ruang Ganti Modern Oleh ARF interior Modern
ARF interior

Bathroom IP

ARF interior

Beranjak ke kamar mandi, Anda juga akan membutuhkan tempat khusus untuk meletakkan berbagai macam benda. Misalnya handuk kering, aromaterapi, sabun dan item-item pembersih sejenisnya. Guna meningkatkan fungsinya, pintu kabinet sengaja dilapisi cermin yang pasti akan Anda butuhkan.

11. Kompartemen Mini Fungsional

Tidak melihat ada tempat penyimpanan? Perhatikan blok kayu yang menopang wastafel, di situlah ia berada. Sebuah kompartemen mungil yang terlindung oleh panel kayu, cukup untuk menyimpan berbagai keperluan bersih diri.
Apakah suka sesuatu yang rapi dan teratur?
Rumah Modern Oleh Casas inHAUS Modern

Butuh bantuan dengan projek Anda?
Hubungi kami!

Temukan inspirasi hunian