Ide desain & gambar pintu kayu l homify Ide desain & gambar pintu kayu

Ide desain & gambar pintu kayu

  1. Oleh 漢玥室內設計 Industrial Parket Multicolored
    Ad
  2. Oleh Pierre Bernard Création Rustic Kayu Wood effect
  3. Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
  4. Oleh homify Modern
  5. Oleh كاسل للإستشارات الهندسية وأعمال الديكور في القاهرة Country MDF
  6. Oleh Maciel e Maira Arquitetos Modern
  7. Oleh CREA arquitectos Modern Kayu Wood effect
  8. Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
  9. Sukima House Oleh 山本嘉寛建築設計事務所 YYAA Asia Kayu Wood effect
  10. Oleh homify Klasik
  11. Oleh Chantal Forzatti architetto Country Kayu Buatan Transparent
  12. Oleh 雅和室內設計 Skandinavia
  13. Oleh 360 Home Interior Modern
  14. Oleh RAWI Arquitetura + Design Minimalis Kayu Wood effect
    Ad
  15. Oleh schroetter-lenzi Architekten Modern Kayu Wood effect
  16. Oleh BAUM Modern Parket Multicolored
  17. Oleh Building Pictures Minimalis
  18. Oleh Beer GmbH Country
  19. Oleh Beer GmbH Country
  20. Oleh Beer GmbH Country
  21. Oleh Valdez Arquitectos Modern
  22. Oleh Tropic responses Tropis
  23. Oleh SERRURIER PARIS Modern
  24. Oleh SERRURIER PARIS Modern
  25. Oleh serrurier-paris Modern Besi/Baja
  26. Oleh serrurier-paris Modern Besi/Baja
  27. Oleh serrurier-paris Modern Besi/Baja
  28. Oleh Estudio Torrado Minimalis Kayu Wood effect
  29. Oleh AMID Modern Parket Multicolored
    Ad
  30. Oleh Sonal Khosla Eklektik
  31. Oleh Carpinteria Gonzalez Rustic Parket Multicolored
  32. Oleh Almadera Modern Kayu Wood effect
  33. Oleh Công Ty TNHH XD Cảnh Quan Vườn Nhà Đẹp Eklektik

Bahan kayu menjadi bahan pilihan utama daun pintu untuk hunian Indonesia. Untuk mendapatkan nilai estetika sempurna, maka pintu kayu tidak hanya harus cantik namun juga perlu anti rayap dan memiliki tekstur yang sempurna. Namun iklim dan kelembapan dapat menyebabkan perubahan ukuran daun pintu, terutama jika kayu tersebut hanya memiliki satu bagian utuh (pintu solid).

Apa saja jenis pintu kayu?

1. Pintu kayu alami

Jika anda memang memiliki dana lebih dari cukup, maka anda dapat memilih kayu alami. Keuntungan dari bahan ini adalah ia mudah ditemukan dan harganya tidak terlalu mahal, karena tersedia banyak bahan mentah dan pengrajin lokal yang membuatnya.

2. Pintu engineered/kayu campur

Terbuat dari campuran berbagai jenis kayu, biasanya kayu sisa yang dihancurkan kemudian dijadikan satu dan menyerupai kayu solid dengan pelapisan veneer.

3. Pintu batten

Pintu jenis ini lebih sering dijumpai pada bangunan tua, karena desainnya sederhana dan mudah dibuat. Sayangnya pintu batten sudah jarang digunakan pada arsitektur modern meskipun dulunya sangat populer. Pintu ini terbuat dari beberapa balok kayu kecil setebal kurang lebih 35 mm secara vertikal, dijadikan satu dengan grooving kemudian diberi 3 balok lain sebagai penguat struktur. Walaupun sudah jarang digunakan sebagai desain pintu rumah hunian namun ia masih sering digunakan untuk desain jenis peternakan.

4. Pintu panel

Desain ini masih populer digunakan untuk hunian di Indonesia karena terlihat sederhana namun elegan. Pintu kayu ini terdiri dari beberapa bagian yaitu: frame kayu, komponen panel board/MDF/blockboard/HDF dan kadang beberapa panel kaca (atau bahan lain) kecil. Pintu ini populer karena desainnya yang beragam serta fleksibel, juga harga yang terjangkau.

5. Pintu flush

Pada dasarnya desain ini merupakan desain pintu kayu yang paling standar, karena desainnya yang polos. Konstruksi pintu flush terdiri dari kerangka kayu/particle board/mdf (medium density fibreboard), ditutup dengan triplek 3 mm (plywood) kemudian diberi pelapis kulit (veneer kayu, HPL atau cat duco). Pintu ini cenderung ringan sehingga lebih sering digunakan untuk bagian interior/pintu dalam, meskipun dengan sedikit penyesuaian material dapat juga digunakan sebagai pintu eksterior/pintu depan.

Bagaimana cara yang baik untuk merawat pintu kayu?

Dari serangan rayap

Rayap seringkali bersarang di dalam tanah, kemudian berpindah pada perabot kayu - menggerogoti dari dalam hingga kayu menjadi lapuk dan berubah jadi debu. Cara paling mudah menghilangkan rayap sebetulnya bukan dengan semprotan zat kimia, melainkan dengan membersihkan saluran air dan selokan sehingga kelembapan tetap terjaga dan rayap tidak merasa nyaman karena ia menyukai tempat yang lembap. Selain itu kebersihan ventilasi juga sebaiknya dijaga, usahakan tidak menempatkan material kayu terlalu dekat dengan pondasi rumah dan hindari menumpuk kayu di dalam rumah. Pastikan ventilasi atau segala lubang bersih dari serpihan cat atau batu bata karena akan mengundang rayap untuk masuk. Terakhir, tentu pastikan rawat pintu dan piranti kayu lainnya secara berkala, dengan membersihkan dan memberikan plitur baru. Ingat bahwa kayu berkualitas rendah lebih rentan rayap.

Agar tidak sulit dibuka saat menyusut/membengkak

Pintu kayu secara umum membutuhkan perawatan lebih banyak dibandingkan fiberglass atau bahan lain. Pastikan pintu kayu sudah dilapisi dengan baik untuk mengurangi kemungkinan pintu sulit dibuka saat menyusut, membengkak atau melengkung. Jika sudah terlanjur lengket maka alternatif yang dapat anda lakukan adalah mencopot, mengamplas kemudian dipasang kembali. Selain itu, tips lainnya adalah memberikan rongga yang cukup antara pintu dengan kusen.

Agar tahan hujan dan matahari

Lapisi seluruh permukaan dengan cat atau pernis untuk melindungi kayu, terutama yang diformulasikan untuk menyerap cahaya ultra violet (UV).

Jika belum yakin desain apa yang pas untuk rumah anda atau anda kurang yakin perawatan lebih lanjut apa yang tepat untuk pintu anda, hubungi langsung tenaga profesional yang ahli di bidang pintu.