Temukan Arsitek paling tepat di Banjarmasin | homify

44314 Arsitek di Banjarmasin

Ekoriz17
Bergerak dibidang perencanaan, pengawasan, dan pelaksana arsitektur
Nan Arquitectos
Somos Nan Arquitectos, un estudio pluridisciplinar formado entre Porto, Pontevedra y A Coruña. Más allá de la arquitectura
DMP arquitectura
DMP, es un despacho técnico enfocado básicamente a la arquitectura y al diseño liderado por Daniel Martí. Nuestro trabajo
Di Origine Progettuale DOParchitetti
Un’associazione di architetti e designer che pensa globalmente e agisce localmente, progettando, con la testa e con il cuore
AMMA PROJETOS
Beatriz e Caio Andreazza Morbin juntam suas trajetórias distintas e complementares. Com formação interdisciplinar (arquitetura
서인건축
서인건축은 인간과 자연, 미래를 위한 건축을 실현해 갑니다. 서인건축의 철학은 인간의 감성을 어루만지고 인간을 포용할 수 있는 건축, 자연과 조화를 이루고 자연과 상생하는 건축, 시간을 뛰어넘어 미래에도 가치있는 건축을
6th studio / 一級建築士事務所 スタジオロク
お施主様と一緒に、丁寧なモノづくりを楽しんでいけるような事務所を目指しています。何もないところから建物が竣工した時の感動を一緒に体験できれば幸いです。
仲間郁代建築設計事務所株式会社(英名:IKUYO NAKAMA ARCHITECT & ASSOCIATES)
Sweet more Sweet —Much sweeter— In such harsh world,  How about architecture added the sweet, sweeter than candy? You
一級建築士事務所・スタジオインデックス
「スタジオインデックス」は住まいのデザインとデザイン住宅の販売を行っている設計事務所です。
Liag Architecten en Bouwadviseurs
VISION LIAG believes in an integrated approach to realise sustainable buildings with outstanding contemporary design.
内田雄介設計室
建築とは「時」と「場」を形づくる行為だと考えています。   「時」とは 四季の移ろいの中、光と影がもたらす安らぎの時。   「場」とは 夏の木漏れ日、冬の日だまりに包まれた安らぎの場。   その「時」と「場」を紡ぎ合わせて形づくられる暮らしには
ARX ARQUITETURA E URBANISMO
A Arx Arquitetura e Urbanismo iniciou suas atividades em 1988, desenvolvendo planos e projetos   diretamente para a administração
Fabrice Commercon
Architecte DPLG - Ingénieur ETP Atelier d'architecture crée en 2004 Installé sur l'Île Saint Denis
Trewin Design Architects
Trewin Design Architects are multi-award winning Devon Architects with fast growing regional reputation for the creation
laboratorio di architettura - gianfranco mangiarotti
Tanto tempo dedicato a pochi progetti. Piccola struttura di progettazione per pochi progetti di qualità.
Space Group Architects
We have a considered approach that encourages creative dialogue with both other design experts and the client. Where possible
Fabio Barilari Architetti
FBA is a practice of architecture, with a comprehensive portfolio that ranges from urban planning, housing, office and cultural
Didonè Comacchio Architects
Paolo Didonè was born in Bassano del Grappa the 27th of December 1983. In 2005 he graduates in Architecture (University

Arsitek Banjarmasin

Banjarmasin adalah ibukota Kalimantan Selatan yang memiliki wilayah seluas 98,46 km2 dengan wilayah yang mencakup kepulauan. Sebagai kota yang dialiri oleh banyak sungai, sungai menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan kota Banjarmasin. Masyarakat Banjarmasin menjadikan sungai sebagai pusat aktivitas utama, khususnya bidang transportasi dan perdagangan. Pentingnya peran sungai di Banjarmasin bahkan melahirkan julukan Kota Seribu Sungai bagi Banjarmasin.  

Banjarmasin merupakan salah satu kota yang perkembangannya paling pesat di Kalimantan. Hal ini ditunjukkan melalui area metropolitan Banjarmasin yang disebut Kawasan Strategis Provinsi (KSP) Banjar Bakula atau Metropolitan Banjarmasin Raya. Area ini memiliki jumlah penduduk sekitar 1,9 juta jiwa dan mencakup Kota Banjarbaru, Kota Banjarmasin, sebagian kecamatan di Barito Kuala, sebagian kecamatan di Kabupaten Banjar, dan sebagian kecamatan di Tanah Laut. 

Kota Banjarmasin dan Kota Banjarbaru merupakan dua kota dengan pertumbuhan ekonomi paling tinggi. Dua kota ini memiliki kekayaan alam yang melimpah, seperti biji besi dan batu bara, serta didukung dengan pembangunan infrastruktur yang masif, seperti Bandara Syamsudin Noor, Pelabuhan Trisakti, dan rencana Jalan Tol Banjarmasin-Liang Anggang-Landasan Ulin.  

Sejarah Perkembangan Arsitektur Banjarmasin

Seiring dengan terbentuknya suku banjar, maka arsitektur Banjarmasin pun mulai berkembang. Suku Banjar merupakan suku asli di Banjarmasin yang menghasilkan berbagai karya arsitektur yang berakar dari tradisi dan kebudayaan suku tersebut. Beberapa karya arsitektur tersebut, antara lain rumah tradisional yang memiliki karakteristik tersendiri di setiap daerah. 

Rumah tradisional Suku Banjar atau yang disebut Rumah Banjar memiliki 10 jenis arsitektur tradisional rumah tinggal yang mewakili status sosial selama pemerintahan Kerajaan Banjar. 

