Temukan Arsitek Lanskap paling tepat di Bandung | homify

1 Arsitek Lanskap di Bandung

Arsitek Lanskap Bandung

Bandung merupakan kota yang memiliki posisi yang penting di Jawa Barat. Sebagai ibukota provinsi, peran Bandung cukup vital bagi perekonomian, sosial, politik, dan pembangunan Jawa Barat secara umum. Dalam beberapa dekade, perkembangan kota Bandung cukup pesat dengan semakin bertambahnya area permukiman, bisnis, dan perkantoran.

Dari segi jumlah penduduk, Bandung juga mengalami perubahan yang signifikan. Pada 2008, jumlah penduduk Bandung sebanyak 2.335.406 jiwa. Namun, pada 2012, Bandung mengalami peningkatan pertumbuhan penduduk sebesar 5% menjadi 2.455.517 jiwa. Hal ini berdampak pada peningkatan pengelolaan lahan yang tidak terbangun menjadi terbangun untuk kebutuhan hunian dan bisnis.

Namun, dengan adanya peningkatan lahan yang terbangun, maka perlu diimbangi dengan penambahan ruang terbuka hijau. Ruang terbuka hijau berfungsi untuk memaksimalkan fungsi ekologi sebagai penyangga kawasan Bandung. Untuk mewujudkan hal itu, diperlukan arsitektur lanskap yang memahami segala aspek yang berlaku di Bandung. Apa saja itu? Simak beberapa informasi penting berikut.

Sejarah Perkembangan Arsitektur Lanskap Bandung

Bandung mengalami perkembangan arsitektur yang penting pada awal abad ke-20. Misalnya, arsitektur lanskap yang dipengaruhi oleh kota-kota di Eropa pada masa itu. Sebagai koloni Belanda, Bandung direncanakan sebagai kota yang menerapkan konsep taman kota yang dipengaruhi era Garden City Movement oleh Ebenezer Howard.

Konsep yang juga dikenal sebagai Urban Park System ini merupakan bagian integral kota yang terinspirasi dari taman-taman publik yang berkembang di negara-negara Eropa Barat, seperti Belanda, Jerman, dan Inggris. Salah satunya, taman publik di Inggris atau English Landscape Gardening (taman alamiah gaya Inggris) yang mendasari perencanaan taman kota di Bandung, yang bersifat taman terbuka umum.

Selain itu, arsitektur permukiman di kota Bandung juga terinspirasi dari konsep kawasan permukiman di Eropa Barat pada masa itu. Penerapan konsep arsitektur tersebut terlihat pada kawasan permukiman di Bandung Utara dan kawasan permukiman di sebelah selatan Gedung Sate yang dikenal sebagai Paris van Java.

Pengertian dan Fungsi Arsitek Lanskap

Arsitek Lanskap adalah seorang ahli atau profesional di bidang ilmu dan seni arsitektur lanskap yang tugas utamanya meliputi perencanaan lanskap, perancangan lanskap, dan perancangan tapak. Tujuan Arsitek Lanskap adalah meningkatkan keindahan dan keselarasan lingkungan, memperbaiki lingkungan, dan memenuhi kebutuhan manusia dalam memanfaatkan lahan secara efisien tanpa merusak lingkungan agar tercipta kehidupan ekonomi dan sosial yang lebih baik.

Arsitek Lanskap memiliki tiga tipe aktivitas, antara lain:

1.         Perencanaan Lanskap

  • Melakukan evaluasi secara sistematis berdasarkan ilmu pengetahuan alam dan ekologi terhadap pemanfaatan lahan di masa depan.
  • Melibatkan beberapa tim ahli atau pakar di bidangnya.
  • Menghasilkan rencana tata guna lahan dan kebijakan-kebijakan tentang pengaturan jalur jalan, konservasi nilai tanah dan air, serta penunjukan lokasi industri.

