Rumah: Ide desain interior, inspirasi & gambar

  1. Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
    Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
  2. Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
    Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
  3. Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
    Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
  4. Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?
    Butuh bantuan untuk proyek rumah anda?

Dokumen apa yang penting saat akan membeli rumah?

Membeli rumah bukan hanya sekedar memikirkan luas lahan, desain dan letak. Ada beberapa hal yang sebaiknya tidak anda abaikan jika tak ingin menyesal di kemudian hari:

Izin
Berbagai macam izin lebih baik dipastikan ada, seperti izin membangun, sertifikat tanah dan lain sebagainya. Jangan sampai anda membeli rumah dan menemukan setahun kemudian bahwa tanahnya adalah tanah sengketa.

Surat yang diperlukan misalnya:
SHGB (Surat Hak Guna Bangunan): jika tanah hanya dapat ditempati dalam kurun waktu tertentu (misal 30 tahun).
SHSRS: Untuk rumah susun
Girik: sertifikat kepemilikan tanah untuk administrasi untuk area pedesaan
AJB (Akta Jual Beli): pengalihan hak milik tanah/bangunan.
IMB (Izin Mendirikan Bangunan)

Rumah apa yang terbaik untuk saya?

Banyak faktor yang jadi pertimbangan penting, misalnya:
Berapa orang yang akan tinggal di rumah tersebut?
Apakah ini akan jadi rumah pertama anda?
Dimana lokasinya, apakah aksesnya mudah atau sulit?
Anda lebih suka rumah bergaya modern atau tradisional/pedesaan?

Rumah untuk keluarga kecil
Jika anda bertujuan untuk membeli rumah untuk keluarga kecil maka dimensi rumah tidak perlu terlalu besar. Banyak hunian di Indonesia yang luasnya kurang dari 200 meter persegi namun tetap menawan dan terasa tetap luas. Hunian mungil bahkan dapat terasa lega sekalipun luasnya hanya 60-120 meter persegi saja, tentu tergantung dari denah yang dirancang. Di homify, segalanya mungkin!

Rumah beton
Bahan beton tahan lama dan tahan cuaca, selain itu ia juga memudahkan anda untuk merancang interior yang akan menunjukkan karakter pemiliknya, terutama jika anda penggemar gaya rumah modern dan industrial.

Rumah kayu
Kayu memberikan kesan hangat dan menyenangkan, baik untuk desain rumah biasa ataupun bungalow. Baik untuk di perkotaan maupun pedesaan, rumah kayu selalu pas dan nampak mempesona.

Rumah kontainer
Salah satu yang paling populer kini adalah rumah kontainer, yang dapat dipindahkan dengan mudah. Interiornya juga mudah didekorasi sesuai selera. Tertarik? Cek langsung tenaga profesional atau majalah kami.

Rumah modular
Sama halnya dengan rumah kontainer, rumah modular relatif fleksibel untuk ditempatkan di lokasi manapun dan juga mudah dipindahkan. Selain itu ia juga memudahkan anda untuk memilih berbagai elemennya seperti pintu dan jendela.

Berapa luas area depan rumah yang ideal?

Secara umum tidak ada patokan tetap untuk ukuran rumah yang ideal, tentu luas disesuaikan dengan kebutuhan seperti berapa orang yang tinggal dan luas lahan. Namun ada patokan ideal untuk ukuran area depan rumah:

Dinding depan rumah yang berjendela dan berpintu sebaiknya memiliki jarak 4 m, sementara dinding tanpa pintu dan jendela sebaiknya berjarak 3 m saja. 

Jarak dari pintu depan ke bagian terluar rumah sebaiknya minimal 4 hingga 10 m. Tentu, jarak ini selain tergantung selera juga tergantung desain rumah yang ada.

Berapa bujet yang saya perlukan untuk membangun rumah?

Dalam proses membangun rumah ada dua tipe biaya yang anda perlu perhatikan dengan seksama: biaya untuk konstruksi dasar dan biaya untuk furnitur.   

Biaya untuk tenaga kerja biasanya sekitar 10% – 30% namun untuk memastikan rincian secara akurat, sebaiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan arsitek dan kontraktor.

Hitung biaya konstruksi per meter persegi dengan seksama: materi bangunan, pekerja dan sebagainya. Misalnya sebuah rumah yang dibangun tahun lalu menghabiskan biaya dua juta rupiah per meter persegi, tahun ini harga telah naik 5%. Selalu pastikan harga yang anda kalkulasi sudah diaktualisasi. Setelah itu anda dapat dengan lebih mudah mempersiapkan biaya yang anda butuhkan untuk rumah, sesuai lahan yang ada. Selain itu, sebaiknya perhitungkan juga bahwa hanya 80% area yang akan jadi hunian, sisanya sebanyak 20% akan jadi lorong, toilet dsb.

Sesuaikan jumlah ruang dengan kebutuhan. Keluarga kecil dengan rumah berdimensi mungil misalnya, cukup memiliki 2 kamar tidur, satu ruang tamu/keluarga dan satu dapur. 

Pastikan pondasi rumah kokoh sehingga anda dapat menghindari biaya renovasi di masa mendatang, atau setidaknya mengulur waktu. 

Dekorasi interior sebaiknya sederhana tapi menawan, terutama untuk rumah berdimensi kecil. 

Jika anda ingin rumah anda memiliki tambahan desain yang unik, langsung konsultasikan dengan desainer anda, kemungkinan ada desain yang sudah pernah dibuat dan dapat anda gunakan tanpa biaya tambahan.

Bagaimana cara hemat untuk merancang rumah fungsional?

Gunakan sinar matahari secara maksimal dalam ruang, dan ventilasi terutama di kamar tidur dan dapur. 

Tinggi langit-langit sebaiknya minimal 3,3-4,5 meter jika anda ingin ruangan terasa lebih sejuk tanpa perlu menggunakan AC. 

Dimensi kamar tidur, ruang tamu, dapur sebaiknya cukup 12-15 meter persegi (atau 3,3 m lebar dan 3,6-4,5 m panjang. Minimal sebaiknya 3,3 agar mudah diatur). Pintu dan jendela sebaiknya menyesuaikan, jika perlu juga sesuaikan dengan feng shui. Perlu diingat bahwa biaya pintu dan jendela dapat mencapai hingga 30% biaya konstruksi bangunan keseluruhan. 

Jalan masuk sebaiknya menggunakan secara maksimal lahan yang ada, dan sebaiknya juga disesuaikan dengan jenis tanah untuk mencegah genangan air di kala musim hujan. 

Septik tank sebaiknya dibangun bersama tank biogas jika anda tertarik mendaur ulang untuk penyubur tanah/pupuk. 

Tanki air sebaiknya dibagi menjadi dua jenis, yaitu tangki tanah dan tangki atap. Pertimbangkan untuk menggunakan tangki stainless steel untuk memudahkan proses konstruksi dan perawatan.




Di lain juga homify tersedia di sini layanan:
Rumah ahli konsultasi gratis | kediaman daftar ahli | daftar produk interior