Temukan Arsitek Interior paling tepat di Pontianak | homify

1 Arsitek Interior di Pontianak

Interior Arsitek Pontianak

Pontianak merupakan ibukota provinsi Kalimantan Barat yang memiliki luas wilayah 107,82 kilometer persegi. Kota ini dibelah oleh Sungai Kapuas dan Sungai Landak dan dilalui oleh garis khatulistiwa sehingga dijuluki Kota Khatulistiwa. Perekonomian Kota Pontianak sebagian besar ditopang oleh tiga sektor, yaitu industri, perdagangan, dan pertanian.

Salah satu industri yang mendominasi di Kecamatan Pontianak Utara adalah industri karet. Industri ini menghasilkan nilai sebesar 1,51 triliun rupiah, sedangkan industri yang terdapat di Kecamatan Pontianak Kota menghasilkan nilai yang lebih kecil, yaitu 2,85 miliar Rupiah. Industri lain yang mulai berkembang pesat adalah perdagangan modern. Hal ini ditunjukkan dengan berdirinya Mal Matahari Pontianak di Pontianak Kota, Mal Pontianak, dan Ayani Mega Mall Pontianak di Pontianak Selatan). Selain itu, berbagai perusahaan retail nasional juga mulai dibangun di Pontianak.

Dengan pesatnya perkembangan Kota Pontianak yang ditandai dengan pembangunan infrastruktur dan investasi yang tinggi, maka kebutuhan akan tempat tinggal juga meningkat. Jika Anda ingin membangun hunian yang ideal di Pontianak, berikut informasi penting yang perlu Anda pertimbangkan.

Sejarah Perkembangan Arsitektur Pontianak

Zaman penjajahan Belanda memberikan pengaruh yang cukup signifikan pada sejarah perkembangan arsitektur modern di Pontianak. Salah satu gaya arsitektur modern yang terlihat jelas di Pontianak adalah Armsterdam School di sekitar daerah KOREM atau Alun-alun Kapuas. Armsterdam School adalah gaya arsitektur yang menghasilkan bangunan sebagai Total Work of Art

Beberapa bangunan dengan gaya ini terlihat pada gereja, sekolah, rumah sakit, dan kantor (bekas masa penjajahan). Berbeda dengan arsitektur aslinya di Eropa, Armsterdam School di Pontianak memiliki ciri yang disesuaikan dengan kondisi iklim dan geografis Pontianak. Hal ini tampak pada penggunaan material bangunan berupa kayu dan bukaan yang lebar untuk memudahkan sirkulasi udara.

Salah satu arsitektur bangunan yang menerapkan konsep ini adalah SMP BRUDER yang terletak di belakang Gereja St. Yoseph. Gedung ini dikerjakan secara detail, mulai dari konstruksi bangunan, ornamen, kursi, meja, hingga jendela. Selain itu, bangunan ini menggunakan lantai papan, atap sirap, ventilasi, dan konstruksi bangunan yang seluruhnya menggunakan material kayu.

Perkembangan Desain Interior Masa Kini Pontianak

Sejarah asal usul hubungan antara Cina dan Dayak di Pontianak menghasilkan konsep desain dan arsitektur restoran Cina – Dayak di Pontianak. Konsep tersebut terlihat pada filosofi, warna, suasana, barang peninggalan, yang diaplikasikan pada pengolahan material ruang. Filosofi Cina – Dayak yang hidup berdampingan diwakili oleh Guci dan Burung Enggang. Dua simbol itu menghadirkan kesan tradisional pada restoran modern dalam bentuk konsep Happiness Warm & Friendly yang berarti kebahagiaan bagi setiap pengunjung yang datang maupun pulang.

Pada layout restoran, ruangan ditata dengan mengaplikasikan filosofi Cina – Dayak tentang asal usul pembuatan guci dan sejarah burung Enggang. Jika pengunjung memasuki area restoran, maka mereka harus menggunakan lift atau tangga dan saat pengunjung memasuki area restoran, mereka akan terhubung dengan area panggung, semi dining area dan area dessert, serta showcase yang ada. Dinding didominasi warna putih dengan corak khas dan menggunakan partisi berwarna merah yang melambangkan keberanian.

Pentingnya Jasa Interior Arsitek Pontianak

Terdapat aspek-aspek penting yang berlaku untuk menciptakan rumah yang ideal di Pontianak, antara lain geografis dan iklim. Pontianak merupakan kota yang dipisahkan oleh Sungai Kapuas Besar, Sungai Kapuas Kecil, dan Sungai Landak. Terletak pada Lintasan Garis Khatulistiwa, Pontianak berada pada ketinggian berkisar antara 0,1 sampai 1,5 meter di atas permukaan laut. Kota Pontianak memiliki iklim tropis dengan suhu tinggi 28-32 °C dan siang hari 30 °C, sedangkan rata–rata kelembaban maksimum 99,58% dan minimum 53%. Selain itu, curah hujan Kota Pontianak berkisar antara 3.000–4.000 mm per tahun dengan curah hujan terbesar pada Mei dan Oktober, dan curah hujan terkecil pada Juli.  

Selain itu, aspek tata ruang wilayah Kota Pontianak juga penting untuk dipahami. Dalam Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Pontianak, Kota Pontianak memiliki peran dan fungsi sebagai PKN (Pusat Kegiatan Nasional), di mana Kota Pontianak menjadi pintu gerbang dunia internasional (khususnya ASEAN) dan menjadi pendorong bagi daerah di sekitarnya. Dalam skala regional, Kota Pontianak berperan sebagai pusat jasa dan perdagangan, serta pintu masuk dan keluar baik barang maupun orang ke wilayah propinsi Kalimantan Barat.

Dalam RTRW Kota Pontianak berdasarkan Perda Kota Pontianak Nomor 2 Tahun 2013, diatur kebijakan-kebijakan tentang kawasan permukiman, di mana rencana pola ruang kawasan permukiman dibagi menjadi:

1. Perumahan dengan kepadatan tinggi berbentuk apartemen, flat, dan rumah susun. Rata-rata kapling bangunan direncanakan 150 m2 dan berada di pusat kota dan permukiman tepian sungai kapuas.

2. Perumahan dengan kepadatan sedang dengan rata-rata kapling bangunan direncanakan 300 m2 dan berada di hampir seluruh bagian kota.

3. Perumahan dengan kepadatan rendah, berbentuk townhouse dan diarahkan di pinggiran kota atau pusat kota.

Untuk mendukung kebijakan di atas, Pontianak Barat dan Pontianak Utara juga akan dikembangkan sebagai kota baru lengkap dengan ketersediaan infrastruktur serta sarana dan prasarana.

Aspek-aspek yang berlaku di atas penting untuk dipertimbangkan dalam membangun rumah yang ideal di Pontianak. Untuk itu, perlu pemahaman yang mendalam tentang aspek-aspek yang berkaitan dengan arsitektur dan desain interior. Namun, hal itu bukan pekerjaan yang mudah. Dibutuhkan Jasa Interior Arsitek Pontianak yang mampu memahami dan mengatasi aspek-aspek yang berlaku di Pontianak. Interior Arsitek Pontianak memiliki pengetahuan dan keahlian dalam merancang dan mendesain rumah yang ideal di Pontianak, sehingga proyek renovasi rumah impian Anda bisa direalisasikan.

Bagaimana menemukan Interior Arsitek yang tepat di Pontianak? Homify akan menghubungkan Anda dengan banyak Interior Arsitek yang mumpuni dan berpengalaman di Pontianak. Saatnya berkonsultasi langsung dengan profesional kami sekarang. 

Telusuri gambar terkait