2.      Perancangan Tapak

  • Persyaratan-persyaratan untuk kegunaan tapak, proses analisa, serta sintesa tapak.
  • Fasilitas dan elemen-elemen lanskap ditempatkan pada tapak sesuai dengan fungsinya.
  • Perancangan lanskap secara detail yang berupa seleksi dan ketepatan penggunaan elemen dan komponen lanskap.  

Arsitek lanskap yang baik memenuhi kriteria-kriteria berikut:

1.  Memiliki dasar pengetahuan klimatologi, ekologi, geologi, klimatologi, budaya, ekonomi, dan sosiologi.

2.  Memiliki dasar pengetahuan tentang cara penggunaan tanaman yang tepat.

3.  Memiliki pemahaman dasar tentang ilmu teknik sipil, arsitektur bangunan, tata kota dan tata daerah.

4.  Mampu mendesain atau membuat sketsa rencana dengan baik.

5.  Memiliki kesadaran ekologis dan biologis.

6.  Memiliki daya nalar ilmiah yang tinggi dan berjiwa sosial.

7.  Mampu memberi petunjuk perencanaan pembangunan prasarana maupun sarana.

Perkembangan Arsitektur Lanskap Bandung Masa Kini

Sebagai kota dengan perkembangan ruang terbuka hijau yang relatif baik, Bandung juga memiliki konsep hunian yang menerapkan arsitektur lanskap. Salah satunya adalah Rumah Botol rancangan walikota Bandung pada saat itu, Ridwan Kamil. Rumah yang unik dan ramah lingkungan tersebut bahkan mendapatkan Penghargaan Green Design Award 2009 oleh BCI Asia.

Keunikan rumah dengan desain lanskap tropis ini terletak pada penggunaan botol-botol bekas yang tidak diambil lagi oleh perusahaannya untuk diisi ulang. Suasana hijau yang alami sangat terasa melalui penggunaan lima area kecil sebagai tempat untuk menumbuhkan bunga dan tanaman. Kolam renang yang didesain dengan adanya tanaman juga menambah kesan segar dan asri.

Lanskap rumah yang terencana dengan baik ditunjukkan melalui halaman di area luar yang menyediakan udara yang segar ke dalam rumah. Adanya kolam renang di area luar juga menambah kesejukan. Selain itu, rumah ini juga memiliki pencahayaan alami yang masuk ke dalam rumah pada siang hari, sehingga tidak membutuhkan pencahayaan lampu di dalamnya.

Pentingnya Jasa Arsitek Lanskap Bandung

Banyak aspek yang mempengaruhi arsitektur lanskap di suatu wilayah. Misalnya, sejarah dan perkembangan arsitektur lanskap di Bandung. Kemudian, Bandung yang memiliki kebijakan tentang taman kota dan ruang terbuka hijau juga diperlukan pemahaman mengenai tata ruang dan tata kota untuk menciptakan hunian dengan lanskap yang ideal di Bandung.

Memahami dan mengatasi aspek-aspek yang berlaku di Bandung bukan pekerjaan yang mudah. Dibutuhkan Jasa Arsitek Lanskap Bandung yang memiliki pengetahuan dan keahlian dalam merancang lanskap yang sesuai dengan kondisi di Bandung. Arsitek Lanskap Bandung mampu memahami, menganalisa, merencanakan desain dan ruang, serta melakukan perbaikan dan perlindungan suatu lahan di Kota Bandung.

Dengan Jasa Arsitek Lanskap Bandung, maka aspek-aspek yang berlaku di Bandung akan menjadi lebih mudah dan efisien untuk diterapkan ke dalam perancangan dan perencanaan proyek arsitektur lanskap Anda.

Bagaimana menemukan Arsitek Lanskap yang tepat di Bandung? Bersama Homify, saatnya terhubung dengan banyak Arsitek Lanskap yang mumpuni dan berpengalaman di Bandung. Konsultasikan proyek lanskap Anda dengan profesional kami sekarang

Telusuri gambar terkait