Temukan Perencana Dapur paling tepat di Makassar | homify

0 Perencana Dapur di Makassar

Pencarian Anda tidak ada hasil. Jadilah yang pertama mengunggah foto dalam kategori ini.

Perencana Dapur Makassar

Sebagai ibukota provinsi Sulawesi Selatan, Makassar adalah pusat pemerintahan dan perekonomian yang penting di Sulawesi. Dengan jumlah penduduk 1.265.521 jiwa, Makassar merupakan kota terpadat di Sulawesi Selatan. Tingginya tingkat pertumbuhan penduduk di Kota Makassar terjadi karena adanya arus urbanisasi dari daerah lainnya di Sulawesi Selatan.

Makassar memiliki peran yang penting dalam lalu lintas perdagangan dan perekonomian di Indonesia. Hal ini disebabkan oleh posisi Makassar yang strategis, yaitu berada di persimpangan jalur lalu lintas dari arah selatan dan utara provinsi di Sulawesi, dari wilayah barat ke wilayah timur Indonesia, serta dari wilayah utara ke wilayah selatan Indonesia.

Kemajuan ekonomi Makassar juga diperkuat dengan struktur masyarakat Makassar yang terdiri dari beragam suku bangsa dan budaya, seperti Bugis, Toraja, Mandar, Buton, Jawa, dan Tionghoa, yang bisa hidup berdampingan. Meskipun beragam, namun, Makassar tetap menjaga nilai-nilai lokal yang tercermin melalui arsitektur bangunannya.

Anda ingin membangun dapur yang ideal di Makassar? Berikut beberapa informasi penting yang perlu Anda pertimbangkan.

Pengaruh Filosofi Lokal Pada Arsitektur Makassar

Sebagai kota yang mendapatkan pengaruh budaya Bugis yang kuat, Makassar memiliki banyak arsitektur bangunan yang menerapkan nilai-nilai lokal. Berikut penerapan nilai-nilai lokal pada arsitektur bangunan tersebut.

1.  Atap

Atap disusun dalam tiga bagian berdasarkan fungsinya, yaitu bagian atas (rakeang), terdiri dari loteng dan atap, yang menggunakan material berupa seng dan sebagian asbes. Atap berbentuk prisma dan menggunakan tutup bubungan yang disebut Timpak Laja.  

2.  Bukaan

Pada umumnya, material yang digunakan untuk dinding adalah kayu, yang disusun secara melintang horisontal dan dilapisi dengan cat kayu warna. Elemen penting lainnya, yaitu pintu yang menggunakan dinding pembatas setinggi lutut pada bagian bawah untuk melindungi anak-anak agar tidak jatuh ke bawah, jendela yang berfungsi sebagai ventilasi udara dan ditempatkan pada dinding di antara dua tiang, dan lubang ventilasi untuk mengalirkan udara silang dari arah yang berbeda.

3.    Ragam Hias

Penggunaan motif kayu tempel yang menyerupai sinar matahari tampak pada bagian depan timpak laja. Motif ini merupakan simbol pencerahan yang terinspirasi dari elemen-elemen bentuk yang banyak digunakan oleh simbol-simbol organisasi Islam.

Sedangkan, struktur bangunan menggunakan rumah panggung yang menggunakan tiang penyangga. Material yang banyak digunakan, antara lain Ipi, Kayu Bitti, Ipi, Cendana, Amar, Durian, Tippulu, Besi, Nangka, Kelapa, Lontar, Pinang, Batang Enau, Ijuk, dan Ilalang. Sedangkan, dinding terbuat dari anyaman bambu atau papan dan atap terbuat dari daun nipah, sirap atau seng.

Konsep Arsitektur Makassar Pada Ruangan

Sistem tingkatan sosial Bugis juga berpengaruh pada arsitektur Makassar. Tingkatan sosial tersebut, antara lain Anakarung (bangsawan), to maradeka (rakyat biasa), dan ata (sahaya). Berdasarkan tingkatan sosialnya, berikut pola bentuk rumah atau ruangan di Makassar.

