Interior Desainer dan Dekorator di Bogor | homify

0 Interior Desainer dan Dekorator di Bogor

Area
Pencarian Anda tidak ada hasil. Jadilah yang pertama mengunggah foto dalam kategori ini.

Dikenal sebagai kota hujan, Bogor merupakan salah satu wilayah favorit bagi warga Jakarta dan sekitarnya untuk membangun hunian idaman. Terletak pada ketinggian 190 hingga 330 m di atas permukaan laut, Bogor memiliki udara yang relatif sejuk, sehingga cocok bagi mereka yang menginginkan ketenangan dan kenyamanan setelah beraktivitas sehari-hari. Selain itu, keunikan iklim Bogor juga dimanfaatkan oleh para perencana kolonial Belanda dengan membangun Bogor sebagai pusat penelitian botani dan pertanian, hingga kini. Posisinya yang berada di tengah-tengah wilayah Kabupaten Bogor serta berdekatan dengan Jakarta, menjadikan Bogor sebagai kota yang memiliki potensi strategis dalam perkembangan dan pertumbuhan kegiatan ekonomi. Dari segi pariwisata, Bogor memiliki banyak ikon wisata, seperti Istana Bogor dan Kebun Raya Bogor, yang kini dilengkapi dengan sarana olahraga dan pedestrian yang lebih lebar dan lebih menarik. Keuntungan lainnya jika memiliki rumah di Bogor adalah topografi yang relatif aman dari bahaya banjir alami, karena di kota ini mengalir beberapa sungai yang permukaan airnya jauh di bawah permukaan dataran, yaitu: Ci (Sungai) Liwung, Ci Sadane, Ci Pakancilan, Ci Depit, Ci Parigi, dan Ci Balok. Anda ingin merenovasi rumah impian di Bogor? Pertimbangkan hal-hal penting berikut. 

Sejarah Perkembangan Arsitektur di Bogor 

Sejarah arsitektur di Bogor tidak lepas dari pengaruh kolonial Belanda. Pada masa kolonial Belanda, Bogor atau dikenal sebagai Buitenzorg merupakan salah satu kota terpenting karena posisinya sebagai ibukota pemerintahan kolonial Hindia-Belanda. Oleh karena itu, banyak istana atau tempat peristirahatan Gubernur Jenderal Hindia Belanda yang dibangun dengan arsitektur dan desain khas Eropa. Salah satu yang paling indah adalah Istana Bogor.

Pengaruh eropa juga terlihat pada bangunan hunian Taman Kencana. Hal ini tampak pada tata letak ruang, seperti bangunan utama yang dilengkapi bangunan tambahan yang terletak pada sisi bangunan utama, teras yang berada di halaman depan, serta tampak depan (fasad) yang terlihat rapi dengan hiasan berupa lempengan batu kali

Keindahan Arsitektur Bangunan Bersejarah di Bogor

Saat menjadi ibukota pemerintahan kolonial Belanda, Bogor memiliki banyak gedung yang didesain dengan arsitektur khas Eropa. Bangunan-bangunan bersejarah yang masih berdiri kokoh di Bogor hingga kini, antara lain:

Istana Bogor 

Terinspirasi dari arsitektur Blehheim Palace, yaitu kediaman Duke Malborough, dekat kota Oxford di Inggris, Istana Bogor pernah menjadi tempat penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) APEC pada 1994. Gedung yang dulunya bernama Buitenzorg atau Sans Souci ini dibangun pada 1744 dan dirancang oleh Gubernur Jenderal Gustaaf Willem Baron Van Imhoff. Gedung yang dikenal sebagai salah satu bangunan terindah di Indonesia ini pada awalnya ditujukan untuk rumah peristirahatan. 

Gereja Katedral Bogor 

Salah satu gedung peninggalan kolonial bergaya arsitektur Neo Gothic ini tetap terlihat kokoh menjulang di antara bangunan-bangunan modern di sekitarnya. Terletak di seberang gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Kota Bogor, sejarah gedung ini berawal ketika seorang tokoh Katolik Belanda, Mgr. A.C. Claessens, yang mendirikan sebuah rumah peristirahatan sekaligus tempat pelaksanaan Misa Kudus bagi para warga Belanda penganut Katolik dari Batavia (Jakarta) yang sedang berkunjung ke Bogor. 

