Temukan Arsitek Interior paling tepat di Batam | homify

0 Arsitek Interior di Batam

Pencarian Anda tidak ada hasil. Jadilah yang pertama mengunggah foto dalam kategori ini.

Batam adalah kota terbesar di Provinsi Kepulauan Riau, yang terdiri dari tiga pulau utama, yaitu Pulau Batam, Pulau Rempang, dan Pulau Galang, dan pulau-pulau kecil lainnya di Selat Singapura dan Selat Malaka. Letak yang strategis, yaitu berada di jalur pelayaran internasional dan berbatasan langsung dengan Singapura dan Malaysia, menjadi daya tarik utama Batam dalam mendatangkan wisatawan ke Batam.

Saat dibangun pada dekade 1970-an, Batam awalnya diproyeksikan untuk menjadi Singapura-nya Indonesia dan ditetapkan sebagai lingkungan kerja daerah industri yang digerakkan oleh Badan Otorita Batam (BOB). Kini, sebagai kota terencana, Batam adalah salah satu kota dengan pertumbuhan terpesat di Indonesia. Dibandingkan pada 1970-an, Batam hanya dihuni sekitar 6.000 penduduk, kini bertumbuh hingga 158 kali lipat dalam waktu 40 tahun, yaitu 1.037.187 penduduk. Anda ingin membangun rumah di Batam, namun bingung untuk merealisasikannya? Jangan khawatir, simak informasi lengkap tentang Arsitek Interior Batam berikut.

Pentingkah peran Arsitek Interior lokal dalam mendesain rumah?

Anda mungkin beranggapan bahwa peran Arsitek Interior tidak terlalu krusial, karena sebagai pemilik properti, Anda lebih tahu tentang desain interior yang diinginkan. Selain itu, menggunakan Arsitek Interior hanya menghabiskan uang saja. Namun, anggapan ini ternyata salah.

Peran Arsitek Interior sangat penting jika Anda menginginkan desain interior yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Berikut 5 keunggulan Arsitek Interior:

1. Memiliki kemampuan spasial yang kuat untuk mendesain berdasarkan estetika ruang. 

2. Kepekaan yang kuat untuk menggabungkan warna, bentuk, dan space, ke dalam komposisi yang memiliki keindahan jangka panjang. 

3. Memiliki kemampuan untuk memperkirakan barang-barang apa saja yang tepat untuk diletakkan di dalam ruangan. 

4. Menerjemahkan keinginan Anda ke dalam bentuk visual yang fungsional sesuai dengan space yang ada.

5. Memberi saran desain interior yang mengutamakan aspek kesehatan untuk pemiliknya.

Mengapa perlu menggunakan jasa Arsitek Interior di Batam? Sebagai kota industri dan pelabuhan yang aktif dan dinamis, diperlukan desain interior yang mengacu pada identitas kota industri itu sendiri. Selain itu, Batam adalah kota modern yang relatif baru sehingga sulit untuk mengidentifikasi nilai-nilai lokal dan karakter khusus yang bisa diaplikasikan ke dalam desain. Oleh karena itu, diperlukan Arsitek Interior di Batam yang memahami perkembangan kota, kondisi iklim, dan geografis Batam, sehingga bisa membantu Anda dalam menciptakan proses desain dan memudahkan dalam proses pengerjaan.

Berapa biaya yang dikeluarkan untuk membangun rumah di Batam?

Berdasarkan Indeks Harga Properti per Juni 2018, Kepulauan Riau (Kepri) adalah provinsi dengan pertumbuhan harga properti tertinggi di Indonesia. Dengan kenaikan indeks harga properti mencapai 215,43 atau naik 20,09 persen dibandingkan tahun 2017, Kepri mengungguli DKI Jakarta yang hanya 189,2 atau 17,55 persen. Hal ini terjadi karena perkembangan industri di Batam yang sangat pesat.

