Temukan Arsitek Interior paling tepat di Pekanbaru | homify

4 Arsitek Interior di Pekanbaru

Arsitek Interior di Pekanbaru

Pekanbaru adalah ibu kota Kepulauan Riau yang bertempat di wilayah strategis, yakni berada di jalur Lintas Timur Sumatera dan terhubung dengan beberapa kota, seperti Medan, Padang, dan Jambi. Kota dengan luas wilayah 632,3 km ini berada di ketinggian 5 – 50 meter di atas permukaan laut, dan 'terbelah' oleh Sungai Siak yang mengalir dari Barat ke Timur.

Sebelumnya, Pekanbaru dikenal dengan nama Senapelan yang saat itu dipimpin oleh seorang kepala suku yang disebut Batin. Dahulu, Senapelan adalah sebuah kawasan ladang, lalu berkembang menjadi sebuah perkampungan. Kemudian, perkampungan Senapelan pindah ke sebuah pemukimaan baru yang terletak di tepian muara Sungai Siak dan dikenal dengan nama Dusun Payung Sekaki.

Selanjutnya, pada tanggal 21 Rajab 1204 atau 23 Juni 1784 M, perkampungan Senapelan berubah nama menjadi 'Pekan Baharu'. Dan saat ini Senapelan lebih dikenal sebagai Kota Pekan Baharu atau penyebutan sehari-hari disebut Pekanbaru.

Kota beriklim tropis ini disebut-sebut sebagai kota ketiga dengan jumlah penduduk terbanyak di Pulau Sumatera sejak tahun 2010, setelah Kota Medan dan Kota Palembang.

Seberapa penting peran arsitek lokal dalam merancang bangunan?

Dulu, jasa arsitek mungkin akan lebih banyak kita temukan di kota-kota besar saja, seperti Jakarta, Bandung, Bali, Medan, dan lainnya. Tapi, seiring dengan perkembangan zaman, kini sudah banyak kita temukan hunian ataupun bangunan unik dan menarik yang dirancang oleh arsitek-arsitek di daerah lain, selain di kota besar.

Tapi, jika dibandingkan dengan Singapura, edukasi dan minat masyarakat terhadap peran arsitek di Indonesia  terbilang masih belum besar. Sebagian menganggap jasa arsitek sangat mahal dan tidak menjadi sesuatu yang diprioritaskan. Mungkin kita bisa mencontoh Singapura yang sangat mendukung peran arsitek dalam merancang dan membangun suatu bangunan, baik itu hunian tinggal, gedung, bahkan kota.

Dalam merancang desain suatu bangunan, arsitek tentu mempunyai banyak pertimbangan agar bangunan dapat berdiri kokoh, menawan, dan berkualitas. Umumnya, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan arsitek secara matang, antara lain:

  1. Analisis site, tapak, dan konteks urban
  2. Pehamanan terkait human behaviour dan human needs
  3. Perencanaan dan perancangan bangunan, seperti menyusun program ruang, transformasi bentuk dan pengembangan inovasi desain
  4. Perhitungan luas bangunan dan Rencana Anggaran Biaya (RAB)
  5. Pengetahuan style, material dan struktur konstruksi bangunan
  6. Design stages dan Desaign Engineering Document
  7. Site visit

Mengapa perlu menggunakan jasa Arsitek interior di Pekanbaru?

Dalam mendirikan sebuah bangunan, mengapa diperlukan jasa arsitek interior? Yakni agar rumah tinggal atau gedung yang didirikan memenuhi standard bangunan yang baik dan selaras dengan lingkungan. Untuk itu, setiap kabupaten/kota mengharuskan bangunan untuk memiliki Izin Membangun Bangunan (IMB) dan Sertifikat Laik Fungsi (SLF), demi mewujudkan penyelenggaraan bangunan yang tertib administrasi dan teknis

Tiap kabupaten/kota membutuhkan Tim Ahli Bangunan Gedung (TABG) terkait penerbitan SLF. Oleh karena itu Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Riau, selaku organisasi profesi yang menaungi arsitek, turut memiliki peran penting dalam mewujudkan pembangunan yang tertib dan ramah lingkungan.

