Temukan Interior Desainer dan Dekorator paling tepat di Depok | homify

2 Interior Desainer dan Dekorator di Depok

Sejarah Depok tidak lepas dari Cornelis Chastelein yang mendirikan Depok pada 18 Mei 1693. Cornelis Chastelein adalah seorang pejabat VOC yang membeli lahan di Mampang dan Depok Lama untuk dijadikan sebagai perkebunan.

Depok merupakan bagian dari Provinsi Jawa Barat yang terletak di antara Jakarta dan Bogor. Dengan posisi yang strategis, Depok sebagai kota penyangga Jakarta mengalami perkembangan kota dan masyarakat yang sangat pesat. Perubahan wajah Depok yang semakin maju dan modern dimulai sejak Depok ditetapkan menjadi kotamadya pada 20 April 1999.

Berbagai pembangunan infrastruktur, seperti jalan umum, pusat perbelanjaan, dan apartemen, terlihat di mana-mana. Termasuk, pembangunan beberapa ruas jalan tol untuk mengantisipasi pertumbuhan ekonomi dan penduduk, seperti Jalan Tol Cinere-Jagorawi dan Depok-Antasari, yang menghubungkan Jakarta, Depok dan Bogor.

Masyarakat Depok yang majemuk, namun bisa hidup berdampingan, merupakan salah satu faktor yang mendorong kemajuan Depok di segala sektor. Hal itu ditunjukkan dengan terpilihnya Depok sebagai salah satu dari 10 kota di Indonesia yang berhasil melaksanakan otonomi daerah dan tingkat perekonomian Depok yang berada di atas rata-rata nasional.

Sebagai kota yang berkembang pesat di segala bidang, hunian yang layak di Depok merupakan kebutuhan kaum urban saat ini. Anda ingin merenovasi rumah impian di Depok? Berikut informasi penting yang perlu Anda simak.

Sejarah dan Pengaruh Arsitektur di Depok

Masuknya kolonial di Indonesia membawa pengaruh yang signifikan pada segala bidang kehidupan, termasuk arsitektur. Bangunan-bangunan bergaya kolonial banyak ditemukan dan menjadi peninggalan yang memiliki nilai sejarah tinggi. Salah satu wilayah yang memiliki pengaruh sejarah masa kolonial yang kuat adalah Depok.

Bangunan bergaya kolonial tersebar di seluruh Depok, namun mayoritas berada di Jalan Pemuda. Jalan Pemuda merupakan kawasan tua dengan suasana kolonial yang kuat dan juga cikal bakal berdirinya Depok. Banyak peninggalan arsitektur kolonial yang bisa ditemukan, khususnya peninggalan Cornelis Chastelein, sang pendiri Depok. Salah satunya, Gereja Immanuel Depok, yang dibangun pada abad 18 dan menerapkan gaya Renaissance, seperti gereja-gereja di Belanda pada umumnya. Gaya arsitektur khas Belanda, seperti dinding serta bingkai pintu dan jendela, masih tetap kuat meskipun beberapa kali mengalami renovasi.

Secara keseluruhan, arsitektur bangunan-bangunan kolonial di Jalan Pemuda memiliki gaya unik khas Belanda. Seperti fasad bangunan, bentuk yang simetris, dinding tebal, plafon tinggi, pilar-pilar dengan ruang terbuka, pintu dan jendela yang besar, serta warna putih yang mendominasi.

Peran Interior Desainer dan Dekorator Lokal dalam Merenovasi Rumah

Interior Desainer dan Dekorator sama-sama memiliki peran yang besar dalam meningkatkan kualitas tempat tinggal. Namun, ada perbedaan yang cukup signifikan dari segi bidang kerja, lingkup kerja, dan pendidikan. Interior Desainer memiliki tanggung jawab yang lebih luas, seperti perancangan ruang, perencanaan tata letak ruang, mengatur pencahayaan, memilih bahan, menentukan warna, merancang furnitur, mengatur dekorasi, dan masih banyak lagi. Semuanya dikerjakan atas dasar pertimbangan fungsional, estetika, kesehatan, keamanan, dan kenyamanan.

Sedangkan Dekorator adalah bagian dari desain interior yang berfokus pada menghias ruangan dan penataan perabot serta aksesorisnya. Namun, ia tidak mempertimbangkan interaksi dan kebiasaan manusia yang merupakan bidang Desain Interior. Meskipun tanggung jawabnya tidak seluas Interior Desainer, Dekorator bisa membantu Interior Desainer dalam merancang ruangan dan mendesain ulang tata ruang.

Pentingnya Jasa Interior Desainer & Dekorator di Depok

Salah satu hal penting yang perlu Anda perhitungkan dalam merenovasi rumah di Depok adalah iklim tropis dan gaya hidup. Salah satu contoh yang menyesuaikan dengan iklim tropis di Depok adalah rumah berkonsep tropis modern di Pesona Khayangan, Depok. Rumah ini memiliki atap berbentuk limas dengan kemiringan 30 derajat untuk memperlancar sirkulasi udara sehingga memberikan efek sejuk pada ruangan. Konsep modern tropis juga terlihat pada jendela-jendela vertikal dengan bukaan yang lebar untuk mempermudah aliran udara dan cahaya matahari dari luar, yang membuat rumah menjadi sejuk dan terang tapi tak menyilaukan.

Perkembangan kota dan masyarakat di Depok juga penting untuk menjadi pertimbangan dalam menerapkan desain dan dekorasi interior yang tepat bagi rumah Anda. Depok adalah kota yang saat ini mengalami perkembangan pesat di segala sektor kehidupan. Hal itu berdampak positif terhadap perekonomian Depok dengan masuknya berbagai investasi, seperti properti, mal, kuliner, dan ritel, yang menjadikan Depok sebagai kota bisnis yang menjanjikan.

Iklim investasi yang sehat memicu banyak kaum urban untuk memilih Depok sebagai lokasi tujuan bisnis sekaligus tempat tinggal. Bahkan, angka kaum urban yang datang ke Depok melebihi angka kelahiran yang ada di Depok. Hal ini menunjukkan Depok sebagai kota urban, di mana warganya banyak yang kerja di Jakarta, tapi tinggal di Depok karena akses transportasi dan jalan.

Gaya hidup kaum urban erat kaitannya dengan mobilitas dan fleksibilitas. Kehidupan yang digerakkan oleh teknologi, namun tetap mengutamakan seni dan sosial budaya, menjadi ciri tersendiri kaum ini. Banyak desain interior dan dekorasi bangunan di Depok yang mengakomodasi kebutuhan gaya hidup urban, misalnya café-café di sepanjang Jalan Margonda yang menerapkan konsep hip culture dengan pengaruh dari beragam desain modern, seperti industrial, kontemporer, art pop, dan eklektik.

Dua faktor tersebut menjadi pertimbangan penting dalam merenovasi rumah di Depok. Namun, untuk merealisasikannya, tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Dibutuhkan jasa Interior Desainer dan Dekorator Depok untuk memenuhi semua aspek yang berlaku dalam renovasi rumah di Depok. Dengan bantuan Interior Desainer dan Dekorator Depok yang memahami perkembangan kota dan masyarakat Depok, maka impian Anda untuk memiliki rumah yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan bisa terwujud.

Bagaimana menemukan Interior Desainer dan Dekorator yang tepat di Depok? Homify menghubungkan Anda dengan banyak Interior Desainer & Dekorator yang mumpuni dan berpengalaman di Depok. Saatnya berkonsultasi dengan profesional kami sekarang untuk wujudkan rumah impian Anda.

Telusuri gambar terkait