10 Ide Cemerlang Membuat Rumah Anda Menyatu dengan Alam | homify 10 Ide Cemerlang Membuat Rumah Anda Menyatu dengan Alam
Error: Cannot find module './CookieBanner' at eval (webpack:///./app/assets/javascripts/webpack/react-components_lazy_^\.\/.*$_namespace_object?:3644:12) at at process._tickCallback (internal/process/next_tick.js:189:7) at Function.Module.runMain (module.js:696:11) at startup (bootstrap_node.js:204:16) at bootstrap_node.js:625:3

10 Ide Cemerlang Membuat Rumah Anda Menyatu dengan Alam

Mamora Basaria Mamora Basaria
Battersea Basement & Full Refurbishment Taman Gaya Mediteran Oleh Gullaksen Architects Mediteran
Loading admin actions …

Terbatasnya area untuk membuat taman, bukan berarti Anda tidak bisa membuat ruang hijau pada hunian Anda. Berikut ini adalah beberapa ide menarik untuk membuat rumah menjadi lebih asri, dengan nuansa hijau yang menyegarkan.

1. Banyak cahaya alami

Residential_Landed_Semi-Detached House Taman Tropis Oleh daksaja architects and planners Tropis
daksaja architects and planners

Residential_Landed_Semi-Detached House

daksaja architects and planners

Lokasi rumah yang berada di belakang Gunung Salak ini memiliki udara yang sejuk dan segar. Perhatian utama rumah ini adalah menghadirkan lebih banyak cahaya alami ke dalam ruang. Dengan memadukan elemen luar ruangan, taman mungil pun dihadirkan di tengah-tengah rumah, sehingga menciptakan halaman semi serambi yang asri.

2. Menghias dinding dengan tanaman

Residential_Landed_Semi-Detached House Taman Modern Oleh daksaja architects and planners Modern
daksaja architects and planners

Residential_Landed_Semi-Detached House

daksaja architects and planners

Ingin menghadirkan suasana hijau, namun tidak menghabiskan lahan? Jawabannya tanaman pada dinding. Anda bisa membuat kreasi taman dinding, dengan beraneka ragam jenis tanaman. Bisa dengan pot lalu memasang lampu-lampu kecil di sekitarnya, agar terlihat cantik dan menarik.

3. Tanaman merambat jadi solusi praktis

Rumah Janur asri VI kelapa gading Rumah Minimalis Oleh qic arsitek Minimalis
qic arsitek

Rumah Janur asri VI kelapa gading

qic arsitek

Tanaman merambat menjadi salah satu solusi untuk menghadirkan suasana hijau pada rumah. Anda bisa menghiasnya pada pergola, balkon, dinding, sesuai dengan keinginan Anda. Tanaman merambat cukup beragam jenisnya loh, mulai dari tanaman merambat Morning Glory, Vernonia elliptica, bunga Alamanda, hingga tanaman sirih.

Seperti apa sih inspirasi balkon lainnya? Cek di sini yuk!


4. Tanaman hias pada kamar mandi

Tanaman hias di dalam kamar mandi tentu akan membuat tampilan ruangan tampak lebih cantik, segar dan nyaman. Apa saja ya tanaman yang cocok dihadirkan di ruangan satu ini? Banyak loh ternyata, mulai dari Anggrek,  Kaktus Bunga, Peace Lily, Begonia, hingga Aster dan Ganbera.

5. Tanaman dalam rumah

Cara lain untuk terhubung kembali dengan alam, Anda bisa menambahkan tanaman dalam ruangan. Tempatkan dalam pot besar dan kecil di sudut yang Anda suka dan rak, tak hanya membuat segar namun memberikan tampilan yang lebih hijau. Psst, menanam kaktus kecil dalam terarium mini, cocok untuk ruangan kecil loh.

6. Memaksimalkan ruang

Manfaatkan ruang kosong di rumah Anda dengan membuat sudut hijau seperti hunian satu ini. Tak hanya membuat udara dan sinar masuk ke dalam ruangan, Anda juga bisa menghiasnya dengan berbagai tanaman. Menarik bukan?

7. Mempercantik tampilan balkon

Bayangkan sore-sore duduk santai, sambil menyeruput kopi dan ditemani pemandangan hijau di rumah sendiri. Menyenangkan sekali ya. Nah, Anda bisa memanfaatkan space pada area balkon dan menyulapnya menjadi taman mungil nan cantik. Selain memilih tanaman merambat, Anda juga bisa menggantungkan pot-pot tanaman hias di langit-langit.

Simak juga inspirasi, 6 Proyek Renovasi Balkon dengan Area Bersantai Sempurna.

8. Tanaman gantung

Melati, Gardenia, hingga Stephanotis adalah pilihan yang indah untuk memberi elemen segar pada ruangan. Anda bisa menghiasnya seperti contih berikut ini, atau letakkan di sudut yang Anda suka. Dan jangan lupa, tanaman ini harus mendapatkan kelembapan yang cukup, dan di di hari-hari yang sangat panas, daun harus disemprot dengan air.

9. Manfaatkan sisa space di samping rumah

Q-House Bandung Oleh CV Berkat Estetika Tropis Kayu Wood effect
CV Berkat Estetika

Q-House Bandung

CV Berkat Estetika

Mengatasi lahan yang terbatas, kita harus pintar-pintar memanfaatkan sisa space. Coba Anda lihat apakah ada sisa kosong di samping rumah atau samping kamar tidur? Nah, area kosong ini bisa kita manfaatkan membuat ruang hijau, yang bisa memperindah tampilan kamar dan memanjakan mata Anda. Tak perlu khawatir, meskipun mungil namun taman ini bisa menambah kesegaran hunia Anda, loh.

Untuk referensi Anda, intip Interior Desainer dan Dekorator terbaik kami.

10. DIY (Do It Yourself)

Berbagai barang yang sudah tidak terpakai dan juga kreatifitas Anda, bisa menghasilkan barang lucu untuk menghias rumah loh. Ide menarik satu ini hanya menggunakan botol dan box kayu yang sudah tidak terpakai, yang dirakit kembali menjadi tempat tanaman yang unik!

Jadi, bagian rumah mana yang ingin Anda hiasi dengan tanaman?
Rumah Modern Oleh Casas inHAUS Modern

Butuh bantuan dengan projek Anda?
Hubungi kami!

Temukan inspirasi hunian