Balai Kota Bogor 

Gedung yang dibangun pada 1868 ini pada awalnya berfungsi sebagai Societeit atau tempat perkumpulan komunitas warga Belanda. Arsitektur gedung dibuat dengan gaya Eropa, yaitu berwarna putih, penggunaan pilar-pilar besar, pintu dan jendela yang berukuran besar, dan ornamen yang menarik. Selain itu, di bagian tengah terdapat Central Room yang terdiri dari kamar tidur utama dan kamar tidur lainnya. Ruangan ini terhubung langsung dengan teras depan dan teras belakang yang luas, serta di ujungnya terdapat barisan kolom yang bergaya Yunani atau Romawi dengan pilar-pilar Doric, Ionic, atau Corinthian.

Perkembangan Desain Interior Bogor Masa Kini 

Mengenal Bogor lebih dekat adalah salah satu tema desain interior yang banyak diterapkan pada banyak bangunan masa kini di Bogor. Salah satunya adalah Lemongrass, restoran yang menghadirkan keindahan kota Bogor melalui konsep “Tropical Paradise”. Kesan tropis sangat terasa dengan adanya berbagai taman terbuka, pemilihan warna furnitur yang beragam, serta penggunaan aksen kayu daur ulang, dan mural-mural unik, yang memberikan kesegaran dan kenyamanan khas surga tropis kota Bogor.

Konsep “Tropical Paradise” juga terlihat pada bangunan secara keseluruhan melalui arsitektur, interior, hingga bagian lanskap, yang dirancang menyatu satu sama lain sehingga menyerupai surga tropis. Dengan ruangan terbuka yang berfungsi sebagai sirkulasi udara yang baik, Lemongrass juga menggabungkan unsur modern dengan sentuhan alam yang memberikan ketenangan dan kesegaran bagi para pengunjung.

Suasana alam yang hijau dan alami sangat terasa saat memasuki restoran. Mulai dari koridor yang didesain seperti sebuah hutan, lengkap dengan suara air dari kolam, dan penghijauan yang eksotis. Penggunaan material alam seperti bebatuan, kayu, dan ubin terakota, membentuk kesatuan elemen desain yang menciptakan ruangan yang hangat dan nyaman untuk makan, minum, atau sekedar berkumpul dengan teman atau keluarga. 

Pentingnya Peran Interior Desainer & Dekorator di Bogor 

Sebagai kota yang merepresentasikan perpaduan budaya tradisional Sunda, budaya kolonial Belanda, dan sisi modern kota metropolitan, sangat penting untuk memahami segala aspek yang berlaku dalam membangun rumah impian di Bogor.

Aspek -aspek tersebut, antara lain:

1. Konservasi dan Integrasi Kawasan dengan Nilai Sejarah Mempertimbangkan renovasi rumah yang selaras dengan kawasan atau bangunan-bangunan bersejarah sangat penting untuk melindungi kekayaan/arsitektur asli kota Bogor.

 2. Morfologi Kota Membangun rumah tidak hanya aspek fisik, namun juga mempelajari sejarah, kebudayaan, sosial, dan ekonomi, dan aspek lain yang mempengaruhi perubahan bentuk ruang kota.

 3. Pola Mobilitas Masyarakat Memahami pergerakan sosial/masyarakat di Bogor akan membantu dalam pemilihan tata ruang dan struktur bangunan yang tepat untuk rumah Anda.           

4. Iklim, Geografi dan Curah Hujan yang Tinggi Memperhitungkan iklim, geografi, dan curah hujan yang tinggi di Bogor akan menentukan ketepatan dalam struktur bangunan dan desain interior suatu rumah.

Memahami semua aspek yang berlaku di suatu wilayah untuk mendesain rumah yang sesuai dengan kebutuhan adalah pekerjaan yang tidak mudah. Dibutuhkan jasa Interior Desainer dan Dekorator Bogor yang memahami aspek-aspek penting, seperti budaya lokal, sejarah arsitektur, perkembangan kota dan masyarakat, iklim dan geografis Bogor. Dengan pengetahuan dan keahlian yang dimilikinya, Interior Desainer dan Dekorator Bogor akan memudahkan dalam pengerjaan proyek renovasi rumah dan membantu dalam merealisasikan rumah impian Anda. 

Bagaimana cara menemukan Interior Desainer dan Dekorator yang tepat di Bogor? Homify menghubungkan Anda dengan banyak Interior Desainer dan Dekorator yang mumpuni dan berpengalaman di Bogor. Saatnya berkonsultasi dengan profesional kami tentang proyek renovasi Anda dan wujudkan rumah idaman.