Cuaca Panas, Berikut Tips Gunakan AC secara Cerdas

Ovan Zaihnudin – Homify Ovan Zaihnudin – Homify
The Golden Touch The 7th Corner Interior Ruang Keluarga Modern
Loading admin actions …

Memasuki musim kemarau, Anda akan membutuhkan penyeimbang temperatur agar tidak merasa gerah saat berada di dalam rumah. Untuk itu, berikut ini kami akan menyajikan tips meningkatkan kinerja AC, supaya menghasilkan keseimbangan suhu yang maksimal sekaligus menghemat energi dan pengeluaran. 

Kenali Bagian-Bagian AC

Unit AC terbagi menjadi dua komponen utama, yaitu evaporator dan kondensor atau kompresor. Kedua komponen tersebut terhubung melalui pipa kapiler.  

Evaporator adalah unit yang terpasang di dalam ruangan sebagai penyeimbang suhu. Di dalamnya terdapat sistem kelistrikan, filter angin, serta blower indoor.

What are the Different Types of Commercial Air Conditioning? Home Renovation Rumah pasif
Home Renovation

What are the Different Types of Commercial Air Conditioning?

Home Renovation

Sedangkan kompresor/kondensor adalah unit keluaran yang terpasang di bagian luar rumah. Pada bagian ini terdapat kondensor sebagai pengubah suhu, kompresor yang merupakan pusat sirkulasi udara, serta kipas buangan. 

Saat AC dinyalakan, kondensor dan kompresor akan bekerja menyerap udara dari luar, kemudian mengubahnya dalam bentuk cair untuk diteruskan ke unit evaporator melalui pipa kapiler. Selanjutnya, cairan tersebut akan disemburkan ke dalam ruangan menjadi udara dingin. 

Melakukan Perawatan

Pemakaian AC pastinya akan menyebabkan kinerjanya terus menurun seiring berjalannya waktu. Oleh karena itu penting bagi pemilik AC untuk senantiasa merawatnya agar awet dan tahan lama. 

Perawatan AC dapat dilakukan dengan cara melakukan pembersihan secara berkala, baik pada unit kompresor/kondensor maupun evaporator-nya. Perawatan yang paling mudah dilakukan tanpa perlu memanggil teknisi AC adalah membersihkan filter pada evaporator. Ini bisa Anda lakukan secara rutin, misalnya setiap tiga bulan sekali. 

Jika Anda punya banyak waktu luang, periksa juga unit outdoor dari AC. Cek apakah kumparan, kipas, dan komponen-komponen lainnya. Biasanya bagian-bagian tersebut juga banyak berdebu, yang otomatis akan mengganggu kinerja pendingin ruangan. Anda bisa membersihkannya sendiri dengan berbekal buku manual dari unit AC yang Anda miliki. 

Meminta Layanan Servis AC

Namun, tentu saja tidak semua orang punya banyak waktu, atau berani mengambil risiko melakukan perawatan sendiri. Apabila demikian, maka Anda perlu memanggil teknisi ahli per-AC-an untuk melakukan pengecekan sekaligus perawatan. 

Penting bagi Anda untuk memunyai teknisi profesional kepercayaan yang khusus menangani pendingin ruangan. Masalah paling umum dari kinerja AC adalah ketika tiba-tiba gagal menghasilkan udara dingin, di mana itu bisa disebabkan oleh banyak hal.

Mereka pasti lebih mengetahui apa yang harus dilakukan pada unit pendingin ruangan Anda. Pemeriksaan menyeluruh pada setiap bagian, pembersihan, sekaligus rekomendasi penggantian komponen apabila terjadi kerusakan.

Tips Cerdas Menggunakan AC

Penggunaan AC yang efisien memberikan sejumlah manfaat, di antaranya kinerja AC yang maksimal, daya tahan unit hingga waktu lama, serta penghematan energi sekaligus pengeluaran bulanan. Berikut beberapa tips mudah yang bisa Anda lakukan.

