Taman: ide desain, inspirasi & gambar | homify

Taman: Ide desain, inspirasi & gambar

  1. Butuh bantuan untuk taman anda?
    Butuh bantuan untuk taman anda?
  2. Butuh bantuan untuk taman anda?
    Butuh bantuan untuk taman anda?
  3. Butuh bantuan untuk taman anda?
    Butuh bantuan untuk taman anda?
  4. Butuh bantuan untuk taman anda?
    Butuh bantuan untuk taman anda?

Desain taman seperti apa yang pas untuk rumah saya?

Setiap rumah memiliki luas lahan yang berbeda, tentu lahan taman seluas 10 meter persegi memerlukan penanganan yang berbeda dengan taman berskala besar seperti 25 meter persegi. Kami memiliki banyak foto proyek dari para profesional yang dapat menginspirasi anda, terlepas dari skala lahan yang anda miliki dan gaya yang anda inginkan.

Perlukah saya menambahkan pagar tanaman?

Baik untuk privasi maupun sebagai pembatas, pagar merupakan sesuatu yang umumnya ditemukan di taman hunian Indonesia. Baik berbahan materi keras seperti kayu atau beton, maupun tanaman hidup yang dipangkas sedemikian rupa sehingga berfungsi sebagai pagar. Triknya adalah mencari materi yang pas untuk skala dan gaya taman anda sehingga tak memakan tempat, selain itu bahan pilihan juga sebaiknya tahan cuaca dan tidak perlu biaya tinggi untuk perawatannya. Perencanaan yang baik adalah kuncinya.

Bagi anda yang mengutamakan privasi karena rumah berada di pinggir jalan raya, sebaiknya pagar dibangun  setinggi 180-250 cm. Namun jika anda tinggal di perumahan yang relatif aman, 100-150 cm saja cukup. Bahan pilihan utama umumnya masih beton, kayu atau besi namun ada pula yang memilih tanaman semak tebal sebagai alternatif.

Bagaimana cara memilih hiasan/dekorasi taman yang pas?

Bagi yang memiliki lahan luas, memilih dekorasi taman relatif lebih mudah seperti halnya memilih elemen interior rumah. Untuk hunian Indonesia, kursi taman dan gazebo masih kerap menjadi pilihan favorit karena pas untuk bersantai di sore hari sambil menikmati teh hangat.

Ambiens yang ingin anda ciptakan menjadi salah satu pertimbangan utama untuk memilih: apakah anda ingin suasana romantis, kebersamaan keluarga atau sekedar suasana santai? Untuk suasana romantis, mengatur pencahayaan dapat menjadi pilihan cerdas, sementara untuk suasana santai atau kebersamaan pemilihan kursi taman atau gazebo sebaiknya lebih diutamakan. Selain itu, pemilihan lampu juga dapat menjadi hal lain yang dapat anda pertimbangkan dengan seksama. Jika taman anda berdimensi relatif kecil maka sebuah lentera atau petromaks pun cukup menjadi penerang sekaligus hiasan. Alternatif yang sedang digemari sekarang adalah LED, yang selain cantik juga mudah diatur secara elektronik, tergantung jenis yang anda gunakan.

Jika anda lebih suka gaya sederhana, maka anda dapat menempatkan benda-benda tua yang tidak terpakai lagi seperti wastafel untuk tempat mandi burung atau sekedar patung penghias taman. Untuk inspirasi lebih lanjut, simak langsung berbagai ide dekor taman di majalah kami.

Bagaimana cara mencocokkan desain taman dengan patio, teras dan dek?

Ketiga area ini seringkali terhubung dengan taman, sehingga diperlukan harmoni dalam konsepnya secara menyeluruh. Untuk lantai, kayu masih seringkali jadi pilihan favorit karena memberikan kesan hangat, namun mikro semen dan batu kini juga mulai dilirik sebagai alternatif pilihan karena lebih mudah dirawat dan dibersihkan. Pada akhirnya, pilihan anda tergantung selera dan bujet yang disediakan.

Bagaimana cara merawat taman secara optimal?

