Perencana Dapur di Depok | homify

0 Perencana Dapur di Depok

Area
Pencarian Anda tidak ada hasil. Jadilah yang pertama mengunggah foto dalam kategori ini.

Perencana Dapur Depok

Sejak berubah status menjadi Kotamadya pada 1999, banyak investor mulai berdatangan dan mengubah wajah Depok menjadi semakin maju. Berbagai investasi, seperti properti, perdagangan dan jasa, serta pergudangan, kini menjadi penopang perekonomian Kota Depok. Bahkan, sektor properti yang memiliki porsi sebesar 35-40% dari total investasi di Depok, diprediksi akan semakin naik pertumbuhannya di masa depan.

Dengan kemajuan ekonomi yang pesat, posisi Depok sejajar dengan kota-kota penyangga DKI Jakarta lainnya yang masuk dalam lingkar Jabodetabek. Hal ini juga didukung dengan adanya pembangunan infrastruktur yang masif, seperti jalan tol terbaru, yang menjadikan Depok sebagai poros lalu lintas Jakarta-Depok-Bogor dan menjadi wilayah transit dan sub-urban Jakarta dan Bogor.

Seiring dengan perkembangan kota yang pesat, keterbatasan lahan yang tersedia menjadi salah satu kendala dalam membangun hunian di Depok. Untuk mengatasi hal tersebut, Pemerintah Kota Depok memberlakukan kebijakan baru terhadap arah pengembangan hunian di Depok, yaitu membangun hunian vertikal atau apartemen, khususnya di kawasan Margonda.

Jika Anda ingin merenovasi dapur di Depok, keterbatasan lahan merupakan salah satu faktor yang perlu untuk dipertimbangkan. Namun, masih banyak hal yang perlu Anda pertimbangkan untuk menciptakan dapur yang ideal di Depok. Apa saja itu? Simak informasi berikut.

Keuntungan menggunakan perencana dapur untuk merancang dapur anda

Pembangunan infrastruktur dan investasi yang pesat membuat permintaan hunian di Depok meningkat dari tahun ke tahun. Namun, semakin tinggi permintaan hunian, maka semakin terbatas lahan yang tersedia untuk membangun rumah. Keterbatasan ini berdampak pada ukuran rumah yang relatif kecil sehingga pemilik rumah harus bisa mengatur penggunaan ruang dengan lebih efektif. Salah satu ruangan yang perlu mendapatkan perhatian lebih adalah dapur.

Dapur tidak hanya dipandang sebagai tempat untuk memasak, namun juga tempat berkumpul keluarga. Perencanaan dapur, mulai dari layout dapur, furnitur, peralatan dapur, hingga sistem penyimpanan, penting untuk diterapkan agar tercipta dapur yang ideal bagi seluruh keluarga. Untuk memaksimalkan fungsi dan kenyamanan dapur, Anda perlu mengenal bagian-bagian pembentuk sebuah dapur berikut.

1.  Kabinet Bawah

Bagian ini berfungsi sebagai tempat menyimpan peralatan dapur yang paling sering digunakan karena posisinya mudah dijangkau tangan. Selain itu, bagian ini juga berfungsi sebagai tempat menyimpan tabung gas, saluran sanitasi, dan beberapa peralatan elektronik.

2.  Top Table

Bagian ini adalah tempat untuk melakukan aktivitas, seperti mencuci, memotong, menyiapkan, hingga memasak. Untuk menjaga kenyamanan saat aktivitas di dapur, pastikan ketinggian top table sesuai dengan ukuran ideal penghuni rumah. Dari segi material, sebaiknya pilih batuan alam yang kuat, tahan air, dan tahan api.

3.  Breakfast Bar (Island)

Pada umumnya, bagian ini berupa meja bata masif yang dilapisi top table. Di Amerika, breakfast bar berfungsi sebagai meja sarapan dan meja racik tambahan. Namun, di Indonesia, bagian ini dikenal dengan istilah island. Jika dapur Anda luas, gunakan island permanen, tetapi jika dapur Anda terbatas, siasati dengan meja island beroda yang bisa dipindahkan secara fleksibel.

