Temukan Perencana Dapur paling tepat di Medan | homify

0 Perencana Dapur di Medan

Pencarian Anda tidak ada hasil. Jadilah yang pertama mengunggah foto dalam kategori ini.

Sebelum menjadi ibukota Provinsi Sumatera Utara, Medan adalah sebuah kampung di pertemuan Sungai Deli dan Sungai Babura yang didirikan oleh Guru Patimpus. Pada 1632, Medan dijadikan sebagai pusat pemerintahan Kesultanan Deli yang merupakan kerajaan Melayu. Pada masa kini, Kota Medan yang merupakan pintu gerbang wilayah Indonesia bagian barat dan berbatasan dengan Selat Malaka adalah kota perdagangan, industri, dan bisnis, yang sangat penting di Indonesia.

Berbagai infrastruktur dibangun untuk memperkuat posisi tersebut, seperti Pelabuhan Belawan dan Bandar Udara Internasional Kuala Namu yang merupakan bandara terbesar kedua di Indonesia. Bahkan, Medan menjadi kota pertama di Indonesia yang mengintegrasikan bandara dengan kereta api untuk kemudahan akses ke pusat kota.

Perkembangan Medan sebagai kota metropolitan juga didukung dengan masyarakatnya yang terdiri dari berbagai latar belakang budaya dan agama, seperti Melayu, Karo, Batak, Jawa, Mandailing, India, dan Tionghoa. Sebagian besar masyarakatnya bekerja di sektor perdagangan yang semakin memperkuat perekonomian Medan.

Dengan perkembangan kota yang pesat, prospek Medan sebagai kota hunian yang ideal sangat menjanjikan. Anda ingin mewujudkan rumah impian di Medan? Pertimbangkan beberapa hal penting berikut.

Sejarah Perkembangan Arsitektur di Medan

Pada masa lalu, Medan adalah kota yang menerima pengaruh arsitektur transisi, di mana arsitektur Eropa berpadu dengan arsitektur lokal. Salah satunya adalah Kantor Pos Medan. Bangunan tersebut menggunakan banyak elemen yang menerapkan prinsip arsitektur transisi, seperti atap atas ornamen, menara, atap berhias, gevel, dan adanya motif di dalam dan luar bangunan. Selain itu, terdapat juga ruang tengah berukuran besar yang berfungsi sebagai fasad utama.

Pengaruh arsitektur Eropa yang sangat kuat membuat Medan pernah dijuluki sebagai Paris van Sumatera. Hal ini masih terlihat pada beberapa bangunan di Medan hingga kini, terutama di kawasan Kesawan. Kawasan Kesawan memiliki banyak peninggalan gedung kolonial bersejarah, seperti bekas gedung Bank Nederlandsche Handel Maatschappij yang dibangun pada 1888 dan kini menjadi gedung Bank Mandiri, kemudian Restoran Tip Top yang bangunannya dipengaruhi oleh bangunan gaya Eropa, dengan adanya beberapa meja di bagian luar.

Selain itu, terdapat juga Gedung BKS-PPS yang dibangun pada 1918. Gedung dengan arsitektur yang unik ini dulunya milik AVROS (Algemeene Vereeniging van Rubberplanters ter Oostkusst van Sumatera) yang merupakan perusahaan perkebunan milik Belanda, Inggris, Belgia, Jerman, dan Prancis. Bangunan bergaya art deco ini memiliki jendela-jendela kaca besar dan dilengkapi kubah melengkung. Setiap lantai dibangun menyerupai galeri terbuka dengan balkon yang memudahkan sirkulasi udara agar ruangan tetap terasa sejuk.

Hal-hal yang Perlu Dipertimbangkan dalam Merenovasi Dapur

Sebagai salah satu ruangan yang penting di rumah, membangun dapur diperlukan perencanaan yang matang. Terlebih, dapur tidak hanya berfungsi sebagai tempat memasak, namun juga tempat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau kolega. Untuk menciptakan dapur yang ideal, ada beberapa hal yang penting untuk dipertimbangkan.