1. Sediakan Termometer

Anda mungkin membutuhkan termometer untuk mengecek suhu udara. Dalam hal ini, termometer memungkinkan Anda mengetahui kinerja AC normal atau tidak. Seharusnya, termometer akan menunjukkan angka yang sama dengan temperatur yang tertera pada remot AC. Jika tidak, bisa jadi ada masalah yang terjadi dengan mesin pendingin Anda. 

2. Perhatikan ini Saat Menyalakan AC

Setiap pendingin ruangan membutuhkan proses bertahap untuk mendinginkan ruangan. Jadi, langsung mengatur AC pada suhu paling rendah tidak akan membuat ruangan menjadi dingin secara instan. 

Sebaiknya Anda mengeset temperatur awal 25 derajat saat pertama kali menyalakan AC. Jika dirasa kurang dingin, turunkan perlahan-lahan setelah AC menyala sekitar 10 menit. Hal ini berlaku juga pada saat Anda ingin menaikkan suhu ruangan. Jika kebetulan Anda tidak sengaja memencet tombol off pada remot AC, tunggu beberapa menit sebelum menyalakannya kembali.

3. Efisiensi Energi

Unit pendingin ruangan membutuhkan energi listrik yang besar dalam penggunaannya. Maka tidak heran jika banyak orang mengeluh tagihan listriknya melonjak setelah memasang AC di rumah. Padahal, hal itu bisa disiasati dengan mengatur penggunaannya yang paling efisien. 

Cara termudah untuk menghemat energi dari penggunaan AC adalah dengan mengatur suhu terendah pada 24 derajat. Itu sudah cukup dingin, tanpa menyerap daya listrik yang berlebihan. Usahakan tidak terlalu sering mengatur suhu di bawah 24 derajat, agar pengeluaran bulanan Anda lebih hemat.

4. Atur Mode Otomatis

Unit pendingin ruangan biasanya dilengkapi mode-mode khusus untuk efisiensi penggunaan. Gunakan mode dry agar kelembapan dan temperatur ruangan tetap terjaga. Aturlah setelan otomatis mati saat AC tidak digunakan pada jam-jam tertentu, seperti ketika pagi hari. Dan jangan lupa mematikan AC saat akan keluar rumah. Mungkin Anda juga perlu memasang sistem termostat terprogram untuk mengatur suhu ruangan secara otomatis dalam berbagai kondisi.  

5. Menutup Celah-celah Ruangan

Pada ruangan ber-AC, pintu harus selalu tertutup rapat ketika pendingin dinyalakan. Ini menghindari AC bekerja terlalu keras untuk menstabilkan suhu ruangan, karena terus menerus terpapar hawa panas dari luar. Jadi, usahakan tidak terlalu sering keluar masuk dari ruangan ber-AC untuk menghindarinya. 

6. Menutup Tirai Jendela

Selain pintu, jendela ruangan juga harus diperhatikan. Pada siang hari, Anda menyalakan AC dengan tetap membiarkan sinar matahari masuk melalui jendela. Perhatikan bahwa hal itu juga akan menguras kinerja pendingin ruangan. Pasalnya sinar matahari memiliki panas yang cukup untuk meningkatkan suhu ruangan. Maka dari itu, saat menyalakan AC, Anda juga harus memastikan jendela tertutup dari sinar matahari.

7. Menjaga Kebersihan Ruangan

cuci spring bed bandung SapuBersih.id Kamar Tidur Gaya Asia
SapuBersih.id

cuci spring bed bandung

SapuBersih.id

Ruangan ber-AC pun perlu dibersihkan secara berkala. Pasalnya, debu-debu yang bertebaran dapat masuk dan mengotori unit pendingin, yang lama-kelamaan dapat memengaruhi kinerjanya. Oleh karenanya, Anda juga harus menjadwalkan agenda bersih-bersih ruangan, terutama pada bagian-bagian yang rentan berdebu. 

Bagaimana tanggapan Anda?

Butuh bantuan dengan projek Anda?
Hubungi kami!

Temukan inspirasi hunian