4.  Kabinet Atas

Bagian ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan peralatan dapur yang jarang digunakan, karena posisinya yang relatif susah dijangkau. Selain itu, bagian ini juga berfungsi sebagai media penunjang estetika atau dekoratif, yang menampilkan dekorasi dan ornamen.

Bagaimana Merencanakan Dapur yang Efektif

Perencanaan dapur yang efektif diperlukan untuk memudahkan proyek renovasi dapur. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda terapkan untuk mewujudkan dapur yang ideal.

  • Mengukur ketersediaan lahan untuk membangun dapur
  • Menganalisa penempatan keran air dan buangan
  • Menentukan peralatan elektronik dan peralatan cuci yang ditempatkan di dapur
  • Pemilihan material kitchen set dan top table
  • Mengatur tata letak dapur, mulai dari posisi elektronik, hingga peralatan cuci, yang bisa menjadi pertimbangan dalam membuat titik listrik, kabinet untuk menutupi saluran buangan air, dan lain-lain.
  • Menentukan luas kabinet berdasarkan rak siap pakai agar memaksimalkan penyimpanan pada kitchen set.
  • Jika ingin membangun breakfast bar, pastikan lorong dapur setidaknya 80 cm agar aktivitas memasak lebih efisien.

Pentingnya Jasa Perencana Dapur di Depok

Membangun dapur tidak hanya soal mendesain dapur dari segi fungsi dan estetika, namun juga harus mempertimbangkan aspek-aspek yang berlaku di Depok. Salah satu aspek yang penting untuk diterapkan adalah Peraturan Daerah Kota Depok Nomor 03 Tahun 2006 tentang Bangunan dan Retribusi Izin Mendirikan Bangunan.

Dalam aturan tersebut, khususnya Pasal 12, dijelaskan bahwa persyaratan kepadatan dan ketinggian bangunan, meliputi Koefisien Dasar Bangunan (KDB), Koefisien Lantai Bangunan (KLB), dan ketinggian bangunan sesuai ketentuan yang ditetapkan pada lokasi yang bersangkutan.

Selain itu, terdapat persyaratan arsitektur bangunan di Depok, yang meliputi:

1.  Persyaratan tampilan bangunan, tata ruang dalam, keseimbangan, keserasian, dan keselarasan bangunan dengan lingkungannya, serta pertimbangan adanya keseimbangan antara nilai-nilai sosial budaya lokal terhadap perkembangan arsitektur.

2.  Persyaratan tampilan bangunan harus memperhatikan bentuk dan karakteristik arsitektur dan lingkungan setempat.

3.  Persyaratan tata ruang dalam bangunan harus mempertimbangkan fungsi ruang, arsitektur bangunan, dan ketahanan bangunan.

4.  Persyaratan keseimbangan, keserasian, dan keselarasan bangunan dengan lingkungan harus mempertimbangkan ruang terbuka hijau yang seimbang dan selaras dengan lingkungannya.

Selain itu, aspek-aspek lainnya, seperti perkembangan kota dan masyarakat, geografis, dan iklim, juga penting untuk dipertimbangkan dalam merenovasi dapur di Depok. Untuk memahami dan menerapkan aspek-aspek tersebut bukan hal yang mudah. Oleh karena itu, dibutuhkan jasa Perencana Dapur Depok yang memiliki pengetahuan dan keahlian untuk memahami dan mengatasi aspek-aspek yang berlaku di Depok. Dengan Jasa Perencana Dapur Depok, impian Anda untuk memiliki dapur yang ideal akan menjadi nyata.

Bagaimana menemukan Perencana Dapur yang tepat di Depok? Anda tidak perlu khawatir, Homify menghubungkan Anda dengan banyak Perencana Dapur yang mumpuni dan berpengalaman di Depok. Saatnya berkonsultasi dengan profesional kami sekarang untuk realisasikan dapur idaman Anda. 

Telusuri gambar terkait