Kesepuluh jenis arsitektur Rumah Banjar tersebut, antara lain:

Bubungan Tinggi atau Rumah Baanjung: Rumah yang menjadi pusat dari istana raja ini memiliki konstruksi panggung dengan anjung di bagian kiri dan kanan bangunan. Ciri rumah ini, antara lain anak tangga yang selalu ganjil, atap tanpa plafon, dan pamedangan yang diberi lapangan dengan kandang rasi ukir. 

Gajah Baliku: Secara keseluruhan, rumah ini memiliki kemiripan dengan Rumah Bubungan Tinggi, namun ada satu hal yang membedakan, yaitu Ruang Paluaran atau Ruang Tamu. Jika pada Rumah Bubungan Tinggi bentuk lantainya berjenjang, maka Rumah Gajah Baliku bentuk lantainya tidak berjenjang

Palimasan: Rumah yang digunakan sebagai rumah bendaharawan istana pada masa Kesultanan Banjar ini menggunakan atap perisai pada semua bagian atapnya yang membentuk atap limas.

Balai Bini: Ciri khas rumah ini terletak pada bangunan utama yang menggunakan atap perisai atau atap gajah dan sayap bangunan yang menggunakan sengkuap/lessenaardak yang disebut atap anjung.

Tadah Alas: Model rumah ini merupakan pengembangan dari Rumah Balai Bini yang menambahkan satu lapis atap perisai sebagai kanopi paling depan yang disebut "tadah alas".

Gajah Manyusu: Rumah ini memiliki ciri utama, yaitu penggunaan atap perisai buntung pada bangunan utama. Ciri lainnya terletak pada bentuk atap limas pada bagian depan dan anjung yang memiliki atap sasikat.

Balai Laki: Secara keseluruhan, bentuk Balai Laki menyerupai Palimbangan, namun ukurannya lebih kecil dan memiliki bentuk anjung yang berbeda.

Palimbangan: Rumah yang digunakan oleh golongan saudagar besar ini memiliki kemiripan dengan Balai Laki, namun Balai Laki menggunakan anjung pisang sasikat.

Cacak Burung: Rumah yang digunakan oleh rakyat biasa ini memiliki bentuk memanjang dari depan ke belakang dan menggunakan atap pelana serta atap limas.

Joglo: Ciri utama rumah ini adalah atap yang berbentuk trapesium. Sedangkan, bentuk   bangunan terdiri atas 3 susunan atap limas yang berderet ke belakang.

Perkembangan Arsitektur Banjarmasin Masa Kini

Kota Banjarmasin dikenal sebagai kota air dan dijuluki "kota seribu sungai". Kota ini berada di tepi sungai Barito dan dibelah menjadi dua bagian oleh sungai Martapura. Bentuk aliran sungai yang berliku-liku dari hulu hingga ke hilirnya mempengaruhi pembentukan lingkungan, baik dari segi arsitektur maupun perkembangan arsitektur kotanya. 

Pada masa pemerintahan kolonial Belanda, Kota Banjarmasin dikembangkan sebagai kota Kanal, di mana elemen parit kota dibangun untuk memperlancar pengaliran air sungai. Untuk mendukung hal itu, beberapa kanal dibangun di pusat kota, dengan 5 tipe ragam kanal yang dikembangkan pada pusat Kota Banjarmasin. Perkembangan pesat arsitektur Kota Banjarmasin masa kini cenderung mengubah wajah kota air menjadi kota darat, khususnya pada kanal Kota Banjarmasin dan lingkungan tepian sungai. 

Pentingnya Jasa Arsitek Banjarmasin

Banjarmasin merupakan kota yang menjadikan sungai sebagai pusat aktivitas sehari-hari. Peran penting sungai dalam kehidupan masyarakat Banjarmasin mencakup sektor perdagangan, pariwisata, dan transportasi. Memperhitungkan faktor ini penting untuk menciptakan hunian yang ideal di Banjarmasin.

Faktor lainnya, seperti Iklim dan geografis, juga penting untuk dipertimbangkan. Kota Banjarmasin terletak di daerah kuala sungai Martapura yang bermuara pada bagian timur Sungai Barito. Kota Banjarmasin juga dipengaruhi oleh pasang surut air laut Jawa yang berdampak pada kehidupan masyarakat, khususnya peran sungai sebagai salah satu prasarana transportasi air, pariwisata, perikanan dan perdagangan.

Iklim Kota Banjarmasin termasuk tropis, di mana suhu udara rata-rata sekitar 25 °C - 38 °C, fluktuasi suhu harian berkisar antara 74-91%, saat musim kemarau kelembabannya rendah, yaitu sekitar 52% yang berlangsung pada Agustus, September dan Oktober. Saat musim kemarau sering terjadi masa kering yang panjang. Sedangkan, hujan lokal turun pada musim penghujan, yaitu pada November – April.

Untuk memperhitungkan aspek-aspek yang berlaku di Banjarmasin ke dalam arsitektur rumah bukan pekerjaan yang mudah. Dibutuhkan Jasa Arsitek Banjarmasin yang memiliki pengetahuan dan keahlian dalam mempertimbangkan semua aspek yang berlaku di Banjarmasin. Arsitek Banjarmasin mampu untuk memahami dan mengatasi aspek-aspek tersebut ke dalam proyek renovasi sehingga bisa mewujudkan hunian impian Anda.

Bagaimana menemukan Arsitek yang tepat di Banjarmasin? Bersama Homify, Anda bisa terhubung secara mudah dengan banyak Arsitek yang mumpuni dan berpengalaman di Banjarmasin. Saatnya berkonsultasi dengan profesional kami untuk realisasikan rumah impian.

Telusuri gambar terkait