Berikut gambaran biaya yang dikeluarkan untuk membangun rumah di Batam:

1. Rumah Minimalis/Rumah Cluster (Kurang Lebih Rp 3.600.000/m2)

Rincian Material

Fondasi: Batu Kali, Beton Bertulang, Cakar Ayam Mini dan Sloof Dinding: Bata Ringan/Bata Hebel + Plester + Acian Kusen: Kayu Kamper Plafon: Rangka Hollow + Gipsum Lantai: Keramik Mulia dan Sejenisnya Teralis Minimalis Atap: Baja Ringan + Genteng Sanitari: American Standard Cat: Interior Vinilex dan Eksterior Aquaproof

2.      Rumah Standar (Kurang Lebih Rp 4.200.000/m2)

Rincian Material:

Fondasi: Beton Bertulang, Batu Kali, Sloof, dan Ceker Ayam Dinding: Bata Merah + Plester + Acian Kusen: Kayu Kamper Plafon: Rangka Hollow + Gipsum Atap: Baja Ringan + Genteng Beton Flat Lantai: Keramik Milan/Roman Teralis Standar Profilan Sederhana Sanitari: American Standard Cat: Interior Vinilex dan Eksterior Aquaproof

3.      Rumah Mewah (Kurang Lebih Rp 6.000.000/m2)

Rincian Material:

Pondasi: Batu Kali, Beton Bertulang, Ceker Ayam, Sloof Dinding: Bata Merah + Plester + Acian Kusen: Kamper Plafon: Rangka Hollow + Gypsum Teralis Klasik Atap: Baja Ringan + Genteng Keramik M-Class Lantai: Keramik Roman/Granit Profilan Klasik Dinding Teras/Taman Batu Alam Sanitari: Toto Cat: Interior Dulux/Jotun, Eksterior Dulux

Aturan apa saja yang berlaku untuk membangun rumah di Batam?

Jika ingin membangun rumah di Batam, Anda perlu menyesuaikan dengan aturan bangunan yang berlaku di Batam. Hal ini bertujuan untuk melindungi bangunan Anda dari potensi bencana dan perkembangan area yang mungkin terjadi di masa depan. Berikut aturan bangunan yang berlaku di Batam:

No. 2 tahun 2011 tentang Bangunan Gedung

Ada beberapa poin penting yang tercakup dalam aturan tersebut:

Koefisien Dasar Bangunan (KDB): Pemilik bangunan wajib menyisakan lahan sebagai area resapan air sesuai rencana tata ruang dan rencana tata bangunan dan lingkungan, untuk mencegah banjir. Perhitungannya ditentukan oleh persentase daerah bangunan dikalikan luas lahan yang dimiliki oleh pemilik bangunan.

Garis Sepadan Bangunan (GSB): Pengaturan tentang batasan lahan yang diizinkan dan tidak diizinkan untuk dibangun. Hal ini ditujukan untuk mewujudkan lingkungan rumah yang sehat dan mengatur jarak antara bangunan dan jalan raya, sehingga privasi dan keamanan Anda lebih terjaga.

Koefisien Lantai Bangunan (KLB): Perbandingan antara total luas bangunan dengan luas lahan. Hasilnya bergantung pada kepadatan daerah bangunan, sehingga menentukan seberapa luas lahan yang boleh dibangun, seberapa luas lahan yang boleh dibangun di lantai berikutnya, dan seterusnya.

Koefisien Daerah Hijau (KDH): Angka persentase perbandingan antara luas seluruh ruang terbuka di luar bangunan sebagai area pertamanan/penghijauan dan luas tanah perpetakan/daerah perencanaan yang dikuasai sesuai rencana tata ruang dan rencana tata bangunan dan lingkungan.

Koefisien Tapak Basemen (KTB): Angka persentase berdasarkan perbandingan antara luas tapak basemen dan luas tanah perpetakan/daerah perencanaan yang dikuasai sesuai rencana tata ruang dan rencana tata bangunan dan lingkungan.

Bagaimana cara memilih Arsitek Interior di wilayah Batam? Kini, Anda tidak perlu kesulitan dalam mewujudkan rumah idaman di Batam. Bersama Homify, Anda bisa terhubung dengan banyak Arsitek Interior mumpuni dan berpengalaman di Batam. Saatnya berkonsultasi langsung dengan arsitek interior kami

Telusuri gambar terkait