Ide desain & gambar ruang tamu l homify Ide desain & gambar ruang tamu

Ide desain & gambar ruang tamu

  1. Wisata Bukit Mas, Surabaya: Ruang Keluarga oleh AIRE INTERIOR , Klasik Kaca
  2. 'S' house: Ruang Keluarga oleh Simple Projects Architecture, Tropis Granit
  3. Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
  4. 'S' house: Ruang Keluarga oleh Simple Projects Architecture, Tropis Granit
  5. A.K. House, Taman Anggrek. Medan City: Ruang Keluarga oleh Lighthouse Architect Indonesia, Klasik
  6. Rumah Arjuna: Ruang Keluarga oleh aradigma, Minimalis
  7. LT Megaland, Pematangsiantar City: Ruang Keluarga oleh Lighthouse Architect Indonesia, Klasik
  8. Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
  9. IL House: Ruang Keluarga oleh Rakta Studio, Modern
  10. vania house: Ruang Keluarga oleh ilalangcorp, Modern
  11. Renovasi Ruang Tamu: Ruang Keluarga oleh Tata Griya Nusantara, Modern Kayu Wood effect
  12. Mr. Raj Kelapa Gading: Ruang Keluarga oleh Getto_id, Minimalis Kayu Lapis
  13. 'S' house: Ruang Keluarga oleh Simple Projects Architecture, Tropis Granit
  14. Setraduta Dago: Ruang Keluarga oleh Likha Interior, Minimalis Kayu Lapis
  15. Rumah Krembangan: Ruang Keluarga oleh SEKALA Studio, Modern Batu Bata
  16. RS house Modern living: Ruang Keluarga oleh Lighthouse Architect Indonesia, Modern
  17. FT house polonia: Ruang Keluarga oleh Lighthouse Architect Indonesia, Klasik
  18. PERUMAHAN TROPIS PEKANBARU: Ruang Keluarga oleh CASA.ID ARCHITECTS, Minimalis Kayu Lapis
  19. Living Room Green Lake City: Ruang Keluarga oleh Gaiyuu Jaya Abadi, Modern
  20. Rumah Krembangan: Ruang Keluarga oleh SEKALA Studio, Modern Batu Bata
  21. Rumah Ibu Siska: Ruang Keluarga oleh SEKALA Studio, Modern Kayu Wood effect
  22. JC Residence: Ruang Keluarga oleh EquiL Interior, Modern
  23. M House CEMARA KUTA: Ruang Keluarga oleh Lighthouse Architect Indonesia, Modern
  24. Proyek Desain Interior untuk Client di Cirebon: Ruang Keluarga oleh Simply Arch., Minimalis
  25. interior cluster aeroworld 8 citra, cengkareng jakarta barat: Ruang Keluarga oleh Livint design, Asia Kayu Lapis
  26. Apartemen Gading Mediterania Jakarta: Ruang Keluarga oleh Maxx Details, Minimalis
    Ad
  27. : Ruang Keluarga oleh Kolletra Visual Studio, Minimalis Granit
  28. IL House: Ruang Keluarga oleh Rakta Studio, Modern
  29. DL Residence: Ruang Keluarga oleh INERRE Interior, Modern
  30. Minimalist Scandinavian Interior @Lippo Karawaci, Tangerang: Ruang Keluarga oleh JRY Atelier, Skandinavia Kayu Lapis
  31. M Polonia House : Ruang Keluarga oleh Lighthouse Architect Indonesia, Modern
  32. Wisata Bukit Mas, Surabaya: Ruang Keluarga oleh AIRE INTERIOR , Klasik Keramik
  33. CH House: Ruang Keluarga oleh Antelope Studio, Klasik

Seringkali rumah di Indonesia memerlukan satu ruang ekstra karena banyak keluarga yang menginginkan ruang tamu terpisah dari ruang keluarga, sementara desain di Barat mengizinkan kedua ruang tersebut berada di satu ruang atau bahkan merupakan ruang yang sama.

Namun tren yang bisa diikuti oleh hunian Indonesia adalah membuat desain ruang terbuka dengan menyatukan ruang tamu/keluarga dengan dapur dan ruang makan. Banyak desain di homify yang bisa anda contek langsung atau sekedar jadi inspirasi, intip saja langsung majalah kami! Banyak ide yang anda bisa terapkan, tanpa perlu menambahkan partisi, menambah luas ruang, cukup dengan dekorasi atau solusi alternatif lainnya.

Bagaimana cara mendekorasi ruang tamu/keluarga dengan bujet minim?

Sama dengan mendekorasi ruang lainnya, bujet seringkali menjadi tantangan untuk dapat mendekorasi sesuai keinginan anda. Ini tips yang dapat anda ikuti untuk mendekorasi/memfurnis ruang dengan dana terbatas:

1. Mengganti warna cat:
Untuk menciptakan ilusi ruangan lebih luas, anda dapat mengganti cat menjadi warna yang lebih terang seperti krem, peach atau pink pucat, biru terang atau abu-abu.

2.Bantal:
Bantal membuat ruangan terasa lebih ramah dan nyaman. Padu padankan desain, pola, tekstur dan warna tekstil dengan tatanan ruang yang sudah ada. Pastikan ia memberikan sentuhan tersendiri tapi tetap serasi.

3. Ukuran furnitur:
Jika dimensi ruang terbatas, tentu hal ini menjadi sesuatu yang harus benar-benar diperhatikan. Misalnya sofa yang besar akan membuat ruangan terlihat lebih nyaman, tapi perlu diingat bahwa pemilihan sofa adalah sesuatu yang vital untuk ruang tamu/ruang keluarga. Sofa yang terlalu besar akan memakan terlalu banyak ruang dan membuat ruangan terasa jauh lebih sempit. Selain itu ia akan membatasi ruang gerak anda.