1.  Sao-raja (sallasa) è

Rumah berukuran besar yang ditempati oleh keluarga kaum bangsawan. Pada umumnya, memiliki tiang dengan alas bertingkat di bagian bawah dan atap dilengkapi dengan bubungan bersusun tiga atau lebih.

2.  Sao-piti è 

Rumah dengan ukuran yang lebih kecil dan dilengkapi dengan bubungan yang bersusun dua.

3.  Bola è

Rumah yang ditempati oleh masyarakat biasa

Ciri-ciri arsitektur rumah Bugis pada umumnya tidak bersekat-sekat, denah rumah yang tertutup, dan tanpa serambi yang terbuka. Secara spasial vertikal, arsitektur rumah Bugis dibagi dalam tiga bagian, yaitu:

  • Rakeangè: Bagian atas yang terdiri dari loteng dan atap rumah dan digunakan sebagai tempat penyimpanan padi dan bahan-bahan pangan lainnya, serta benda-benda pusaka.
  • Alo-bola (alle bola): Bagian ini terletak di antara lantai dan loteng ruang dan dibagi menjadi ruang-ruang khusus, yang berfungsi untuk menerima tamu, tidur, dan makan.
  • Awaso: Bagian ini terletak di bagian bawah antara lantai dengan tanah atau bagian bawah lantai panggung sebagai tempat penyimpanan alat-alat pertanian dan ternak.

Dari segi spasial horisontal, pembagian ruang dibagi dalam tiga bagian:

1.  Lontang risaliweng (ruang depan)

Ruangan ini bersifat semi pribadi yang berfungsi sebagai tempat menerima tamu, tempat bermusyawarah, tempat tidur tamu, dan tempat menyimpan benih. Selain itu, ruangan ini adalah tempat berkomunikasi dengan orang luar yang sudah diizinkan masuk.

2.  Lontang retengngah (ruang tengah)

Ruangan pribadi yang digunakan khusus untuk keluarga dan berfungsi untuk tempat tidur kepala keluarga dan anak-anak yang belum dewasa, serta tempat makan.

3.  Lontang rilaleng (latte rilaleng)

Ruangan sangat pribadi yang berfungsi sebagai tempat tidur anak gadis atau nenek/kakek.

Selain itu, ada tambahan dua ruangan lagi untuk Sao raja, yaitu Lego-lego atau ruangan tambahan dan Dapureng (jonghe) atau dapur yang biasanya terletak di bagian belakang atau samping rumah yang berfungsi sebagai tempat memasak dan tempat penyimpanan peralatan masak.

Pentingnya Jasa Perencana Dapur Makassar

Kemajuan kota, perkembangan masyarakat yang pesat, dan nilai-nilai lokal merupakan aspek yang penting untuk dipertimbangkan dalam merencanakan dapur di Makassar. Aspek ini berpengaruh pada penerapan konsep desain interior yang tepat pada dapur Anda. Selain itu, iklim Makassar yang mengalami pergantian musim tiap tahun, yaitu musim kemarau dan musim hujan, dan wilayah yang subur, adalah aspek lainnya yang tidak kalah penting.

Menerapkan semua aspek tersebut bukan pekerjaan yang mudah. Dibutuhkan jasa Perencana Dapur Makassar yang memiliki pengetahuan dan keahlian untuk memahami dan mengatasi faktor-faktor yang mempengaruhi perencanaan dapur di Makassar. Dengan jasa Perencana Dapur Makassar, maka Anda bisa mendapatkan kemudahan untuk menerapkan aspek-aspek yang berlaku di Makassar untuk mewujudkan dapur yang ideal.

Bagaimana menemukan Perencana Dapur yang tepat di Makassar? Saatnya merealisasikan dapur impian Bersama Homify yang menghubungkan Anda dengan banyak Perencana Dapur yang mumpuni dan berpengalaman di Makassar. Konsultasikan dengan profesional kami tentang proyek dapur Anda sekarang.

Telusuri gambar terkait