11 Ide Memaksimalkan Teras Depan Mungil Agar Tampil Menawan

Ovan Zaihnudin – Homify Ovan Zaihnudin – Homify
kbp house e.Re studio architects Rumah Modern
Loading admin actions …

Lahan yang sempit pada sebuah teras bukan masalah besar bagi ide kreatif Anda. Dengan sedikit trik, area ini dapat dimaksimalkan sedemikian rupa untuk memunculkan kesan luas, sehingga siapa saja akan merasa lega ketika berada di sana. Lagipula selain menjadi 'wajah' hunian, teras hanya memiliki fungsi minimal, yakni sebagai area penyambutan tamu. Selanjutnya pemilik rumah tinggal mempersilakan para tamu masuk ke ruangan bercengkerama yang lebih privat. Berikut beberapa trik untuk meningkatkan pesona teras mungil Anda.

1. Desain Simetris

Rumah Tinggal Mewah di Semarang Paulus Adi Budianto Pintu
Paulus Adi Budianto

Rumah Tinggal Mewah di Semarang

Paulus Adi Budianto

Sesuatu yang simetris dapat menyembunyikan kesan sempit. Secara instan teras mungil Anda akan tampak lebih rapi dengan struktur-struktur kembar. Sepasang daun pintu, pilar, sampai pot tanaman, dan aksen-aksen penerangan. Berikan juga chandelier tepat di pusat langit-langit sebagai penerangan utama sekaligus penyeimbang pintu yang berada di tengah.

2. Manfaatkan Setiap Ruang yang Ada

Meski areanya terbatas, itu bukan halangan untuk mengaplikasikan tempat duduk di teras. Namun selalu pastikan dimensi strukturnya tidak menghalangi mobilitas. Misalnya sebidang blok beton rendah yang lebarnya sama dengan teras. Ditempatkan tepat di seberang pintu, dengan jarak rasional yang tidak terlalu membebani ruang gerak. Agar lebih cantik, sesuaikan tampilan permukaan atasnya dengan dinding teras atau fasad eksterior depan rumah.

3. Pilihlah Perabot Berukuran Rasional

Selain langkah di atas, masih ada peluang untuk menempatkan furnitur khusus teras. Lagi-lagi Anda wajib memilih perabot berukuran rasional, sesuai dengan luas teras. Usahakan tidak terlalu tinggi, atau memiliki struktur desain tebal dan kompleks. Lalu tempatkan di area yang tidak menghalangi jalur masuk demi menjaga kenyamanan hilir mudik.

4. Trik Visual Menyamarkan Kesempitan

pintu baja platinum maother & son PT. Golden Prima Sentosa Pintu Besi/Baja Brown
PT. Golden Prima Sentosa

pintu baja platinum maother & son

PT. Golden Prima Sentosa

Warna, salah satu elemen penting dalam dunia desain. Selain mempercantik fasad, kombinasi warna dapat menyamarkan kesempitan teras mungil Anda. Umumnya orang akan memakai warna-warna cerah untuk menampilkan kesan lega. Tapi itu bukan harga mati, karena warna cerah masih dapat dipadukan dengan corak-corak tegas untuk menghasilkan tampilan menawan. Aplikasikan warna berbeda pada pintu, dinding eksterior, hingga lantai guna 'menipu' pandangan.

5. Percantik dengan Tanaman Hijau

Penghijauan umumnya akan memunculkan kesan ramah. Biasanya pot-pot tanaman diletakkan di sudut teras mungil guna menyamarkan batasan-batasan yang menegaskan dimensi sempit area tersebut. Cara itu merupakan trik praktis. Tapi dalam kondisi yang benar-benar mustahil, Anda bisa mempertimbangkan vegetasi yang bisa tumbuh menjuntai dengan digantung, misalnya spesien dischidia dalam berbagai jenisnya.

