Kolam renang: Ide desain, inspirasi & gambar

  1. Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
    Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
  2. Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
    Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
  3. Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
    Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
  4. Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
    Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?

Kolam renang merupakan sesuatu yang dapat dinikmati sepanjang tahun di Indonesia, karena iklim yang tropis dan selalu hangat. Daripada harus pulang pergi setiap hari untuk berolahraga setelah seharian beraktifitas dan membuang waktu, kenapa tidak membangun sendiri di halaman belakang. Lahan terbatas pun tidak masalah! Fungsi kolam renang tentu tidak hanya untuk olahraga atau bersantai, ia juga merupakan pelengkap yang asyik untuk pesta. Ikuti panduan homify berikut ini sebelum anda memutuskan untuk membangun kolam renang anda di rumah.

Jenis kolam renang apa yang cocok untuk rumah saya?

・Kolam renang tersembunyi/hidden pool
・Kolam renang tangki

・Kolam renang alami/natural pool

・Beach entry pool/kolam renang pantai

・Indoor pool/kolam renang di dalam ruang

・Waving pool/kolam renang bergelombang

・Kolam renang sederhana

Kolam renang biasanya didesain untuk berbentuk geometris: kebanyakan persegi panjang karena lebih fungsional tetapi kadang juga tapal kuda. Ada juga yang memiliki bentuk bermacam-macam tapi tentu ini tak sesuai dengan lahan kecil karena lebih memakan tempat. Namun sebetulnya kolam renang juga bisa disesuaikan bentuknya dengan lahan yang ada.

Kolam renang memiliki penampakan yang mirip dengan kolam biasa, terkadang pinggirnya berhias batu dan tanaman air. Anda dapat menambahkan air mancur atau bahkan gazebo untuk bersantai dan berjemur setelah berenang yang dapat dihubungkan dengan jembatan kecil. Jika anda memang menginginkan kolam renang hanya untuk olahraga maka kolam renang yang memanjang lebih tepat untuk anda. Walaupun lebih sulit untuk didesain, namun pada dasarnya ia tetap persegi panjang atau malah melingkar mengelilingi halaman belakang anda jika memungkinkan.

Alternatif lain adalah untuk membangun kolam renang di atas permukaan tanah, namun hal ini tidak disarankan untuk struktur tanah yang kurang stabil. Selain itu, perawatannya pun lebih sulit. Solusi ini lebih disarankan jika memang hanya untuk jangka waktu pendek saja.

Peralatan apa saja yang diperlukan untuk membangun kolam renang?

Kolam renang anda akan membutuhkan pompa dan motor untuk sirkulasi air. Anda dapat membeli motor yang lebih efisien dalam memanfaatkan energi, dengan pompa berkualitas. Sistem filter sebaiknya juga diperhatikan dengan sesama agar higienitas tetap terjaga, alternatif yang paling sering dipilih adalah filter cartridge. Filter ini menggunakan kain untuk menyaring kemurnian air. Perawatannya minimum dan harganya pun terjangkau.

Filter tipe pasir menggunakan pasir halus untuk menyaring air jadi lebih jernih dan lebih murah namun harus dibersihkan secara teratur. Filter tipe DE efektif menyingkirkan alga dan sisa asbestos dari dalam air. Untuk filter DE, ada dua jenis kategori yaitu filter tekanan dan filter vakum. Filter tekanan lebih efisien dalam membersihkan air, namun filter vakum butuh lebih sedikit perawatan.

Seberapa besar kolam renang sebaiknya dibangun?

Dimensi kolam renang domestik, seperti disebutkan sebelumnya, tergantung dari seberapa besar lahan yang tersedia. Namun biasanya 3,7 x 7,3 meter dengan kedalaman sekitar 2 meter dapat menjadi ukuran standar untuk kolam renang rumahan. Desain apapun, termasuk persegi panjang dan tapal kuda dapat dibuat melandai. Jika kolam renang akan digunakan oleh anak-anak maka skalanya dapat diperkecil dan kedalamannya dapat dikurangi hingga satu meter saja.

Apa saja yang sebaiknya dipertimbangkan untuk kolam renang dalam ruangan?

Kolam renang dalam ruangan tidak hanya digunakan semata-mata untuk berenang saja, tapi juga untuk meningkatkan estetika dan juga ruang sosial. Karena harus disesuaikan dengan interior ruangan dan seisi rumah, maka kolam renang dalam ruangan memerlukan perencanaan yang lebih matang. Estetika dan fungsionalitas perlu diperhatikan agar tetap serasi. Misalnya jika rumah berkesan minimalis dan elegan maka desain kolam renang di dalam ruangan pun sebaiknya menyesuaikan.

Kolam renang dapat juga dibangun di ruang bawah tanah jika memang tidak ada tanah kosong, atau bahkan di luar ruangan seperti di lantai atas atap/rooftop. Namun tentu perlu perencanaan yang akurat agar terdapat ventilasi yang cukup dan perawatan pun tidak terlalu menyulitkan anda. Selain itu banyak hal lain yang perlu diperhatikan seperti debu, mekanisme anti bocor/anti air dan kelembapan. Gaya yang cocok untuk dipilih misalnya ubin keramik atau mosaik kaca.

Bagaimana mengatur penerangan kolam renang?

Kolam renang dengan LED sedang sangat populer. Selain cantik, ia pun tahan jauh lebih lama daripada lampu halogen. Warna LED pun dapat diganti sesuai keinginan, begitu pula intensitas cahayanya. Energi yang digunakan LED harus efisien, artinya per meter persegi 0,7 lumens saja cukup. Artinya kolam renang seluas 100 meter persegi cukup menggunakan lampu LED sejumlah 700 lumens saja. Hal ini karena asalkan penerangan cukup menerangi sudut-sudut yang penting maka mata kita sudah akan mencakup detail yang mungkin tidak anda perhitungkan. Lampu yang terlalu terang pun tidak nyaman dilihat dan juga tidak baik untuk mata.

Tempatkan lampu LED 50-75 cm di bawah permukaan air. Gunakan minimal dua buah lampu di arah berlawanan untuk pencahayaan maksimal, atau ke arah luar rumah. Jangan lupa sisakan sedikit kabel di atas permukaan air untuk memudahkan perawatan sewaktu-waktu, kira-kira 1 atau 2 meter saja.

Faktor pencahayaan kolam renang:

Keamanan
Seberapa lembap dan basah kolam renang menjadi faktor keamanan bagi pengguna terutama jika ada kabel yang bocor. Sehingga dari memilih bahan seperti kabel, lampu, instalasi, dsb sebaiknya selalu utamakan keamanan.

Perawatan/pemeliharaan
Ini adalah salah satu alasan utama anda harus mempertimbangkan baik-baik penempatan sumber pencahayaan untuk kolam renang. Sumber cahaya yang berada langsung di bawah air akan menyulitkan pemeliharaan, misalnya anda harus menyurutkan air hanya untuk mengganti lampu, sekalipun umur lampu LED rata-rata 50k jam.

Jangkauan sebar cahaya
Reflektansi cahaya
Fungsionalitas

Jangan lupa bahwa tujuan utama pencahayaan adalah agar tiap sudut penting nampak dengan jelas. Bukan hanya diatas permukaan air, namun juga bagian dalam kolam renang seperti kedalaman, posisi tangga, dsb.




Di lain juga homify tersedia di sini layanan:
Rumah ahli konsultasi gratis |  kediaman daftar ahli  |  daftar produk interior