15 Cara Menerapkan Dekorasi Glamor yang Penuh Pesona

Ovan Zaihnudin – Homify Ovan Zaihnudin – Homify
PRIVATE RESIDENTIAL @ NAVAPARK, BSD CITY, TANGERANG, INDONESIA, PT. Dekorasi Hunian Indonesia (DHI) PT. Dekorasi Hunian Indonesia (DHI) Ruang Makan Modern
Loading admin actions …

Glamor secara bahasa berarti sesuatu yang serba gemerlap. Dari pengertian ini, tentu akan mudah membayangkan bagaimana tampilan dekorasi glamor pada ruangan. Di mana itu akan penuh dengan elemen-elemen mewah yang menyilaukan mata. Lantas apa saja yang bisa Anda tambahkan jika ingin dekorasi hunian bergaya glamor? Simak beberapa item pilihan kami berikut ini.

1. Warna-warna netral

Fondasi awalnya haruslah benar-benar mapan. Pelukis membutuhkan kanvas berwarna netral sebagai media baginya untuk menggoreskan warna warni cat. Itu pula yang Anda butuhkan sebelum memilih berbagai elemen penting dalam dekorasi glamor. Putih merupakan warna paling normal, netral sekaligus ramah dipadukan dengan apa saja.

2. Pilihan warna lainnya

Kalau dinding, lantai, dan langit-langit putih terlalu dianggap biasa, apakah tidak ada pilihan lain? Jawabannya tentu saja ada. Hanya saja, warna dasar dekorasi glamor bukanlah sesuatu yang menonjol. Maka dari itu, pilihan Anda akan cukup terbatas, meliputi warna lembut abu-abu atau cream. Sementara warna menonjol lainnya dapat ditampilkan pada perabot yang akan dipilih nantinya.

3. Menghadirkan nuansa gemerlap

Poin utama dalam dekorasi glamor adalah nuansa gemerlap yang dihasilkan dari penerapan corak-corak emas atau perak. Baik itu pada perabot, aplikasi panel, atau sekadar aksen pelengkap mungil, seperti gagang pintu dan laci. Secara instan, kilaunya pasti akan menonjolkan kemewahan.

4. Lampu-lampu kristal mewah

Selain emas dan perak, kristal juga identik dengan nuansa gemerlap. Itu bisa Anda peroleh dengan cara menempatkan lampu kristal gantung cantik di langit-langit. Bukan cuma menjadi penerangan, item tersebut juga akan membuat suasana ruangan terasa semakin mewah, lagi megah.

5. Permukaan bertema logam

Emas perak dan kristal, masih ada satu pilihan lain untuk memunculkan nuansa gemerlap. Kali ini menggunakan perabot atau detail-detail kecil interior yang mengekspos unsur logam atau kaca cermin. Permukaannya yang reflektif akan memberi efek gemerlap.

6. Permainan motif dan tekstur lebar

Guna meningkatkan kesan 'mahal' pada ruangan bergaya glamor, kombinasi aneka motif dan tekstur mungkin diperlukan. Anda dapat memilih lantai granit atau marmer, dipadukan dengan dinding wallpaper klasik yang dilengkapi panel kaca atau cermin, dekorasi dinding berbingkai relief, dan furnitur elegan. Kombinasi banyak unsur yang masing-masing memiliki porsi lebar untuk memenuhi seluruh ruangan, tanpa menyisakan sebidang pun area kosong.

7. Furnitur statement bernuansa klasik

Pada ruangan dengan fitur khusus, pilih perabot statement yang tampilannya benar-benar menonjol. Seperti pada gambar di atas, satu set meja makan bergaya klasik pedesaan, ditempatkan di ruangan bertema American-classic. Garis besarnya adalah sama-sama klasik, tetapi bertolak belakang sehingga tetap terlihat menonjol.

8. Statement berciri khas unik

Atau seperti pada gambar berikut, yaitu perabot statement berupa meja rias di kamar tidur pribadi. Ruangannya sudah glamor lewat motif wallpaper yang intens. Tapi cermin, meja rias, dan kabinet di dalamnya malah meningkatkan nuansa gemerlap karena dipenuhi detail metalik.

9. Pilihan sofa tufted

Sofa tufted atau chesterfield permukaannya bertekstur dengan penyangga lengan tinggi, dan lapisan luarnya kebanyakan menggunakan bahan berkualitas. Tentu saja item ini mengisyaratkan kemewahan di mana pun penempatannya.

10. Permadani motif mewah

Permadani atau karpet dapat menjadi pelapis lantai yang menghangatkan. Sementara pilihan motif dan teksturnya pun bisa memberikan nuansa berbeda pada ruangan. Untuk dekorasi glamor, karpet bermotif  klasik ala oriental atau mediteran merupakan pilihan yang direkomendasikan. Silakan pilih antara motif intens dalam warna lembut, atau motif jarang dalam warna-warna atraktif.  

11. Permadani bulu-bulu

Selain motif permadani klasik, model karpet beludru dengan bulu-bulu halus seperti pada ruang tamu berikut juga sebuah item glamor yang patut dipertimbangkan. Anda pernah melihat gambar selebritis Hollywood memakai syal atau mantel dari kulit binatang? Kalau iya, material tersebut juga bisa ditambahkan untuk memberi kesan glamor.

12. Perabot berbahan marmer

Perabot berbahan batu alami bukan hanya terlihat mewah, melainkan juga kokoh. Countertop meja ruang tamu dari bahan marmer, motif permukaannya begitu elegan untuk melengkapi sofa tufted yang telah terpasang.

13. Tirai sebagai titik fokus

Unsur kain lain yang bisa diaplikasikan untuk dekorasi glamor adalah pilihan tirai jendela utama. Pastikan motif atau bahannya menampilkan gemerlap yang diinginkan. Warna-warna metalik mungkin merupakan pilihan tepat. Tapi corak lain pun masih bisa dipertimbangkan asalkan tetap menampilkan kemewahan.

14. Banyak cermin dan kaca

Sebelumnya telah disinggung bahwa permukaan reflektif akan memberikan nuansa gemerlap. Nah, bagaimana jika Anda memasang cermin dan kaca dengan porsi maksimal? Di samping meningkatkan pencahayaan, kilaunya akan terpantul merata ke seluruh ruangan.

15. Tambahkan vegetasi menawan

Terakhir, kunjungi toko bunga terdekat untuk mendapatkan rekomendasi spesies cantik guna mengisi space tersisa. Pastikan tanaman indoor tersebut memberikan kesegaran sekaligus memiliki warna-warna memukau. Demi dekorasi glamor ruangan yang tampak lebih hidup.

Anda punya tips tambahan? Tuliskan di sini

Butuh bantuan dengan projek Anda?
Hubungi kami!

Temukan inspirasi hunian