Temukan Interior Desainer dan Dekorator paling tepat di Medan | homify

1 Interior Desainer dan Dekorator di Medan

Interior Desainer & Dekorator Medan

Apartemen menjadi solusi jitu di tengah laju modernisasi Kota Medan. Meski desainnya terkesan monoton, pemilik apartemen masih bisa melakukan rekonstruksi untuk memenuhi selera pribadinya. Kabar bagus, karena kini homify juga bekerjasama dengan interior desainer & dekorator Medan. Manfaatkan layanan mereka demi menciptakan hunian nyaman yang membuat Anda betah berada di dalamnya.

15 Tahun lalu, tak ada satu apartemen pun di Medan. Apartemen pertama kali dibangun di pada 2005, dan jumlahnya makin banyak dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Diiringi dengan berdirinya pusat-pusat bisnis dan perkantoran, semakin memperkuat predikat Medan sebagai kota metropolitan.

Apartemen merupakan salah satu penanda pertumbuhan ekonomi. Pilihan mengakuisisi apartemen adalah keputusan visioner untuk investasi jangka panjang. Juga cukup rasional mengingat harga rumah tapak di pusat Kota Medan terus merangkak naik.

Ketika menginginkan lokasi hunian strategis dengan biaya operasional lebih murah, apartemenlah solusinya. Sebidang apartemen studio seluas 30 meter persegi akan sesuai dengan gaya hidup modern para eksekutif muda di Medan.

Pertimbangan Sebelum Merenovasi Apartemen di Medan

Ukuran apartemen studio benar-benar pas untuk seorang lajang. Setelah berpasangan biasanya akan memerlukan sedikit penyesuaian agar cukup ditinggali bersama. Di sinilah Anda membutuhkan bantuan interior desainer & dekorator Medan.

Saat ini Anda sudah berada di laman yang tepat. Homify menyajikan data ribuan profesional di bidang properti yang siap membantu Anda. Tapi sebelum mulai mengetikkan sesuatu di kolom pencarian, pertimbangkan beberapa hal berikut ini. Jika Anda memikirkannya dengan seksama, keputusan untuk merenovasi apartemen akan semakin mantap.

1.  Anggaran

Anggaran biaya menjadi pertimbangan utama karena begitu besar pengaruhnya terhadap pilihan seseorang. Bukan hanya dalam bidang properti, tetapi juga secara umum. Jumlah dana akan menentukan seberapa besar perubahan yang Anda inginkan, termasuk jenis pekerjaan yang diharapkan. Memilih layanan desain, dekorasi, atau keduanya? Tergantung jumlah dana tabungan yang tersedia.

2.  Kebijakan Pengelola Apartemen

Silakan membongkar habis seisi apartemen dan mengubahnya sesuai selera. Tapi pastikan pihak pengelola memang benar-benar memperbolehkannya. Biasanya manajemen apartemen menerapkan peraturan khusus terkait urusan renovasi. Meski pemilik berhak melakukan apa saja, sebaiknya Anda mengomunikasikan maksud dan tujuan kepada pihak manajemen agar mendapatkan arahan lebih lanjut.

3.  Kebutuhan Ruang

Berapa orang penghuni apartemen Anda? Sedikit gambaran, luas apartemen studio masih cukup buat pasangan suami istri yang belum memiliki momongan. Jika lebih dari 2 orang, sepertinya Anda perlu mencari hunian lebih luas. Kebutuhan ruang berkaitan dengan penggunaan perabot dan penataan efektif demi pergerakan yang lebih leluasa.

4.  Instalasi Listrik, Air, dan Lain-lain

Renovasi harus tetap memperhatikan instalasi berbagai sumber daya penting, seperti listrik, air, dan pendingin ruangan. Anda disarankan tetap mengikuti instalasi yang ada tanpa membuat perubahan terlalu signifikan. Selain lebih mudah, pengeluaran pun tak jadi bengkak.

Layanan Interior Desainer & Dekorator Medan

Di lapangan terdapat penilaian salah kaprah yang menyebut interior desainer sama dengan dekorator. Memang, pada umumnya desainer interior juga menangani pekerjaan dekorasi. Tapi sebenarnya ada beberapa perbedaan antara kedua jenis pekerjaan tersebut, antara lain:

1.  Lingkup Pekerjaan

Perbedaan paling mencolok terletak dalam hal lingkup pekerjaan. Desainer interior bertanggung jawab membuat konsep ruangan bersama arsitek. Kemudian merencanakan penataannya, sekaligus turut menentukan penggunaan material dan pemasangan interior secara mendetail.