Dengan perencanaan yang matang, maka desain yang fungsional serta teknik perawatan yang tepat, taman akan menjadi bagian istimewa dari hunian anda. Saat anda merancang taman, beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah: pencahayaan, pemilihan tanaman serta meneliti jenis lahan/medium yang ada. Beberapa faktor ini menentukan bagaimana taman anda sebaiknya dirawat, seberapa sering tanaman perlu disiram, dsb.

Saya tak punya lahan, alternatif apa yang bisa saya coba?

Ada beberapa alternatif lokasi taman yang bisa anda lakukan jika anda sama sekali tak memiliki alokasi lahan untuk taman/halaman:

Beranda

Beranda menjadi salah satu pilihan utama bagi kebanyakan orang yang tidak memiliki lahan untuk taman di halaman. Cukup meletakkan beberapa pot di meja atau menggantungnya pun sudah cukup. Alternatif lainnya yang juga populer adalah taman vertikal, yang relatif fleksibel untuk diimplementasikan di ruang manapun. 

Di dalam ruangan

Sepetak lahan kecil di dalam rumah dengan satu pohon pun dapat menjadi alternatif mudah yang unik dan memberikan kesegaran tersendiri. Jika tidak terencana saat membangun, pot berbahan semen atau taman vertikal pun dapat menjadi pilihan.

Lanskap di area depan rumah

Sepetak lahan seluas satu meter persegi pun cukup untuk menjadi taman mungil di area depan rumah. Tentu, karena ia menjadi bagian dari muka rumah perawatannya pun harus lebih diperhatikan. Karena itu, pilihlah tanaman yang perawatannya mudah dan tidak perlu pemangkasan secara berkala.

Bagaimana merawat tanaman saat musim penghujan?

Kenali karakter tanaman yang ada di dalam taman anda

Pada musim penghujan, terkadang sulit mengatur kadar air yang harus diberikan untuk setiap tanaman. Seringkali, yang terjadi adalah tanaman yang membusuk karena terlalu banyak diberikan air. Cara termudah adalah menyisihkan tanaman yang butuh sedikit air seperti kaktus dari area yang banyak terekspos air hujan. Sebaliknya, tanaman air seperti seroja atau lotus tumbuh subur di musim hujan. Begitu pula mawar, kamboja, palem, cemara dan geranium.

Pangkas tanaman anda secara berkala

Gulma merupakan musuh utama taman saat musim penghujan. Karena itu menyiangi tanaman menjadi prioritas lebih di kala musim penghujan. Pastikan anda menyisihkan waktu untuk mencabut gulma pada musim penghujan lebih sering daripada waktu musim kemarau, karena air hujan mengandung mineral yang akan menyebabkan tanaman tumbuh tinggi lebih cepat. Jika anda memiliki tanaman merambat, sebaiknya tambahkan penyangga untuk tempat merambat tanaman. Hal ini akan memudahkan pekerjaan anda untuk menjaga tanaman lebih rapi dan karena tanaman merambat dapat dibiarkan tumbuh lebih lama tanpa perlu dipangkas secara rutin.

Minimalkan furnitur

Biasanya memiliki kursi taman atau ayunan di taman saat cuaca cerah menyenangkan, tapi lain halnya di musim penghujan dimana anda tidak bisa menikmatinya karena furnitur akan basah dan cepat rusak. Secara umum furnitur cenderung memakan tempat, karena itu kami menyarankan anda untuk memilih satu jenis saja (kursi dan meja, gazebo atau ayunan saja). Pada musim penghujan, pertimbangkan untuk menutup furnitur tersebut atau memindahkannya untuk mencegah kerusakan sehingga anda tidak perlu mengeluarkan biaya lebih lanjut untuk perawatannya terutama jika furnitur tersebut berbahan kayu dan tekstil.

Atur tata letak pot dan jalan

Tata letak pot dan jalan taman yang rapi menentukan keindahan taman anda. Gunakan pot secukupnya agar tidak terkesan terlalu penuh, dan pastikan letaknya tidak mengganggu jalan yang biasa anda lalui di sekitar taman. Ingat bahwa pot tidak melulu harus diletakkan di lantai atau tanah, melainkan juga di dinding atau digantung.

Organisir saluran air dengan baik

Ini sesungguhnya kunci agar tanaman tidak membusuk. Saluran air yang baik di halaman anda akan memastikan air hujan tidak menggenang terutama pada bagian akar tanaman, karena ialah penyebab utama pembusukan.