Untung Rugi Memakai Atap Baja Ringan dan Contoh Aplikasinya | homify Untung Rugi Memakai Atap Baja Ringan dan Contoh Aplikasinya

Untung Rugi Memakai Atap Baja Ringan dan Contoh Aplikasinya

Ovan Zaihnudin – Homify Ovan Zaihnudin – Homify
Roof ADEA Studio Atap landai
Loading admin actions …

Atap menghadirkan fungsi utama rumah sebagai tempat bernaung. Fungsi atap rumah adalah sebagai pelindung bagi para penghuninya, terutama dari paparan cuaca yang berubah-ubah. Oleh karenanya, struktur atap dibuat sedemikian rupa untuk memenuhi tujuan tersebut. Tentunya menggunakan material terbaik bermutu tinggi, dengan daya tahan berlebih untuk jangka waktu yang lama.

Beberapa tahun belakangan, para profesional di bidang arsitektur seringkali merekomendasikan atap baja ringan atau galvalum sebagai material substitusi kayu yang kian langka. Produk atap baja ringan hadir dalam bentuk batangan plat untuk rangka dan lembaran untuk penutup. Komposisinya terdiri dari baja yang dilapisi seng dan aluminium melalui proses galvanisasi guna mengurangi risiko korosi.

Kelebihan Atap Baja Ringan

  • Salah satu alasan utama, mengapa banyak orang beralih ke atap baja ringan adalah karena material satu ini relatif kuat dan tahan lama. Bukan hanya tahan karat, baja ringan juga sukar keropos, serta tak mudah memuai dan menyusut pada suhu-suhu tertentu.
  • Atap baja ringan memiliki tensile strength (tegangan tarik) lebih baik daripada kayu atau baja konvensional. Ini berarti bahwa baja ringan cukup lentur, tetapi sekaligus kokoh untuk menjaga struktur atap tetap stabil.
  • Bahan ini cukup ringan, dengan bobot sekitar 9kg per meter persegi. Sifatnya pun lentur, mudah disesuaikan menurut desain konstruksi yang diinginkan, serta fleksibel saat dikombinasikan dengan material lain.
  • Alhasil, biaya pemasangan atap baja ringan relatif ekonomis. Produknya mudah didapatkan, instalasi atap baja ringan pun tidak memakan waktu lama.
  • Baja ringan yang tidak terpakai tidak otomatis terbuang sia-sia. Ini masih bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan lainnya. Selain itu, baja ringan juga berperan dalam menjaga kelestarian lingkungan karena mengurangi penggunaan kayu yang diperoleh dari penebangan hutan.

Kelemahan Atap Baja Ringan

Private House Bpk A Arsitekpedia Rumah Modern
Arsitekpedia

Private House Bpk A

Arsitekpedia
  • Bahan logam dikenal baik dalam menyerap panas. Di daerah dengan paparan sinar matahari tinggi, keseluruhan atap yang memakai baja ringan tidak direkomendasikan.
  • Atap baja ringan memiliki tampilan yang kaku, tidak eksotis seperti kayu.
  • Jika dilihat dari segi harga, atap baja ringan memang lebih mahal daripada kayu atau baja konvensional. Apalagi jika Anda memilih produk berkualitas terbaik.
  • Persebaran ahli instalasi atap baja ringan belum merata, karena material ini baru populer beberapa tahun belakangan. Proses instalasi atap baja ringan
  • cukup rumit dan membutuhkan perhitungan yang teliti. Kesalahan sedikit saja bisa mengakibatkan risiko terburuk, yaitu kerobohan.
  • Bobot ringan membuat material satu ini rentan terlepas saat terkena angin kencang. Tapi bagaimanapun, hal itu juga sangat dipengaruhi oleh kualitas instalasinya.

Mengingat atap baja ringan juga memunyai beberapa kekurangan, maka penting bagi Anda untuk memastikan penggunaannya secara tepat. Sebagai gambaran, berikut contoh aplikasi atap baja ringan di beberapa properti hunian yang berhasil kami himpun.

1. Rangka Atap Bangunan

Atap Kubah Alfaiz Design Atap landai Metal Black
Alfaiz Design

Atap Kubah

Alfaiz Design

Bangunan setinggi lebih dari lima meter memanfaatkan baja ringan untuk struktur rangka atap. Jaring-jaring kerangkanya cukup padat sekaligus rapat karena harus menopang genteng tanah liat yang luas dan berbobot.

2. Kombinasi dengan Kayu

Langit-langit ruangan ini mengisyaratkan penggunaan baja ringan sebagai penutup atap. Rangkanya menggunakan material yang sama, meski dikombinasikan dengan batangan kayu blandar guna memperkuatnya.

3. Rangka Atap Skylight

Telah disebutkan sebelumnya bahwa baja ringan cukup fleksibel dikombinasikan dengan jenis material apa saja. Kali ini, batang-batang baja ringan menjadi kerangka bagi penutup kaca yang memaksimalkan masukan cahaya ke dalam ruangan.

4. Atap Skylight Kombinasi

Atap transparan tempered glass studioindoneosia Atap Kaca Metallic/Silver
studioindoneosia

Atap transparan tempered glass

studioindoneosia

Berbeda dengan skylight satu ini. Selain aplikasi kaca untuk bukaan cahaya, seluruh bagian atap lainnya memanfaatkan material baja ringan. Rangka menggunakan batang plat, sementara penutupnya berupa lembaran baja ringan.

5. Penutup Carport

Freddy's House in Citra Garden Equator.Architect Rumah Minimalis
Equator.Architect

Freddy's House in Citra Garden

Equator.Architect

Barangkali Anda paling sering menemukan penggunaan baja ringan seperti pada gambar berikut. Lembaran galvalum ditopang kerangka dan tiang baja ringan untuk teras dan carport pada rumah-rumah tapak minimalis di lingkungan perkotaan.

6. Kanopi Teras

Atau mungkin aplikasi cantik seperti pada gambar satu ini. Di mana rangka galvalum dipadukan dengan besi WF untuk menopang penutup kaca yang mengizinkan pencahayaan alami masuk ke rumah tanpa terhalang.

7. Ditopang Tiang Baja

Detail sambungan struktur kolom balok baja, atap, dan dinding. studioindoneosia Rumah Modern Komposit Kayu-Plastik Wood effect
studioindoneosia

Detail sambungan struktur kolom balok baja, atap, dan dinding.

studioindoneosia

Besi WF memiliki ketahanan tinggi, dan semestinya lebih cocok dipadukan dengan material berbahan logam, seperti galvalum. Pada koridor entry berikut, besi WF digunakan sebagai tiang penjaga struktur kanopi baja ringan yang penuh.

8. Atap Teras Modern

Rumah Bpk. Fajar SUKAM STUDIO Rumah Minimalis
SUKAM STUDIO

Rumah Bpk. Fajar

SUKAM STUDIO

Beberapa orang menilai tiang atap dapat mengurangi estetika fasad rumah, terutama untuk kanopi teras atau halaman parkir. Kekuatan baja ringan memungkinkan aplikasi semacam ini. Batang-batangnya bisa dipasang menusuk dinding depan rumah, tentunya dengan memperhitungkan betul jenis penutup atap yang digunakan berdasarkan bobotnya.

17 Ide untuk Mempercantik Halaman Rumah
Arrow navigation 3b3136b1
Jika Anda punya contoh lain, bagikan di kolom komentar. 
Casas inHAUS Rumah Modern

Butuh bantuan dengan projek Anda?
Hubungi kami!

Temukan inspirasi hunian