6. Buatlah Sepraktis Mungkin

Bahkan Anda mungkin tidak perlu memikirkan banyak hal. Cukup tentukan satu-satunya fungsi teras sebagai area menyambut tamu, dan konsistenlah dengan keputusan itu. Selanjutnya Anda bebas menentukan posisi pintu depan paling tepat, tanpa perlu memusingkan perabot atau dekorasi teras. Serahkan saja semuanya kepada desainer hunian profesional.

7. Hubungkan dengan Area Terbuka Lain

Salah satu cara efektif memaksimalkan fungsi teras mungil. Anda tak perlu membangun jalur berbeda untuk menuju area-area selain ruang tamu, seperti balkon samping atau halaman belakang. Nantinya akan ada satu jalur dengan persimpangan menuju ruangan berbeda. Pastikan desainnya tetap padu, dan teras mungil Anda akan terasa lebih lega.

8. Pastikan ada Sentuhan Artistik

Komposisi material Mandalananta Studio Dinding & Lantai Tropis Batu Bata Amber/Gold
Mandalananta Studio

Komposisi material

Mandalananta Studio
Jangan ragu jika ingin menuangkan selera seni Anda di teras depan. Bisa dengan meletakkan karya seni sebagai empasis, atau sama sekali mengonsep fasad teras dengan paduan unsur yang memukau. Dinding beton rustic dipadukan dengan pintu kayu merah, plus kisi-kisi batu bata yang coraknya senada. Kemungkinan besar akan membuat tamu-tamu Anda tak menyadari bahwa mereka sedang berada di area sempit. Perhatian mereka bakal terkonsentrasi pada sentuhan artistik yang Anda terapkan di sana.

9. Terapkan Gaya Sleek yang Rapi

Terrace pram.studio Balkon, Beranda & Teras Minimalis Batu Bata White

Minimalis adalah gaya yang identik dengan kesan sleek yang rapi. Ini memiliki beberapa kelebihan, termasuk pengerjaannya yang cukup mudah dan cepat, sederhana, memaksimalkan fungsi,

tampak lebih bersih, sekaligus menampilkan nuansa elegan. Teras depan mungil minimalis tanpa pernak-pernik berlebihan sebagai 'wajah' modern bagi hunian Anda.

10. 'Kosongkan' Area

SADEWA HOUSE - BANDUNG, JAWA BARAT IMG ARCHITECTS Rumah Modern
IMG ARCHITECTS

SADEWA HOUSE – BANDUNG, JAWA BARAT

IMG ARCHITECTS

Kata kuncinya adalah, teras hanyalah teras. Fungsinya satu, sebagai area penyambutan. Maka sejak awal, buatlah kesan terbuka, ramah, serta mengundang. Salah satu aplikasinya dapat diterapkan pada hunian tanpa pagar. Jalur masuk dari trotoar langsung mengarah ke pintu depan tanpa satu pun halangan. Desain teras bisa memakai gaya apa saja, asalkan fasadnya pasti menawan. Ini akan membuat setiap orang akan merasa diterima dengan baik jika bertamu ke rumah Anda.

11. Pastikan Bersih dan Rapi

Rumah Bergaya Bali Modern di Cinere Studio JAJ Balkon, Beranda & Teras Tropis
Studio JAJ

Rumah Bergaya Bali Modern di Cinere

Studio JAJ

Hentikan kebiasaan buruk memaksakan perabot-perabot tak efektif di area yang mungil. Itu hanya akan menambah kesempitan sekaligus mengurangi kenyamanan. Sebaliknya, mungkin Anda perlu menyingkirkan semua furnitur yang dimaksudkan menghuni untuk teras. Tanaman-tanaman mati, daun-daun berguguran di sudut teras juga harus segera dipindahkan untuk menjaga kerapian. Anda wajib memeriksa dan melakukan pembersihan secara berkala pada teras depan mungil ini.

Butuh ide-ide lain? Tulis di kolom komentar

Butuh bantuan dengan projek Anda?
Hubungi kami!

Temukan inspirasi hunian