Perencana Dapur di Batam | homify

0 Perencana Dapur di Batam

Area
Pencarian Anda tidak ada hasil. Jadilah yang pertama mengunggah foto dalam kategori ini.

Perencana Dapur Batam

Wisata kuliner bagaikan magnet yang terus menyedot turis untuk mengunjungi suatu tempat, tak terkecuali Kota Batam. Bagi Anda yang berjiwa bisnis, tentu saja peluang emas di bidang kuliner sayang untuk dilewatkan. Tapi Anda akan perlu bekerjasama dengan seorang perencana dapur Batam jika ingin serius menggeluti bisnis ini.

Kota Batam saat ini bukan hanya sebagai pusat perdagangan, melainkan juga menjadi gerbang masuk pariwisata Indonesia setelah Bali dan Jakarta. Sekitar seperempat dari seluruh kunjungan turis asing ke Indonesia memasuki pintu Batam setiap tahunnya. Ini belum termasuk wisatawan domestik yang memenuhi destinasi-destinasi di Batam, seperti  Pantai Marina, Jembatan Barelang, Pulau Putri, atau Batam Wake Park.

Seiring dengan perkembangan tersebut, pemerintah setempat semakin meningkatkan infrastruktur wisata di Kota Batam. Berbagai kegiatan juga terus digelar untuk mendongkrak kunjungan turis, terutama yang berasal dari mancanegara.Namun usaha pemerintah setempat tak akan maksimal tanpa dukungan sektor swasta. 

Kunjungan wisatawan yang meningkat pesat akan berbanding lurus dengan kebutuhan sarana akomodasi. Bukan hanya tempat untuk beristirahat, tetapi juga rumah-rumah makan khas sebagai sarana mengisi perut. Tentu saja dapur menjadi faktor penentu dalam hal ini. Pembuatan dapur harus direncanakan sematang mungkin, untuk mendukung aktivitas para koki dalam membuat berbagai menu penggugah selera.  

Tipe Dapur untuk Industri Katering

Perencanaan awal pada dapur perlu mempertimbangkan beberapa faktor berikut.

  1. Target jumlah tamu/pelanggan yang hadir setiap harinya.
  2. Jumlah sajian atau menu yang perlu disiapkan untuk melayani para tamu/pelanggan.
  3. Sistem dan tata cara menghidangkan sajian menu kepada tamu/pelanggan.
  4. Tata cara pemesanan menu dan penyajiannya kepada pelanggan.
  5. Pengaturan stok bahan makanan dan pencucian perkakas.

Kelima faktor ini akan menentukan tipe dapur yang direncanakan sesuai dengan kebutuhan. Pada industri catering berstandar internasional, dapur diklasifikasikan menjadi 4 jenis, yaitu:

  1. Conventional Kitchen: biasanya untuk restoran kecil dengan ragam menu dan jumlah meja yang terbatas. Semua bagian dapur, seperti preparasi, penghidangan, dan pencucian berada di area yang sama.
  2. Combined Preparation and Finishing Kitchen: dalam satu area dapur terdapat dua lokasi khusus untuk bagian persiapan (preparation) dan penghidangan (finishing) di bloknya masing-masing. Kedua bagian ini dapat bersinergi secara dinamis untuk menciptakan alur kinerja dapur yang efisien.  
  3. Separated Preparation and Finishing Kitchen: hampir sama dengan jenis dapur komersial sebelumnya, tipe yang satu ini menempatkan bagian preparasi dan penghidangan di area berbeda. Setiap bagian memiliki peralatan lengkapnya masing-masing. Umumnya jenis dapur ini dipakai oleh industri katering berskala besar, seperti restoran hotel atau kantin perusahaan multinasional.  
  4. Convenience Kitchen: seperti pada restoran siap saji, jenis dapur ini menitikberatkan pada akses paling mudah terhadap bahan mentah. Bahan-bahan mentah ditempatkan dalam satu wadah khusus, dipisahkan berdasarkan jenisnya masing-masing.  

Pengaturan tata ruang dapur dalam industri katering harus menitikberatkan pada efisiensi alur kerja. Penempatan perkakas dapur berukuran besar, seperti kulkas, kompor, oven, alat panggang, dan alat-alat berat lainnya, harus dapat menjamin lancarnya lalu lintas semua personel di dalam dapur.

Perencanaan Dapur Rumah Tangga

Perencanaan dapur bukan semata-mata penting untuk industri katering. Sebuah rumah modern juga membutuhkan penataan dapur yang baik. Pasalnya dapur saat ini banyak digunakan pula sebagai ruang keluarga. Sambil menunggu ibu menyiapkan sarapan atau makan malam, anak-anak bisa bercerita mengenai hari-hari mereka, sementara ayah mendengarkannya dengan seksama.