Sebaliknya, dekorator tidak mengurusi semuanya. Melainkan hanya menuangkan konsep desain pada aplikasi nyata. Menambah pernak-pernik perabot, mengubah warna dinding, dan segala hal untuk memperindah ruangan. Artinya, tugas desainer interior lebih kompleks daripada dekorator.

2.  Tujuan Utama

Karena fungsinya sekadar untuk menghias ruangan, maka dekorator hanya akan menimbang segi  keindahan. Ini berbeda dengan pekerjaan interior desainer yang jauh lebih menyeluruh.

Desainer tak hanya memperhatikan nilai estetika semata, tetapi lebih menitikberatkan pada aspek fungsional, kenyamanan, keselamatan, dan keamanan penghuni ruangan nantinya. Fungsi ruangan harus tetap maksimal demi memberikan pengalaman terbaik bagi penggunanya.

3.  Latar Belakang Edukasi

Siapa saja bisa menjadi dekorator asalkan punya wawasan seni dekorasi dan citarasa seni yang cukup. Apalagi tidak ada aturan khusus yang mengharuskan dekorator menempuh ujian kompetensi terlebih dulu sebelum menggeluti profesi tersebut.

Desainer interior harus memiliki sertifikat keahlian dan ijasah valid. Tanpa keduanya, pelanggan patut mempertanyakan legalitas usahanya. Seorang desainer interior wajib memahami dasar-dasar seni arsitektur, dekorasi, serta mengerti benar teori perilaku penghuni rumah. Dan tentu saja ilmu tersebut lebih banyak diperoleh melalui pendidikan formal.

Perkiraan Biaya Renovasi Interior dan Dekorasi Apartemen

Renovasi apartemen terbagi dalam 3 tahap, yaitu persiapan, sipil, dan furnitur, dengan rincian biaya sebagai berikut.

  1. Pekerjaan Persiapan

    Tahap ini meliputi pembuatan desain dan bongkar muat ruangan. Tarif desainer interior flat di Medan berkisar mulai dari Rp800.000,-. Seperti di wilayah lain, sebagian juga memberlakukan tarif persentase, yakni sebesar 3% – 10% dari total pengeluaran.

    Biaya bongkar muat ruangan apartemen sekitar Rp500.000,-. Angka ini sudah termasuk penyewaan kendaraan bongkar muat dan tenaga pembersihan untuk satu hari kerja.

2.  Pekerjaan Sipil & Arsitektur

Demi penghematan, Anda bisa membuat sedikit perubahan penting. Misalnya pada bagian dapur, cukup dengan memasang topping meja bermotif segar dan mengganti kitchen sink yang senada. Atau mempermanis ruangan lain dengan mengubah warna cat dan menambahkan wallpaper, hingga menambahkan gorden.

Jika Anda memilih topping baru berbahan granit, perkiraan biayanya Rp900.000,- per meter persegi. Kitchen sink bisa Anda beli seharga mulai dari Rp450.000,-. Untuk pengecatan dan pemasangan wallpaper, biayanya sekitar Rp150.000,- per meter persegi.

3.  Pekerjaan Furnitur

Apabila menghendaki desain perabot bertema khusus, sampaikan kepada interior desainer dan dekorator Anda untuk membuatnya. Kisaran harga pembuatan lemari, kitchen set, dan meja mulai dari Rp 1 juta-an per meter persegi, tergantung bahan dan tingkat kesulitannya. Selebihnya Anda masih bisa memanfaatkan furnitur lama dan menjual yang tak terpakai.

Harga-harga di atas bersifat perkiraan, berdasarkan penyedia layanan interior desainer & dekorator Medan dengan tarif persentase. Setidaknya untuk sementara waktu Anda sudah mengetahui jumlah dana yang perlu disiapkan. Lalu berapakah tarif pastinya? Langsung saja berkomunikasi dengan salah satu interior desainer & dekorator Medan di laman Homify.  

Telusuri gambar terkait