1. Ruang Penyimpanan

Rancanglah dapur dengan desain yang memanfaatkan bidang horizontal dan vertikal agar memaksimalkan ruang penyimpanan dapur. Ruangan ini digunakan sebagai ruang penyimpanan peralatan dapur atau barang keperluan lainnya sehingga membuat dapur terlihat indah dan tertata rapi.

2. Penempatan Kitchen Sink, Kulkas dan Kompor

Sebagai tiga fitur yang paling sering digunakan di dapur, pastikan penempatan Kitchen Sink berdekatan atau tanpa penghalang dengan kulkas dan kompor. Kemudahan akses ketiga komponen tersebut akan memudahkan proses memasak atau aktivitas lainnya di dapur.

3. Meja Dapur

Meja dapur merupakan fitur penting dalam kegiatan persiapan memasak, oleh karena itu, pastikan desain meja dapur simpel dan minimalis. Hindari ornamen dan dekorasi meja dapur berlebihan, yang hanya akan mengganggu aktivitas memasak.

4. Pencahayaan Dapur

Salah satu hal yang menentukan kelancaran aktivitas di dapur adalah pencahayaan. Pastikan pencahayaan yang baik dan terang agar penghuni rumah nyaman beraktivitas di dalamnya.

5. Material Dinding

Kegiatan memasak melibatkan banyak bahan memasak, seperti minyak, cuka, kecap, dan lain-lain, yang tidak jarang mengotori dinding di meja dapur. Untuk menghindari kerusakan pada dinding dapur, gunakan material yang tahan terhadap air dan mudah dibersihkan seperti stainless steel atau keramik dan hindari penggunaan cat pada dinding dapur.

6. Ventilasi Udara

Tampilan dapur yang cantik tidak ada artinya tanpa ventilasi udara yang baik. Ventilasi udara yang baik di dapur akan menghindari bau masakan tajam yang membuat tidak nyaman dan kelembaban yang berlebihan, yang memicu spora jamur tumbuh, terutama di bagian-bagian dapur yang tersembunyi.

Perlukah Menggunakan Jasa Perencana Dapur di Medan?

Menciptakan dapur yang ideal tidak hanya soal fungsional dan estetika dari sebuah dapur, namun juga memperhitungkan aspek-aspek yang berlaku di wilayah tersebut. Salah satunya adalah aturan bangunan di Medan, yaitu Perda Kota Medan Nomor 2 Tahun 2015 yang mengatur beberapa hal berikut:

Koefisen Dasar Bangunan (KDB), adalah angka persentase perbandingan antara luas seluruh lantai dasar bangunan gedung dan luas lahan/tanah perpetakan/daerah perencanaan yang dikuasai sesuai rencana tata ruang dan RTBL.

Koefisien Lantai Bangunan (KLB), merupakan persentase perbandingan antara luas tanah daerah perencanaan dan luas seluruh lantai bangunan gedung yang dikuasai sesuai dengan rencana tata ruang dan RTBL.

Aspek iklim dan geografis di Medan juga penting untuk menjadi pertimbangan dalam merenovasi dapur. Konsep dapur yang disesuaikan dengan iklim dan geografis Medan akan membuat perawatan dapur lebih efisien sehingga bisa menghemat pengeluaran di masa depan. Selain itu, memperhitungkan iklim dan geografis bisa menekan biaya renovasi dapur di masa depan. Agar memenuhi aspek-aspek tersebut, dibutuhkan pengetahuan dan keahlian dari Perencana Dapur Medan yang memahami perkembangan kota, aturan lokal, iklim, geografis, serta sosial dan budaya di Medan.

Bagaimana menemukan Perencana Dapur yang tepat di Medan? Bersama Homify, Anda bisa terhubung secara mudah dengan banyak Perencana Dapur yang mumpuni dan berpengalaman di Medan. Saatnya berkonsultasi dengan profesional kami untuk realisasikan dapur impian.

Telusuri gambar terkait