Bagaimana peraturan membangun rumah di Pekanbaru?

Proses pendirian bangunan, baik itu rumah tinggal, gedung, rumah toko, dan lain sebagainya, tentu harus mengikuti aturan yang berlaku di masing-masing daerah atau kota, termasuk Pekanbaru. Pemerintah daerah Pekanbaru mengeluarkan aturan dalam hal pembangunan suatu bangunan agar terciptanya ketertiban dan keserasian antara bangunan dengan lingkungan.

Adapun aturan tersebut tertulis dalam Peraturan Daerah Kota Pekanbaru Nomor : 14 Tahun 2000 tentang Izin Bangunan Dalam Daerah Kota Pekanbaru. Beberapa aturan tersebut terangkum dalam pasal – pasal berikut ini.

Pasal 3 Ayat 1 dan 2

  1. Setiap kegiatan mendirikan, mengubah dan membongkar serta menggunakan dan atau kelayakan menggunakan bangunan dalam Wilayah Kota Pekanbaru harus memiliki izin dari Walikota atau pejabat yang ditunjuk. 
  1. Permohonan izin sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) Pasal ini, diajukan dengan mengisi formulir dan melengkapi persyaratan yang ditetapkan oleh Walikota.

Pasal 11

Setiap bangunan yang tidak memenuhi ketentuan sebagaimana tercantum dalam izin membangun dan atau menggunakan bangunan harus dibongkar dan dilakukan penyesuaian-penyesuaian sehingga memenuhi ketentuan dalam Peraturan Daerah ini.

Pasal 18 Ayat 1 dan 2

  1. Rancangan arsitektur suatu bangunan atau kompleks bangunan, harus serasi dengan keseluruhan bangunan yang terdapat di lingkungannya.
  2. Dokumen lama yang ada dan masih memenuhi persyaratan dapat digunakan sebagai dasar perancangan, perencanaan bangunan dan sebagai kelengkapan persyaratan permohonan izin baru.

Pasal 28

Dalam perencanaan suatu bangunan atau lingkungan bangunan, harus dibuat perencanaan tapak menyeluruh yang mencakup rencana sirkulasi kendaraan, orang dan barang, pola parkir, pola penghijauan, ruang terbuka, sarana dan prasarana lingkungan, dengan memperhatikan keserasian terhadap lingkungan dan sesuai dengan standard lingkungan yang ditetapkan.

Pasal 29

  1. Setiap bangunan harus memenuhi persyaratan fungsi utama bangunan, keselamatan dan keamanan, kesehatan, keindahan dan keserasian bangunan.
  2. Suatu bangunan dapat terdiri dari beberapa ruangan dengan jenis penggunaan yang berbeda, sepanjang tidak menyimpang dari persyaratan teknis menurut ketentuan yang berlaku.
  3. Setiap bangunan selain terdiri dari ruang-ruang fungsi utama harus pula dilengkapi dengan ruang pelengkap serta instalasi dan perlengkapan bangunan yang dapat menjamin terselenggaranya fungsi bangunan.
  4. Lantai, dinding, langit-langit dan atap yang membentuk suatu ruangan baik secara sendirisendiri maupun menjadi menjadi suatukesatuan, yang harus dapat memenuhi kebutuhan fungsi ruang dan memenuhi persyaratan kesehatan, keselamatan dan keamanan bangunan.

Bagaimana cara memilih arsitek interior di Pekanbaru?

Setelah menyimak pembahasan di atas, tentunya Anda sudah lebih paham mengapa peran Arsitek lokal diperlukan dalam membangun suatu bangunan. Lalu, bagaimana cara mencari dan memilih arsitek berkompeten di Pekanbaru? Tidak perlu khawatir, dengan Homify, Anda dapat terhubung dengan banyak Arsitek Interior berpengalaman di Pekanbaru. Yuk, langsung konsultasikan keinginan Anda pada arsitek interior kami.

Telusuri gambar terkait