Oleh karena itu, dewasa ini kita mengenal beberapa metode penataan ruang dapur. Jika Anda berencana membuat atau merenovasi dapur, pertimbangkan satu di antara 5 model layout berikut ini.

  1. Single Line
    Model yang satu ini hanya memanfaatkan salah satu sisi ruangan untuk menempatkan berbagai perabot dapur, sementara sisi lainnya digunakan sebagai ruang mobilitas. Meski dinilai kurang efisien, tetapi dapur single line lebih menghemat tempat daripada model lainnya. Karenanya model dapur ini banyak ditemukan di hunian-hunian dengan dimensi kecil, seperti apartemen.
  2. Double Line
    Jika single line hanya menggunakan satu sisi, maka double line membagi dapur menjadi dua bagian, yaitu dapur bersih dan dapur kotor. Dapur kotor adalah tempat memasak sejak mengolah bahan mentah hingga jadi, sedangkan dapur bersih untuk kebutuhan yang lebih instan. Pastikan alokasi ruangan dapur cukup luas jika Anda ingin mengaplikasikan model ini.
  3. Dapur Bentuk 'L'
    Umum disebut juga dengan dapur sudut, dengan meja dan perabot ditempatkan menurut bentuk siku dinding. Anda dapat memosisikan dapur bersih melekat di salah satu dinding, dan dapur kotor di potongan dinding lainnya. Lebih efisien dari double line, karena tidak memakan banyak tempat.
  4. Model 'U'
    Dapur model 'U' disarankan untuk ruangan berdimensi luas, karena memanfaatkan 3 sisi mengikuti bentuk dinding. Model ini cocok digunakan jika Anda berencana menyimpan banyak bahan makanan. Anda dapat memanfaatkan salah satu sisi yang memanjang sebagai meja makan atau bar untuk memaksimalkan fungsi dapur.
  5. Model Pulau (Island)
    Bagi pecinta kemewahan, model yang satu ini cukup direkomendasikan. Pulau berarti ada satu bagian dapur berada di tengah, terpisah dari meja utama. Bagian yang terpisah ini bisa digunakan sebagai dapur bersih, atau sekaligus tempat menyantap hidangan.

Kisaran Biaya Perencana Dapur Batam

Setelah melihat-lihat berbagai model dapur, baik untuk industri katering maupun rumah tangga di atas, sudahkah Anda memiliki gambaran? Jika memang belum, temukan referensi desain dapur yang banyak bertebaran di Homify. Sementara itu Anda juga perlu menyiapkan dana untuk membiayai perencana dapur Batam berikut pembangunannya. Rinciannya adalah sebagai berikut:

  • Tahap Persiapan
    Tahap persiapan meliputi pemilihan bentuk, desain, dan material interior. Menyewa jasa perencana dapur akan menghemat waktu Anda. Biaya konsultasi dan pembuatan rencana pembangunan berkisar mulai dari Rp 500 ribu-an per meter persegi. Jika menginginkan pengerjaan tuntas, desainer interior biasanya bakal menetapkan komisi maksimal 5% dari total pengeluaran proyek.
  • Tahap Pembangunan
    Pembuatan kitchen set dan kabinet termurah harganya Rp 2 juta-an per meter persegi, dengan kombinasi bahan kayu, stainless, dan granit untuk permukaan meja. Itu belum termasuk berbagai aksesoris di dalamnya. Anda bisa memilih produk jadi yang banyak dijual seharga mulai dari Rp 1 juta-an, tergantung desain dapurnya. Untuk biaya instalasi jaringan sanitasi, siapkan dana minimal Rp 500 ribu, plus fee tukang Rp 150 ribu sehari untuk tiap kepala. Harga ubin sekitar Rp 100 ribu per meter persegi, angka yang sama untuk cat dinding berkualitas dalam kemasan 5 kg.   
  • Tahap Finishing
    Setelah dapur jadi, barulah Anda bisa mengisinya dengan berbagai perabot. Beberapa perabot utama, seperti kompor dan oven seharga mulai dari Rp 300 ribu, serta kulkas 2 pintu mulai Rp 2,5 juta-an.

Agar aman, siapkan dana sedikitnya Rp 15 juta khusus untuk membangun dapur saja. Dana tersebut sudah cukup untuk membiayai pembuatan dapur minimalis dengan material berkualitas, termasuk layanan perencana dapur yang Anda sewa. Untuk menemukan perencana dapur di Batam, Anda bisa langsung mencarinya di laman profesional Homify.