Temukan Perencana Dapur paling tepat di Bandung | homify

0 Perencana Dapur di Bandung

Pencarian Anda tidak ada hasil. Jadilah yang pertama mengunggah foto dalam kategori ini.

Perencana Dapur Bandung

Bandung merupakan kota metropolitan terbesar sekaligus ibu kota Provinsi Jawa Barat. Kota yang terkenal dengan kuliner dan fesyennya ini memiliki beberapa sejarah penting, salah satunya adalah dibangunnya ITB yang merupakan perguruan tinggi teknik pertama di Indonesia, menjadi lokasi bersejarah peristiwa Bandung Lautan Api, dan pernah menjadi tempat berlangsungnya Konferensi Asia-Afrika pada tahun 1955. Kota Bandung juga memperoleh sebutan kota paling aman di dunia berdasarkan sebuah survei dari majalah Time pada tahun 1990.

Bandung memiliki sebutan Kota Kembang karena pada zaman dahulu, banyak yang menganggap kota ini teramat cantik dengan rimbunnya pepohonan dan bunga-bunga yang indah. Bandung juga dikenal dengan sebutan Paris van Java karena keindahanya. Selain itu, banyaknya mall dan factory outlet yang tersebar di seluruh kota ini serta jajanan khasnya yang sedap, Bandung menjadi kota tujuan wisata favorit bagi para wisatawan. 

Desain Interior Dapur Favorit di Bandung

Dewasa ini, dapur bukanlah elemen dalam rumah yang dipandang sebelah mata. Dapur bukan hanya tempat untuk memasak, dan desain dapur benar-benar memengaruhi suasana di dalam rumah. Itulah mengapa pemilik rumah sekarang berlomba-lomba untuk mempercantik area dapur. Di bawah ini adalah beberapa desain interior dapur yang menjadi favorit masyarakat Bandung.

1.  Dapur minimalis

Sama seperti desain rumah minimalis, dapur yang didesain minimalis juga menjadi favorit orang Bandung. Dengan mengedepankan fungsionalitas, desain interior ini cocok diterapkan pada hunian yang memiliki keterbatasan ruang. Pemakaian perabot multifungsi merupakan ciri khas model ini.

2.  Desain klasik

Desain klasik memang identik dengan hunian mewah. Namun, bukan berarti dapur di rumah sederhana tidak cocok dengan desain klasik. Meskipun membutuhkan kejelian dalam proses pembuatannya, mulai dari pemilihan material hingga detailing, penggunaan desain klasik pada dapur bisa menghadirkan suasana yang berbeda di dalam rumah. Anda juga bisa menggabungkan warna-warna pastel pada desain ini agar tampilannya semakin cantik.

3.  Dapur yang didominasi warna putih

Semua pemilik rumah ingin memiliki hunian yang nyaman dan dapat merepresentasikan kepribadian mereka. Model dapur yang didominasi warna putih akan memberikan kesan damai dan membuat dapur rumah tampak lebih luas. Dominasi warna putih juga menonjolkan kesederhanaan.

Hal-hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Merenovasi Dapur

Sebelum merenovasi dapur, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan agar bisa mendapatkan dapur ideal yang mengutamakan kenyamanan dan efisiensi. Di bawah ini adalah tiga faktor yang perlu Anda perhitungkan ketika merenovasi dapur:

1.  Kompor

Posisi kompor sangat berpengaruh terhadap faktor keamanan dan kenyamanan di dapur. Jangan letakkan kompor di depan jendela terbuka karena dapat mengganggu api kompor saat memasak. Jika Anda menggunakan kompor gas, simpan tabung gas di dalam lemari penyimpanan dan di luar area dapur dan di dekat ruang terbuka. 

2.  Kulkas

Selain kompor, posisi kulkas juga penting. Jangan letakkan kulkas di dekat kompor atau area yang terkena sinar matahari langsung. Tujuannya adalah untuk mencegah naiknya suhu kulkas saat dibuka sehingga penggunaan listrik bisa boros.

3.  Wastafel

Wastafel sebaiknya diletakkan di hadapan atau setidaknya di dekat jendela yang terbuka. Tujuannya adalah agar udara di dalam dapur dapat bersirkulasi dengan baik dan menghindari kelembapan. Jangan tempatkan wastafel di sebelah kompor, atau setidaknya beri jarak sekitar 50 cm. 

Perencanaan Dapur yang Efektif

Sebelum merenovasi dapur, sebaiknya Anda memiliki perencanaan terlebih dahulu karena perencanaan yang efektif dapat mempermudah proses renovasi. Inilah beberapa langkah untuk mendapatkan dapur yang ideal.

  • Ukur ketersediaan lahan untuk membangun dapur
  • Analisa penempatan keran air dan buangan
  • Rencanakan peletakkan peralatan elektronik dan peralatan cuci yang ditempatkan di dapur
  • Pilihlah material kitchen set dan top table
  • Atur tata letak dapur, mulai dari posisi elektronik, hingga peralatan cuci, yang bisa menjadi pertimbangan dalam membuat titik listrik, kabinet untuk menutupi saluran buangan air, dan lain-lain.
  • Tentukan luas kabinet berdasarkan rak siap pakai agar memaksimalkan penyimpanan pada kitchen set.
  • Jika ingin membangun breakfast bar, pastikan lorong dapur setidaknya 80 cm agar aktivitas memasak lebih efisien.

    Perlukah Menggunakan Jasa Perencana Dapur di Bandung?

    Seperti halnya membangun rumah, membangun atau merenovasi area dapur membutuhkan perencanaan yang telaten dan keahlian serta pemahaman khusus mengenai aturan pembangunan yang berlaku di Bandung. Konsep dapur yang sesuai dengan iklim daerah dan keadaan geografis area dapur akan memberikan rasa nyaman pada penghuni rumah.

    Membangun area dapur yang ideal di Bandung juga harus mempertimbangkan beberapa faktor lainnya, misalnya ukuran dapur, kenyamanan ruangan, sirkulasi udara, pencahayaan, sistem instalasi listrik, dan penyaluran air. Karena banyaknya pertimbangan, memahami semua aspek-aspek pembangunan tersebut bukanlah hal yang mudah. 

    Untuk membangun dapur yang aman dan sesuai ekspektasi, keahlian perencana dapur Bandung amat dibutuhkan. Perencana dapur Bandung dapat menguasai segala aspek dan aturan pembangunan yang berlaku di Bandung serta membantu merapkan konsep desain yang Anda inginkan. Dengan jasa perencana dapur Bandung, proyek pembangunan atau renovasi dapur akan berjalan lebih cepat, efektif, dan terencana. Dapur idaman Anda bisa segera Anda dapatkan!

    Jika Anda mencari perencana dapur di Bandung yang tepercaya dan berkualitas, Homify dapat menghubungkan Anda dengan banyak perencana dapur yang mumpuni dan berpengalaman. Konsultasikan dengan profesional kami tentang desain yang Anda inginkan dan wujudkan dapur impian Anda!

  • Telusuri gambar terkait