4. Fungsi furnitur:
Pilih furnitur yang multifungsi. Jika sering ada tamu menginap dan anda tak punya ruang tidur tamu misalnya, anda dapat membeli sofa kecil yang dapat ditarik jadi tempat tidur (sofabed). Alternatif lain misalnya meja yang bisa dilipat jika tidak sedang dibutuhkan. Untuk ruang terbatas kreatifitas memang sangat penting!

5. Lampu gantung:
mulai dari desain minimalis hingga chandelier, anda dapat memilih mana yang sesuai untuk ruangan anda. Lampu gantung dapat mempercantik ruang dan menciptakan ambiens yang sesuai, tanpa memakan ruang untuk furnitur lain.

6. Maksimalkan ruang penyimpanan

7. Hindari jumlah kursi yang terlalu banyak:
Selain tidak efektif bujet, terlalu banyak kursi juga memakan terlalu banyak tempat.

Bagaimana cara mengatur pencahayaan maksimal untuk ruang tamu/keluarga?

Ada tiga fungsi utama pencahayaan di ruang tamu untuk meja lampu dan lantai, yaitu:
General lighting: terdifusi pada area yang lebih luas
task lighting 
ambient lighting.

Recessed lighting atau teknik pencahayan tersembunyi lebih sering dijumpai di hunian modern karena memberikan kesan bersih dan elegan. Pencahayaan ini cocok diterapkan di ruang mana saja, mulai dari teras, kamar mandi hingga ruang tamu atau ruang keluarga. Pencahayaan ini meliputi down light dan indirect light (pencahayaan tak langsung) pada langit-langit, back light, dim light, accent light dan low light. Seluruh area akan menjadi terang tanpa keberadaan fisik bohlam lampu karena ia tersembunyi.

Untuk ruang tamu atau ruang keluarga task lighting menjadi sesuatu yang kami sarankan karena letak ruang yang biasanya kurang akses pencahayaan alami sehingga perlu sumber cahaya buatan yang lebih efektif, terutama karena ruangan ini juga sering digunakan sebagai sumber aktifitas membaca. Hal ini juga menghemat energi karena ketika lampu utama dimatikan (general lighting) maka cukup task lighting saja yang dinyalakan.

Ide Renovasi Ruang Tamu/Keluarga

Terkadang ruang tamu atau ruang keluarga perlu diatur ulang interiornya atau bahkan direnovasi ketika anda merasa bahwa anda dan keluarga butuh suasana baru untuk penghuni dan tamu. Ini yang opsi mudah yang dapat anda lakukan:

1. Ganti warna cat dan buat suasana lebih cerah namun tampak natural. Jika anda ingin memasukkan unsur warna berani, misalnya anda dapat mengganti warna cat dengan yang cerah agar nampak bersih dan segar, dan menggunakan warna berani pada lantai untuk memberikan sentuhan unik dan segar.

2. Biarkan jendela terbuka, hilangkan korden jika memang tidak diperlukan dan memakan tempat.

3. Pilih beberapa tanaman berpot besar untuk kesan lebih segar, dan bukan banyak tanaman kecil karena akan terkesan berceceran di seluruh ruangan kecuali anda memiliki desain khusus menempatkan mereka di satu sudut atau di dinding/langit-langit.

4. Gunakan kombinasi warna yang pas. Misalnya dinding cerah, lantai dengan warna gelap dan berani, kemudian furnitur sederhana berwarna netral.

Bagaimana cara menata ruang tamu/ruang keluarga sesuai feng shui?

Dalam setiap rumah, ruang keluarga/ruang tamu dianggap sebagai salah satu ruang terpenting karena ia merepresentasikan karakter pemiliknya. Maka ketika anda mendesain ruang tamu atau ruang keluarga, tata ruangnya perlu diperhatikan namun tentu jangan sampai mengabaikan nilai peruntungan atau feng shui nya.

1. Untuk ruang tamu, lokasi ruang sebaiknya adalah ruang yang paling mudah diakses oleh tamu dari muka rumah. Karena ketika tamu harus melalui ruang lain untuk menuju ruang tamu, ia akan mempengaruhi privasi pemilik rumah dan dengan demikian dapat mengganggu peruntungan. Pintu ruangan ini juga sebaiknya tidak tepat berada di depan pintu ruangan lain. Untuk rumah bertingkat, tentu ruangan ini sebaiknya berada di lantai dasar.

2. Untuk ruang keluarga terutama, tiap furnitur melambangkan elemen tertentu. Kabinet TV adalah gunung, sofa adalah air, sehingga penting diperhatikan bahwa keberadaan TV haruslah lebih tinggi daripada sofa agar tidak “tenggelam”. Hiasan dengan unsur hewan mati seperti kepala binatang, tanduk atau karpet kulit sebaiknya dihindari karena dianggap akan mengganggu keharmonisan.

3. Jika ruangan cenderung gelap maka sebaiknya dihiasi dengan tanaman hijau atau tanaman bunga yang hidup. Sebaliknya tanaman kering atau palsu tidak disarankan.

4. Pastikan selalu ada pencahayaan yang memadai, karena sirkulasi cahaya dan udara yang melalui jendela dianggap mempengaruhi kesehatan penghuni rumah.

5. Gunakan bingkai gambar yang sesuai. Gambar ikan (terutama koi) dianggap membawa peruntungan, bambu dianggap membawa stabilitas dan ketenangan, gunung dianggap membawa stabilitas, sementara unsur air dianggap membawa peruntungan finansial.




Di lain juga homify tersedia di sini layanan: 
Rumah ahli konsultasi gratis  |  kediaman daftar ahli  |  daftar produk interior